Jumat, 21 Desember 2018

Menggugat Ateisme

Saat ini aku sedang membaca buku yang ditulis oleh penulis yang fokus di bidang agama yaitu Karen Armstrong. Ini adalah buku kedua yang kubaca dari buku-buku karyanya itu dan barangkali ini yang terakhir. Buku pertamanya kubaca beberapa tahun yang lalu ketika aku dihadiahi buku berjudul "Muhammad: A Biography Of The Prophet" oleh seseorang di Bandung dan kini buku kedua yang kubaca itu berjudul "The History Of God" secara tidak sengaja aku menemukannya di sebuah toko alat tulis. Baiklah di sini tentu saja aku ingin berbagi apa yang ditangkap dan dipahami setelah membaca buku-buku tersebut.

Setelah membaca buku tersebut, aku teringat dengan kelas filsafat ilmu yang pernah aku pelajari. Waktu itu aku begitu serius dengan pelajaran filsafat sampai-sampai aku membuat sebuah ringkasannya dalam hal ini inti daripada disiplin keilmuannya. Entah berapa lembar yang telah dibaca hingga sampai pada suatu kesimpulan yang mana hal itu telah disampaikan oleh seorang kepadaku pada suatu diskusi ketika ia menyampaikan "Kebenaran adalah apa yang bisa dimengerti oleh akal atau ditangkap oleh indera". Ya, inilah yang ingin aku tekankan bahwa seberapapun kita menggali pengetahuan, kita akan mendasarkan pengetahuan tersebut pada kedua hal ini: akal dan indera.

Berbicara tentang Allah kita akan mendapati berbagai aliran pandangan mulai dari ateis yang menyangkal keberadaannya, agnostik yang meragukan keberadaannya, atau teistik yang percaya akan keberadaannya. Selanjutnya pembahasan tentang Allah tidak akan bermakna apabila tidak sampai pada pembahasan tentang agama. Karena itu sebagai seorang muslim, aku katakan bahwa kita perlu membahasnya satu persatu, kita buktikan pertama-tama akan keberadaan Allah untuk selanjutnya kita buktikan pula bahwa Allah telah mengkomunikasikan dirinya kepada manusia melalui wahyu yang disampaikan oleh nabi pilihan.

Karen Armstrong ini mungkin adalah seorang agnostik yang menganggap bahwa keberadaan Allah tidak mungkin bisa diketahui karena esensi atau zat Allah tidak mungkin bisa dilihat atau ditangkap oleh indera. Karenanya ia berpandangan bahwa keberadaan Allah tidak bisa dibuktikan sebagaimana keberadaan-Nya tidak bisa disangkal, tidak ada bukti untuk menerima atau menolak keberadaan-Nya.

Padahal kalau kita perhatikan memang benar Allah tidak bisa dilihat, akan tetapi hal itu tidak bisa dijadikan dalil bahwa Allah itu tidak ada. Sesuatu yang tidak bisa dilihat bukan berarti bahwa sesuatu tersebut tidak ada karena kita telah mengetahui bahwa alat indera kita mempunyai kemampuan yang terbatas. Kalau begitu darimana kita bisa mengetahui keberadaan Allah berdasarkan indera? Dari makhluk ciptaannya lah kita bisa membuktikan bahwa Allah itu ada. Alam semesta dan manusia sebagai kehebatan ciptaan adalah bukti yang tak terbantahkan bahwa semua itu ada yang menciptakannya. Kita memang tidak bisa melihat zat Allah tetapi kita bisa melihat makhluk ciptaan-Nya sebagai bukti keberadaan Allah yang telah menciptakannya.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa kepercayaan terhadap Allah tidak akan bermakna apapun apabila tidak diikuti kepercayaan terhadap agama. Kepercayaan terhadap Allah secara logis mengharuskan kita untuk menemukan kebenaran agama. Dalam hal ini yang aku maksudkan dengan agama tidak lain adalah agama wahyu, karenanya kita mesti buktikan dulu kebenaran agama wahyu dengan alat yang telah disebutkan: akal dan indera.

Dalam bukunya Karen Armstrong menyebutkan ada beberapa aliran pemikiran manusia yang mengulas tentang Allah. Pertama, agama wahyu yaitu agama yang mendeklarasikan dirinya sebagai pesan Allah yang disampaikan kepada para nabi dan inilah yang ingin aku tekankan dalam tulisan ini. Kedua, filsafat sebagai aliran yang mengklaim memperjuangkan kebenaran melalui pembuktian rasionalisme atau akal. Ketiga, mistisme yaitu aliran yang menggunakan latihan-latihan tertentu untuk menuju kepada pengalaman kehadiran Allah. Jika filsafat mendasarkan pengetahuan pada akal maka aliran mistik menggunakan perasaan dan mitologi imajinasi untuk menggapai pengalaman spiritual. Keempat, aliran sains yang dalam pembuktian kebenarannya menggabungkan antara disiplin rasionalisme dan empirisme.

