Sabtu, 22 Maret 2014

Sahih Jami'us Shaghir 2

Oleh : Muhammad Nashiruddin Al-Albani

1574. Sesungguhnya penghuni surga yang paling sedikit adalah perempuan. (Shahih)

1566. Sesungguhnya makanan yang paling baik yang kalian makan adalah dari hasil usaha kalian sendiri, dan anak-anak kalian termasuk dari hasil usaha kalian. (Shahih)


1567. Sesungguhnya dosa yang paling besar di sisi Allah adalah seorang laki-laki yang menikahi seorang perempuan, ketika ia telah melampiaskan kebutuhannya darinya, ia mentalaknya dan pergi membawa maharnya. Dan dosa seorang laki-laki yang mempekerjakan laki-laki lain dan pergi membawa upahnya, dan lainnya adalah dosa orang yang membunuh hewan hanya untuk main-main saja. (Hasan)


1573. Orang yang paling dekat derajatnya dariku pada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya di dunia. (Shahih)


1579. Sesungguhnya unta diciptakan dari setan dan di belakang setiap unta ada setan. (Hasan)


1609. Sesungguhnya dunia terlaknat, terlaknat apa yang ada di dalamnya, kecuali dzikir kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya, orang berilmu atau orang yang mempelajari ilmu. (Shahih)


1627. Sesungguhnya seorang laki-laki ahli surga diberi kekuatan seratus orang laki-laki dalam hal makan, minum, syahwat, dan jimak. Buang hajat salah seorang dari mereka adalah berupa keringat yang keluar dari kulitnya, tiba-tiba saja perutnya kempis. (Shahih)


1630. Sesungguhnya rezeki itu mengintai seorang hamba lebih sering daripada ajalnya. (Hasan)


1633. Sesungguhnya Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim adalah dua yaqut dari yaqut surga, Allah telah menghilangkan cahayanya. Kalau tidak dihilangkan cahayanya niscaya akan menerangi antara timur dan barat. (Shahih)


1667. Sesungguhnya tanah yang kering dan bagus adalah untuk berwudhunya seorang Muslim, meskipun ia tidak menemukan air selama sepuluh tahun. Jika ia menemukan air, maka basuhlah kulitnya, karena hal itu lebih baik. (Shahih)


1670. Apabila seorang hamba melakukan suatu kesalahan, maka dalam hatinya akan ada titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan beristighfar serta bertaubat, maka hatinya bersih kembali. Apabila ia melakukannya kembali, maka titik hitam itu bertambah di dalam hatinya hingga memenuhi hatinya. Itulah penutup hati yang Allah sebutkan, "Sekali-kali tidak, sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka." (Hasan)


1677. Sesungguhnya seorang hamba diberi pahala dalam hal nafkahnya kecuali dalam hal bangunan. (Shahih)


1684. Sesungguhnya kuburan adalah tempat pertama akhirat. Jika ia selamat di kuburannya, maka setelah itu ia akan lebih mudah. Jika ia tidak selamat di kuburannya, maka setelah itu akan lebih sulit. (Hasan)


1689. Sesungguhnya yang haram untuk diminum, haram juga diperjual-belikan. (Shahih)


1699. Sesungguhnya Allah menghalangi taubat atas setiap ahlu bid'ah. (Shahih)


1702. Para penghuni surga dimudahkan melakukan perbuatan penghuni surga dan para penghuni neraka dimudahkan melakukan perbuatan penghuni neraka. (Shahih)


1708. Sesungguhnya Allah bila dititipi sesuatu, Dia akan menjaganya. (Shahih)


1734. Sesungguhnya Allah memberikan anugerah kepada kalian dalam kebersamaan kalian ini, Dia memberikan orang jahat kalian untuk orang baik kalian, dan Dia memberikan orang baik kalian apa yang diminta, bayarlah dengan nama Allah. (Shahih)


1738. Sesungguhnya Allah menjadikan peperangan sebagai siksa umat ini di dunia. (Shahih)


1739. Sesungguhnya Allah telah menjadikan apa yang keluar dari Bani Adam sebagai perumpamaan dunia. (Hasan)


1754. Sesungguhnya ketika Allah menciptakan penyakit maka Dia menciptakan obat, maka berobatlah kalian. (Shahih)


1757. Sesungguhnya Allah Pemalu dan Mulia, Dia malu apabila ada seseorang mengangkat kedua tangannya kepada-Nya lalu dikembalikan dalam keadaan kosong tidak mendapat apa-apa. (Shahih)


1762. Sesungguhnya Allah telah menciptakan penyakit dan obatnya, maka berobatlah dan janganlah berobat menggunakan yang haram. (Shahih)


1773. Jika pedang diletakan pada umatku maka tidak akan diangkat dari mereka hingga hari kiamat, dan tidak akan terjadi hari kiamat hingga kabilah-kabilah dari umatku menggabungkan diri mereka dengan orang-orang Musyrik, lalu kabilah-kabilah dari umatku menyembah berhala. (Shahih)