Di masa-masa sekarang kita sering mendapati sebagian orang yang ingin mengesankan ada pertentangan antara cara pandang agama dengan cara pandang sains yang empiris, benarkah demikian? Aku pun telah meneliti berbagai tulisan yang membahas tentang hal ini dan aku tidak mendapati sedikitpun kebenaran dari anggapan tersebut, yang ada justru sebaliknya cara pandang anti agama lah yang telah membajak sains untuk menghantam agama. Pertanyaannya bukanlah apakah agama bertentangan dengan sains, melainkan manakah diantara keduanya yang bertentangan dengan kenyataan, sains yang telah dibajak oleh orang-orang ateis ataukah agama yang mempunyai sifat yang konsisten?


Jumat, 06 April 2018

Silsilah Hadis Sahih 1

Oleh : Muhammad Nashiruddin al-Albani

6. Perhatikanlah apa-apa yang kamu suka orang lain melakukannya untukmu maka lakukanlah hal itu untuk mereka, dan perhatikanlah apa-apa yang kamu tidak suka orang lain melakukannya kepadamu maka janganlah kamu melakukannya kepada mereka. [3508]

29. Permudahlah (urusan orang lain), niscaya urusanmu akan dimudahkan. [1456]

60. Allah memberikan dunia kepada orang yang Dia sukai dan orang yang tidak Dia sukai, namun Allah hanya memberikan iman kepada orang yang Dia sukai. [2714]

174. Termasuk amalan yang paling utama adalah membahagiakan mukmin, melunasi hutangnya, memenuhi kebutuhannya, dan menghilangkan kesusahannya. [2291]

195. Tidak dikatakan yatim setelah mimpi basah, dan tidak dikatakan yatim anak perempuan yang sudah haid. [3180]

209. Manusia yang paling disukai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Amalan yang paling dicintai Allah adalah perasaan senang yang seseorang masukan ke dalam hati seorang muslim, atau ia melipur kesedihan darinya, atau ia melunasi hutangnya, atau ia menghilangkan rasa lapar darinya. Sungguh berjalan bersama saudara seiman untuk menunaikan keperluannya lebih aku sukai daripada beritikaf di masjid ini (Masjid Nabawi di Madinah) selama sebulan. [906]

302. Aku menjamin sebuah rumah di pinggiran surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan walaupun ia berada di pihak yang benar. Aku menjamin sebuah rumah di tengah-tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan perkataan dusta walaupun sedang bercanda. Dan aku menjamin sebuah rumah di bagian atas surga bagi siapa saja yang baik akhlaknya. [273]

317. Hindarilah setiap hal yang membawa penyesalan. [354]

323. Senyummu untuk saudaramu terhitung sedekah bagimu. [572]

351. Hendaklah ia bekerja dengan kedua tangannya, dengannya ia bisa memberi manfaat untuk diri sendiri dan bersedekah. [573]

387. Tidak dikatakan mukmin (yang sempurna imannya) seorang yang kekenyangan sementara tetangga di sebelah rumahnya kelaparan. [149]

399. Tidaklah dua orang muslim bertemu dan saling berjabat tangan, melainkan dosa keduanya akan diampuni sebelum mereka berpisah. [525]

421. Barangsiapa yang Allah pelihara dari kejahatan yang terdapat diantara dua rahang (yaitu mulut) dan kejahatan yang terdapat diantara dua kaki (yaitu kemaluan), niscaya ia akan masuk surga. [510]

423. Seorang mukmin yang berbaur dengan orang banyak dan bersabar dengan gangguan mereka lebih baik daripada seorang mukmin yang tidak berbaur dengan orang banyak dan tidak bersabar dengan gangguan mereka. [939]

425. Seorang mukmin adalah orang  yang bersahabat dan dapat dijadikan sahabat. Tidak ada kebaikan pada orang yang tidak dapat bersahabat dan tidak dapat dijadikan sahabat. Dan, manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. [426]

435. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, Allah tidak menurunkan kasih-Nya melainkan kepada orang yang mengasihi ... Bukan (hanya) kasih seorang dari kalian terhadap sahabatnya, tetapi dengan mengasihi seluruh manusia. [167]

457. Jangan kalian mengatakan 'aku menumbuhkan, tetapi katakanlah 'aku menanam'. [2801]

465. Hai Uqbah bin Amir, sambunglah orang yang memutus hubungan denganmu, berilah kepada orang yang tidak mau memberimu, dan maafkanlah orang yang menzalimimu. [891]

501. Apabila kamu datang (ke masjid), maka shalatlah bersama orang banyak walaupun kamu sudah shalat. [1337]

502. Apabila salah seorang dari kalian memiliki suatu keperluan yang ia khawatirkan terluput darinya, maka silahkan ia mengerjakan shalat ini (yaitu, menggabungkan dua waktu shalat). [1370]

670. Apabila Rasulullah berpergian sejauh 3 mil atau 3 farsakh (12 mil = 20 km), beliau mengqashar shalat. [163]

689. Rasulullah pernah mengucapkan salam sekali saja (pada akhir shalatnya). [316]

719. Hendaklah seorang shalat di masjid yang dekat dengannya, dan janganlah ia berpindah-pindah masjid. [2200]

809. Apabila kalian memasak daging, maka hendaklah kalian memperbanyak kuahnya atau airnya. Karena hal itu dapat membuatnya jadi lebih banyak dan bisa dibagikan kepada tetangga. [1368]

939. Apabila kebaikan yang kamu lakukan membuatmu senang dan keburukan yang kamu lakukan membuatmu gelisah, maka kamu adalah seorang mukmin ... Apabila terbesit suatu keraguan di dalam hatimu, maka tinggalkanlah perbuatan itu. [550]

985. Sesungguhnya Allah akan mengutus bagi umat ini pada setiap awal seratus tahun seorang mujaddid yang akan memperbarui agama umat ini (dari setiap penyimpangan). [599]

986. Sesungguhnya Allah lah yang menciptakan seluruh pencipta berikut hasil ciptaannya. [1637]

988. Sesungguhnya iman bisa menjadi usang dalam jiwa seseorang dari kalian sebagaimana usangnya pakaian. Oleh karena itu, mintalah kepada Allah agar Dia memperbarui iman di dalam hati kalian. [1585]

996. Sesungguhnya mantera-mantera, jimat-jimat, dan tiwalah (sejenis sihir) adalah syirik. [2972]

1018. Penduduk negeri mana saja dari orang Arab dan non Arab, apabila Allah menghendaki kebaikan atas mereka, maka Allah akan memasukan Islam ke dalam hati mereka ... Pada saat itu, kalian akan kembali menjadi kelompok-kelompok terpisah yang menimbulkan fitnah. Sebagian kalian memenggal leher sebagian yang lain. [3091]

1027. Renungkanlah tanda-tanda kebesaran Allah, namun janganlah kalian memikirkan tentang Allah. [1788]

1042. Sesungguhnya orang-orang yang banyak mengumpulkan harta adalah orang-orang yang sedikit bagiannya pada hari kiamat. Kecuali orang-orang yang Allah beri kebaikan, lalu dengan hartanya itu ia membantu ke kanan dan ke kirinya, ke hadapannya dan ke belakangnya, dan ia berbuat amal kebajikan dengannya. [826]

1055. Thiyarah merupakan syirik, tidak ada seorang pun dari kita melainkan ... (yakni terpengaruh dengannya). Akan tetapi, Allah menghilangkannya dengan tawakal. [429]

1070. Setiap dosa masih memiliki harapan untuk diampuni Allah, kecuali orang yang mati dalam keadaan musyrik atau seorang mukmin yang membunuh mukmin yang lain dengan sengaja. [511]

1113. Barangsiapa tidak mau berdoa kepada Allah, maka Dia akan marah kepadanya. [2654]

1151. Tidak akan bersatu antara keimanan dan kekafiran di dalam hati seseorang. Tidak akan menyatu pula antara kedustaan dan kejujuran. Juga, tidak akan menyatu antara khianat dan amanah. [1050]

1227. Sesungguhnya pemungut pajak berada di dalam neraka. [3405]

1236. Penghuni rumah mana saja dari orang Arab atau orang non-Arab yang dikehendaki baik oleh Allah, maka Dia akan memasukan Islam ke dalam hati mereka, hingga kemudian datanglah segala macam fitnah seolah awan mendung yang menyelimuti (langit). [51]

1238. Orang yang banyak memiliki harta adalah orang yang rendah kedudukannya pada hari kiamat, kecuali orang yang membagikan hartanya ke sana dan ke sini. [1766]

1246. Rezeki yang paling baik adalah yang cukup. [1834]

1275. Apa-apa yang Allah berikan padamu dari harta sulthan, tanpa memintanya dan tanpa mengharapkannya, maka makanlah dan milikilah. [2209]