1777. Sesungguhnya Allah Ta'ala adalah Pencipta setiap pencipta dan setiap ciptaannya. (Shahih)


1779. Sesungguhnya Allah Pemaaf dan menyukai pemaafan. (Hasan)


1786. Sesungguhnya Allah Ta'ala telah melindungi umatku bersepakat di atas kesesatan. (Hasan)


1802. Sesungguhnya Allah melaknat minuman keras, pemeras, yang meminta dibuatkan, peminum, penuang, pembawa, yang dibawakan, penjual, pembeli, dan yang memakan harganya. (Shahih)


1806. Sesungguhnya Allah tidak mengutusku sebagai orang yang mempersulit dan mencari kesalahan, tetapi Dia mengutusku sebagai pengajar dan orang yang mempermudah. (Shahih)


1808. Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla tidak meletakan penyakit melainkan Dia juga meletakan obat baginya. Maka bagi kalian susu sapi, karena sesungguhnya sapi itu memakan dari semua tumbuhan. (Shahih)


1809. Sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan obat baginya, diketahui oleh orang yang mengetahuinya, dan tidak diketahui oleh orang yang tidak mengetahuinya, kecuali kematian. (Shahih)


1812. Sesungguhnya jika Allah menghendaki untuk tidak didurhakai, maka Dia tidak akan menciptakan Iblis. (Hasan)


1813. Sesungguhnya Allah Ta'ala terkadang memperkuat agama ini dengan orang-orang jahat. (Shahih)


1848. Sesungguhnya Allah Ta'ala tidak akan mempersatukan umatku di atas kesesatan, dan tangan Allah bersama jamaah. (Shahih)


1874. Sesungguhnya Allah Ta'ala akan mengutus bagi umat ini pada setiap penghujung seratus tahun orang yang akan memperbarui agama ini. (Shahih)


1880. Sesungguhnya Allah senang apabila salah seorang kalian melakukan suatu pekerjaan ia mengerjakannya dengan seksama. (Shahih)


1882. Sesungguhnya Allah Ta'ala mencintai hamba yang bertakwa, kaya, dan menyembunyikan. (Shahih)


1891. Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai dari seorang pekerja apabila bekerja ia mengerjakan pekerjaannya dengan baik. (Shahih)


1914. Sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman, "Wahai anak Adam, habiskanlah waktumu untuk beribadah kepada-Ku, maka Aku akan memenuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku cukupkan kebutuhanmu, dan jika engkau tidak berbuat seperti itu, maka Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak mencukupi kebutuhanmu." (Shahih)


1934. Sesungguhnya orang Mukmin itu berjihad dengan pedang dan lisannya. (Shahih)


1941. Sesungguhnya seorang perempuan dinikahi karena agama, harta, dan kecantikannya, hendaknya kamu memilih karena agama maka kamu akan beruntung. (Shahih)


1974. Sesungguhnya bila manusia melihat kemungkaran dan tidak mengubahnya, dikhawatirkan Allah akan menurunkan siksa-Nya kepada mereka semua. (Shahih)


1990. Sesungguhnya anak itu penyebab kikir, takut, bodoh, dan sedih. (Shahih)


1991. Sesungguhnya hijrah tidak terputus selama ada jihad. (Shahih)


1993. Sesungguhnya cara yang baik, perilaku yang baik, dan berlaku sederhana adalah satu bagian dari dua puluh lima bagian kenabian. (Hasan)


2009. Sesungguhnya tali Islam yang paling kokoh adalah engkau mencintai karena Allah dan membenci karena Allah. (Hasan)


2016. Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah pena, kemudian Allah memerintahkannya, lantas ia menulis segala sesuatu yang terjadi. (Shahih)


2022. Sesungguhnya apa yang pertama ditanyakan kepada seorang hamba dari kenikmatan pada hari kiamat adalah dikatakan kepadanya, "Bukankah Kami telah menyehatkan tubuhmu, dan menyegarkanmu dengan air yang dingin?". (Shahih)


2042. Sesungguhnya Bangsa Israel terpecah menjadi tujuh puluh satu golongan, dan sesungguhnya umatku terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan, semuanya berada dalam neraka kecuali satu, yaitu Al-Jamaah. (Shahih)


2044. Sesungguhnya Bangsa Israel dahulu menulis suatu kitab lalu mereka mengikutinya dengan meninggalkan Taurat. (Shahih)


2047. Sesungguhnya menjelang hari kiamat akan ada huru-hara, yakni pembunuhan. Bukanlah pembunuhan orang-orang kafir, namun pembunuhan antara sebagian umat terhadap sebagian yang lain, hingga seorang bertemu dengan saudaranya lalu ia membunuhnya. Akal orang-orang pada zaman itu dicabut dan tersisalah orang-orang rendahan, kebanyakan orang mengira bahwa ia di atas sesuatu padahal mereka tidak di atas sesuatu. (Shahih)