1284. Barangsiapa yang menimbun suatu barang dengan tujuan agar harganya meninggi atas kaum muslimin maka ia berdosa. [3362]

1289. Barangsiapa menjual sebuah rumah, namun ia tidak memasang harganya seperti harga rumah lain yang semisal dengannya, maka ia tidak diberkahi dalam penjualan itu. [2327]

1302. Tidak mengapa menukar satu hewan dengan dua hewan, selama transaksi itu dilakukan secara kontan. [2416]


Silsilah Hadis Sahih 2

Oleh: Muhammad Nashiruddin al-Albani

1337. Sesungguhnya hal yang pertama kali dihisab atas seorang hamba pada hati kiamat adalah pertanyaan: "Bukankah Aku sudah menjadikan badanmu sehat? Bukankah Aku telah memberimu minum dengan air yang dingin? [539]

1382. Seandainya kalian tidak pernah berbuat dosa, aku khawatir sesuatu yang lebih besar akan menimpa kalian, yaitu ujub. [658]

1386. Sesuatu yang sedikit dan mencukupi lebih baik daripada sesuatu yang banyak dan melalaikan. [947]

1479. Firdaus adalah tingkatan surga yang paling tinggi. Dari surga Firdaus mengalirlah sungai yang empat. 'Arsy berada tepat di atas Firdaus. Apabila kalian meminta kepada Allah tabaaraka wa ta'ala, maka mintalah surga Firdaus. [922]

1495. Seseorang yang mati syahid memiliki beberapa keutamaan di sisi Allah: ... diantaranya ia akan dinikahkan dengan tujuh puluh dua istri dari bidadari surga. [3213]

1512. Tidur adalah saudara kematian, dan penduduk surga tidak tidur. [1087]

1604. Ketahuilah, barangsiapa menzalimi kafir mu'ahad (yang mendapat perlindungan dari pemerintahan Islam), mengurangi haknya, membebaninya dengan sesuatu melebihi batas kemampuannya, atau mengambil sesuatu darinya tanpa kerelaan hatinya, maka aku yang akan menjadi orang yang mengalahkan orang itu dengan bukti pada hari kiamat. [445]

1612. Pemilik kebun harus menjaga kebunnya pada waktu siang. Adapun kerusakan yang diakibatkan hewan ternak pada malam hari menjadi tanggungan pemilik hewan tersebut. [238]

1623. Apakah salah seorang dari kalian yang biasa menyandarkan dirinya di tempat duduk menyangka bahwa Allah mengharamkan suatu perkara hanya di dalam Al-Quran saja? Demi Allah, ketahuilah bahwa aku telah memberikan perintah, nasehat, dan larangan terhadap berbagai perkara seperti yang terdapat dalam Al-Quran, bahkan lebih banyak lagi. Sesungguhnya Allah tidak menghalalkan kalian masuk ke rumah-rumah Ahlul Kitab kecuali dengan seizin mereka, tidak menghalalkan memukul istri-istri mereka, dan tidak menghalalkan memakan buah-buahan mereka (dengan paksa) apabila mereka telah memberi kalian apa yang menjadi kewajiban mereka (berupa jizyah). [882]

1662. Bukan dari golongan kami orang yang meniru selain kami. Janganlah meniru orang Yahudi dan Nasrani. Sesungguhnya pemberian salam orang Yahudi adalah dengan mengisyaratkan jari jemarinya, sedangkan pemberian salam orang Nasrani adalah dengan melambaikan telapak tangannya. [1662]

1664. Apa saja yang dinilai buruk oleh hatimu, maka tinggalkanlah. [2230]

1672. Barangsiapa dititipi suatu barang (lalu barang tersebut rusak) maka ia tidak menanggungnya. [2315]

1683. Barangsiapa berkumpul dengan orang musyrik dan tinggal bersamanya, maka dia seperti orang musyrik tersebut. [2330]

1690. Barangsiapa membantu saudaranya lalu saudaranya itu memberikan hadiah kepadanya atas bantuan tersebut lantas dia menerimanya, maka dia telah memasuki satu pintu besar dari pintu-pintu riba. [3465]

1693. Barangsiapa membunuh orang kafir mu'ahad (yang berada dalam perlindungan pemerintahan Islam) tanpa hak, maka dia tidak akan mencium aroma sorga, sementara aroma sorga bisa tercium dari jarak seratus tahun perjalanan. [2356]

1712. Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan orang lain. [259]

1775. Akan datang kepada kalian para penguasa yang mendekati orang-orang jahat, serta mengakhirkan shalat dari waktunya. Barangsiapa mendapati salah seorang dari mereka, maka janganlah ia menjadi pemimpin pasukannya, petugas keamanannya, pemungut pajaknya, dan bendaharanya. [360]

1783. Tidaklah suatu kaum merusak janji, melainkan pasti terjadi pembunuhan. Tidaklah perbuatan keji merajalela di tengah suatu kaum, melainkan Allah pasti menimpakan kematian kepada mereka. Dan tidaklah suatu kaum menolak mengeluarkan zakat, melainkan Allah akan menahan air hujan kepada mereka. [107]


1833. Berikanlah sedekah kalian kepada pemeluk agama mana pun. [2766]


1846. Kuda dan budak tidak ada zakatnya, kecuali zakat fitrah pada budak. [2189]

1957. Nikahilah wanita yang masih gadis, karena ia lebih manis perkataannya, lebih subur rahimnya, dan lebih ridha dalam menerima yang sedikit. [623]

1985. Barangsiapa yang meminta-minta kepada manusia sementara ia memiliki 5 awaq (= 200 dirham = 200 x 91.000 = Rp 18.200.000), maka ia telah meminta-minta secara paksa. [2314]

2008. Mut'ah telah dihapus (atau diharamkan) dengan adanya nikah, talak, iddah, dan warisan. [2402]

2014. Sesungguhnya Allah tidak mengutusku sebagai orang yang menyusahkan dan membuat orang lain bingung, melainkan sebagai pengajar yang memberi kemudahan. [3530]

2071. Sesungguhnya hijrah tidak akan terputus selama masih ada jihad. [1674]

2163. Janganlah kamu memerangi suatu kaum sebelum kamu mendakwahi mereka. [2641]

2181. Rasulullah adalah manusia, sama seperti yang lain. Beliau membersihkan sendiri pakaiannya, memerah sendiri susu kambingnya, dan melayani dirinya sendiri. [671]

2395. (Tayamum) dengan sekali tepukan pada tanah kemudian diusapkan di muka dan kedua telapak tangan. [694]

2500. Kebinasaan umatku terletak pada Al-Kitab dan susu ... mereka mempelajari Al-Quran lalu menafsirkannya dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan wahyu yang Allah turunkan. Adapun susu, mereka begitu menyukainya hingga meninggalkan shalat berjamaah dan shalat jumat. Sungguh, orang-orang seperti ini akan segera muncul. [2778]

2502. Janganlah kalian mempersulit diri sendiri! Sungguh, binasanya umat-umat sebelum kalian diakibatkan sikap mereka yang mempersulit diri sendiri. Dan, kalian akan menemukan para penerus mereka di tempat peribadatan para rahib dan di biara-biara. [3124]


Silsilah Hadis Sahih 3

Oleh : Muhammad Nashiruddin al-Albani

2514. Seandainya kalian sudah mulai sibuk memperindah masjid dan menghiasi mushaf kalian, maka kebinasaan akan menimpa kalian. [1351]

2522. Jika umatku sudah mulai berjalan dengan sombong dan para pelayannnya adalah keturunan para raja --keturunan Persia dan Romawi-- niscaya orang-orang yang buruk di kalangan mereka akan menguasai orang-orang yang baik. [956]

2535. Rasulullah melewati suatu kaum yang sedang ditimpa musibah. Melihat hal itu, beliau berkata: 'Tidakkah sebelumnya orang-orang ini selalu memohon keselamatan kepada Allah?' [2197]

2536. Umatku adalah umat yang dirahmati. Tidak ada azab yang ditimpakan kepada mereka di akhirat kelak. Siksa mereka pun ditimpakan di dunia berupa fitnah, gempa bumi, dan letusan gunung-gunung berapi. [959]

2544. Menjelang datangnya hari kiamat akan muncul: pengucapan salam hanya kepada orang tertentu, merajalelanya perdagangan hingga seorang istri membantu perniagaan suaminya, pemutusan hubungan silaturahim, persaksian palsu, menyembunyikan persaksian yang benar, dan banyaknya pena. [647]

2550. Dajjal akan muncul di bumi bagian timur, yang dikenal dengan wilayah [Khurasan], dia diikuti oleh orang banyak yang wajah mereka bagaikan perisai berlapis. [1591]

2589. Menjelang datangnya hari kiamat praktek riba, zinah, dan khamar semakin merajalela. [3415]

2593. Peperangan Islam akan berkecamuk selama tiga puluh lima, tiga puluh enam, atau tiga puluh tujuh (tahun). Jika mereka binasa, maka binasalah semuanya. Jika agama mereka tetap tegak maka ia akan bertahan selama tujuh puluh tahun. [976]

2595. Ketahuilah bahwa salah seorang dari kalian tidak akan melihat Rabbnya hingga dia mengalami kematian. [2862]

2596. Berlindunglah kalian kepada Allah dari fitnah yang terjadi pada awal tahun ketujuh puluh (setelah hijrah) dan dari kepemimpinan anak kecil. [3191]

2619. Dua golongan dari umatku tidak akan menemuiku di Haudh, mereka adalah kaum Qadariyah dan Murji'ah. [2748]

2643. Dajjal akan diikuti oleh tujuh puluh ribu orang Yahudi Asbahan. Mereka semua berselempang. [3080]

2649. Ia (al-Mahdi) akan memerintah selama tujuh atau delapan tahun. [711]

2650. Dari wilayah Aden Abyan akan muncul dua belas ribu pasukan. Mereka menolong agama Allah dan rasul-Nya. Orang-orang itu adalah sebaik-baik manusia yang hidup diantara (zaman)ku dan mereka. [2782]

2663. Akan muncul satu generasi yang pandai membaca al Quran namun bacaan mereka tidak sampai melewati kerongkongan. Setiap kali muncul kelompok mereka, kelompok itu langsung dibinasakan, dan ini terus berlangsung hingga munculah Dajjal dalam barisan pasukan mereka. [2455]

2679. Sebaik-baik orang yang mati adalah orang yang mati karena membela haknya. [697]

2685. Kiamat tidak akan terjadi hingga hewan buas dapat berbicara kepada manusia, rumbai cambuk dan tali sandal seseorang berbicara kepadanya, serta paha seseorang memberitahukan kepadanya tentang apa yang diperbuat keluarganya sepeninggal dirinya. [122]

2695. Benar-benar akan ada di kalangan umat ini orang-orang yang dibenamkan ke bumi, ditimpakan azab dari langit, dan diubah wajahnya menjadi lebih buruk. Hal itu terjadi jika mereka meminum khamar, menyewa biduan wanita, dan memainkan alat-alat musik. [2203]

2712. Yang dimaksud dengan al maqam al mahmud adalah syafaat. [2369]

2715. Kiamat tidak akan terjadi hingga tanah bangsa Arab kembali menjadi tanah-tanah lapang dan mengalir di atasnya sungai-sungai. [6]

2717. Tidak akan terjadi hari kiamat hingga haji di Baitullah tidak ditunaikan lagi. [2430]

2732. Allah tidak akan membuat lemah umat ini (agar dapat bersabar menanti pertolonganNya) selama setengah hari (setengah hari = 500 tahun). [1643]

2981. Barangsiapa tidak berdoa kepada Allah maka Dia akan murka kepadanya. [2654]

3162. Sungai Saihan, Jaihan, Eufrat, dan Nil adalah sungai-sungai sorga. [110]

2746. Apabila salah seorang kalian berdoa, maka perbanyaklah! karena sesungguhnya dia meminta kepada Rabbnya. [1325]

2759. Zikir yang paling utama adalah laa ilaaha illallaah, dan syukur yang paling utama adalah ucapan alhamdulillah. [1497]

2761. Ibadah yang paling utama adalah berdoa. [1579]

2806. Sesungguhnya Rabbmu menyenangi segala bentuk pujian. [3179]

2809. Kalimat yang paling dimurkai Allah adalah ucapan orang yang jika dikatakan kepadanya : 'Bertakwalah kepada Allah!' namun dia menjawab : 'Urus saja dirimu sendiri'. [2598, 2939]

2814. Sungguh iman dalam hati salah seorang dari kalian akan usang seperti layaknya pakaian. Oleh sebab itu, mohonlah kepada Allah agar memperbarui keimanan dlam hati kalian. [1585]

2816. Sesungguhnya hamba-hamba Allah yang terbaik adalah orang-orang yang memantau matahari, bulan, bintang-bintang, dan bayang-bayang (memantau waktu) untuk mengingat Allah. [3440]

2818. Sesungguhnya ruqyah, tamimah, dan tiwalah termasuk bentuk syirik. [331]

2836. Wali-wali Allah adalah orang-orang yang jika dilihat manusia dapat membuatnya langsung mengingat atau menyebut Allah. [1733]

2845. Tiga doa yang tidak ditolak: doa seorang ayah (untuk anaknya), doa orang yang berpuasa, dan doa seorang musafir. [1797]

2852. Dunia ini terlaknat. Semua yang terdapat di dalamnya dilaknat kecuali orang yang mengingat Allah, mengerjakan apa yang disukai-Nya, serta orang yang berilmu dan yang menuntut ilmu. [2852]

2913. Semua doa terhalang hingga disampaikan shalawat kepada nabi. [2035]

2914. Semua perbuatan yang dilakukan bukan untuk mengingat Allah adalah sia-sia, hanya permainam, dan kelalaian, kecuali empat hal: laki-laki yang berjalan diantara dua titik (titik tempat memanah dan titik sasaran yang dibidik), yang melatih kudanya, yang bercanda dengan istrinya, dan yang belajar berenang. [315]

2957. Barangsiapa yang ingin doanya ketika tertimpa kesulitan dan kesusahan dikabulkan Allah maka hendaklah dia memperbanyak doa ketika dalam kondisi lapang. [593]

2987. Nusyrah (menolak sihir dengan sihir) adalah salah satu perbuatan setan. [2760]

2991. Jangan kalian memaki setan, akan tetapi berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya. [2422]

2998. Hai Uqbah bin Amir, sambunglah silaturahim yang diputus orang lain darimu, berilah orang yang tidak mau memberi kepadamu, dan maafkanlah orang yang berbuat zalim kepadamu! [2861]

3072. Nabi melarang mengerjakan shalat dengan mengenakan celana panjang tanpa mengenakan kain. [2905]

3110. Sesungguhnya makhluk pertama yang diciptakan Allah adalah pena. Kemudian Dia memerintahkan kepadanya untuk menuliskan segala sesuatu yang akan terjadi. [133]

3162. Sungai Saihan, Jaihan (keduanya terletak di Armenia), Eufrat, dan Nil adalah sungai-sungai surga. [110]

3189. Tidaklah tujuh lapis langit, apabila dibandingkan dengan kursi, melainkan seperti lingkaran sebuah cincin di tengah padang pasir. Adapun keutamaan arsy dibandingkan dengan kursi seperti keutamaan padang pasir atas cincin tersebut. [109]

3325. Jangan paksa orang yang sakit diantara kalian untuk makan dan minum, karena Allah lah yang memberikan mereka makan dan minum. [727]

3348. Apabila kalian berhasil menaklukan Mesir, maka perlakukanlah orang-orang Qibthi dengan baik! Sesungguhnya mereka memiliki hak perlindungan dan hubungan kekerabatan. [1374]

3406. Sesungguhnya Allah telah menjaga umatku dari menyepakati perkara yang sesat. [1331]

3427. Sesungguhnya diantara umatku ada suatu kaum yang diberi pahala seperti pahala generasi pertama mereka. Hal itu disebabkan mereka senantiasa mengingkari kemungkaran. [1700]

3554. Tidak akan masuk neraka orang yang mengikuti Perang Badar dan Perjanjian Hudaibiyah. [2160]

3647. Sesungguhnya Allah tidak menzalimi kebaikan seorang mukmin. Dengan kebaikan itulah ia diberi rezeki di dunia, dan dengan kebaikan itu pula ia diberikan pahala di akhirat. Adapun orang kafir, ia diberi rezeki menurut banyaknya kebaikan yang dilakukan (meskipun dia melakukannya bukan karena Allah) di dunia. Kelak, tatkala bertemu Allah pada hari kiamat, dia tidak lagi memiliki kebaikan apa pun untuk dibalas dengan kebaikan. [2770]

3663. Janganlah kamu memandang remeh kebaikan sekecil apapun yang bisa dilakukan. Walaupun sekedar memberi penyambung tali, membagi air dalam timbamu ke gelas orang yang meminta minum, berwajah ceria ketika bertemu dengan saudaramu sesama muslim, menghibur orang yang sedih, atau menghadiahkan tali sandal. [3422]

3670. Tidaklah suatu kaum yang perbuatan maksiat dilakukan di lingkungan mereka, sedangkan mereka tidak mau mengubahnya padahal jumlah mereka lebih banyak dan kedudukan mereka lebih berwenang daripada pelaku maksiat tersebut, melainkan Allah akan meratakan azab-Nya kepada mereka semua. [3353]

3698. Hukuman pembunuhan disengaja adalah qishash, sedangkan hukuman pembunuhan tidak disengaja adalah membayar diyat. [1986]


Minggu, 18 Maret 2018

Teman

Apa itu teman? Teman adalah cerminan daripada seseorang. Kalau seseorang ingin tahu siapa dirinya maka lihatlah dengan siapa dia berteman. Ini karena manusia cenderung berkumpul dengan manusia yang sealiran dengannya. Terus teman itu hubungannya dengan pembelaan karena teman adalah orang yang membela. Ini kebalikan dari musuh dimana mereka bukannya membela tetapi malah menjerumuskan dan menghalangi tujuan-tujuan baik dari seseorang, itu namanya musuh bukan teman.

Untuk mengetahui apakah seseorang itu teman atau bukan bisa dilihat dari beberapa hal. Pertama, teman akan selalu membicarakan hal positif tentang seseorang kendati tidak hadir dalam pembicaraan itu. Hal ini karena mereka merasakan manfaat dari seseorang sehingga sikapnya positif terhadap dirinya. Kedua, teman akan membela seseorang ketika ada pihak lain yang berusaha menjerumuskannya. Jadi kalau kita membela orang lain kemudian orang tersebut juga membela kita berarti itu teman, tetapi kalau setelah dibela malah menjerumuskan berarti itu musuh.


Politik

Politik itu seni, yaitu seni dalam berhubungan dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, kita tentu tidak bisa lepas dari berhubungan dengan orang lain, di sinilah politik berperan karena hubungan kita dengan orang lain menawarkan pilihan-pilihan dan itulah yang disebut politik.

Politik itu ruwet, kalau digambarkan seperti benang kusut, itulah kalau nilai-nilai yang dibawa orang semakin kompleks maka semakin banyak drama. Dan dalam politik yang benar itu perpegang pada konsistensi dalam memperjuangkan nilai-nilai. Pada perkara substansi barangkali itu tidak ada masalah. Masalah terjadi ketika nilai-nilai yang diperjuangkan saling trade off dimana kita harus memilih salah satunya setelah menetapkan nilai mana yang dikedepankan.

Politik itu terkait dengan lawan dan kawan tetapi karena nilai yang dibawa manusia itu kompleks dan tumpang tindih maka bagaimana kita menentukan siapa lawan dan kawan menjadi perhatian utama. Bisa jadi seseorang merupakan lawan dalam hal nilai tertentu, tetapi pada nilai yang lain orang tersebut adalah kawan.

Makanya dalam politik itu siapa membela siapa dan siapa melawan siapa menjadi relatif disesuaikan dengan dinamika yang berkembang. Orang yang bermusuhan bisa saling membela apabila menghadapi musuh bersama. Jadi, kata kunci dalam politik itu framingnya yaitu nilai mana yang menjadi prioritas untuk dijadikan musuh bersama.

Bagaimana cara bedakan antara kawan dengan lawan? Mudah sekali, begini caranya. Kawan selalu lihat kelebihan-kelebihan kita sedangkan lawan selalu lihat kelemahan-kelemahan kita. Siapapun yang percaya dengan kemampuanmu maka dia itulah kawanmu. Sebaliknya lawanmu akan selalu meragukan kemampuanmu.


Senin, 12 September 2016

Perempuan Bekerja

Pandangan sebagian gadis-gadis muda sekarang tentang tugas dan pekerjaan istri, cukup memprihatinkan. Dari beberapa komentarnya, mereka menganggap pekerjaan masak, bersih-bersih rumah, ngurus anak, ngurus suami, itu pekerjaan pembantu. Dan kalau ada laki-laki mencari istri dengan kriteria 'pandai mengurus rumah, anak, pandai masak', jawaban ketus mereka adalah: 'itu sih nyari pembantu, bukan nyari istri'.

Pekerjaan mulia dianggap rendah, hanya karena pekerjaan itu dilakukan di rumah, untuk keluarga, dan tidak ada yang merintah-merintah. Tapi bila gadis-gadis itu bekerja di kafe atau restoran, mereka menganggapnya pekerjaan bergengsi, hanya karena tempatnya di dapur kafe atau restoran dan badannya dibungkus seragam, plus disuruh-suruh manajer.

Atau mereka bekerja di perusahaan, melayani pelanggan laki-laki. Itu melayani suami orang. Itu karir. Itu bergengsi. Membuatkan kopi untuk suami, itu pekerjaan pembantu. Jadi sekretaris lebih bergengsi lagi. Kalo bos nyuruh rapat di luar kota, harus ikut. Izin suami tak relevan. Kalau ada suami tak mengizinkan itu suami penghambat karir. Kalau istri tak bisa melayani suami karena ada tugas kantor, sang kantor tak disebut sebagai penghambat tugas istri.

Wahai para nona dan nyonya, karir tertinggi seorang perempuan adalah ibu. Mengurus anak, mendampingi dan melayani suami, mengatur rumah tangga, sudah termasuk dalam definisi kata 'ibu'. Peran seorang ibu rumah tangga lebih tinggi nilainya daripada peran seorang perempuan karier.

Ibu rumah tangga sepenuhnya independen, tidak disuruh-suruh bos dan diperbudak perusahaan untuk gaji yang tak pernah cukup. Pekerjaannya bersumber dari hati nurani ibu. Kecuali kalau hati nurani itu sudah hilang atau tergantikan oleh mental budak.

Sumber: diambil dari sebuah tulisan di internet dengan sedikit perubahan