2057. Sesungguhnya hak Allah Ta'ala adalah tidaklah Dia mengangkat sesuatu dari urusan dunia melainkan Dia akan merendahkannya. (Shahih)


2085. Sesungguhnya Roh Kudus meniupkan di dalam jiwaku bahwa sesungguhnya satu jiwa tidak akan mati sebelum menyempurnakan ajalnya dan mencukupkan rezekinya. Maka bertakwalah kepada Allah dan selalu baiklah dalam berusaha, dan janganlah salah seorang kamu terdorong oleh kelambatan rezeki lalu mencarinya dengan cara mendurhakai Allah, karena sesungguhnya apa yang berada di sisi Allah tidak dapat diperoleh kecuali dengan mentaati-Nya. (Shahih)


2116. Sesungguhnya benteng pertahanan kaum Muslimin pada suatu pertempuran adalah di Ghauthah, di sebelah kota yang disebut Damaskus, kota negeri Syam yang terbaik. (Shahih)


2122. Sesungguhnya di surga ada lautan air, lautan madu, lautan susu, dan lautan minuman keras, kemudian sungai-sungai bercabang sesudah itu. (Shahih)


2143. Sesungguhnya mematahkan tulang mayit Muslim adalah seperti mematahkannya sewaktu ia masih hidup. (Shahih)


2150. Sesungguhnya segala sesuatu mempunyai hakikat dan seseorang hamba tidak sampai kepada hakikat iman hingga ia tahu bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya dan apa yang luput darinya tidak akan menimpanya. (Shahih)


2152. Sesungguhnya setiap amal mempunyai masa semangat dan setiap masa semangat mempunyai masa jenuh, maka barangsiapa masa jenuhnya tetap berada di atas sunnahku maka ia benar-benar telah mendapat petunjuk dan barangsiapa masa jenuhnya kepada yang selain itu, maka ia benar-benar binasa. (Shahih)


2168. Sesungguhnya Allah Ta'ala mempunyai hamba-hamba yang mengetahui keadaan orang lain dengan firasat. (Hasan)


2174. Sesungguhnya Allah Ta'ala mempunyai malaikat yang berkeliling di bumi menyampaikan salam kepadaku dari umatku. (Shahih)


2175. Sesungguhnya Allah Ta'ala mempunyai malaikat di bumi yang berbicara melalui lisan anak Adam tentang baik dan buruk pada seseorang. (Shahih)


2194. Sesungguhnya mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani benar-benar dapat menghapus dosa-dosa. (Shahih)


2195. Sesungguhnya makanan anak Adam telah dijadikan perumpamaan dunia. Sekalipun telah dihiasi dan dibumbui, maka lihatlah akan menjadi apa. (Hasan)


2212. Sesungguhnya Allah telah mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para nabi. (Shahih)


2231. Sesungguhnya amal dan kebaikan orang Mukmin yang sampai kepadanya sesudah matinya adalah ilmunya yang disebarkan, anak shalih yang ditinggalkan, mushaf yang diwariskan, masjid yang dibangunnya, rumah untuk penginapan orang yang berpergian yang ia dirikan, sungai yang ia alirkan, sedekah yang ia keluarkan dari hartanya semasa sehat dan hidupnya, itu semua akan sampai kepadanya sesudah matinya. (Hasan)


2271. Sesungguhnya tidur tengkurap ini dibenci oleh Allah Ta'ala -yakni berbaring di atas perut-. (Shahih)


2282. Sesungguhnya kami adalah umat yang ummi, tidak dapat menulis dan berhitung. (Shahih)


2290. Sesungguhnya kami dilarang untuk memperlihatkan aurat kami. (Shahih)


2292. Sesungguhnya kami tidak meminta bantuan kepada orang-orang Musyrik untuk menghadapi orang-orang Musyrik. (Shahih)


2349. Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak. (Shahih)


2350. Sesungguhnya kalian diutus sebagai orang-orang yang memudahkan dan kalian tidaklah diutus sebagai orang-orang yang mempersulit. (Shahih)


2365. Sesungguhnya dinamakan hati karena berbolak-baliknya. Sesungguhnya perumpamaan hati seperti bulu di padang pasir, bergantung di batang pohon, ia diombang-ambingkan oleh angin kadang terlentang dan kadang tengkurap. (Shahih)


2367. Sesungguhnya cukup bagimu menepukkan kedua tanganmu ke tanah, lalu kamu mengusap dengan keduanya wajahmu dan kedua telapak tanganmu. (Shahih)


2381. Sesungguhnya Allah mengasihi hamba-hamba-Nya yang berbelas kasih. (Hasan)


2388. Sesungguhnya Allah menolong umat ini karena orang-orang lemah diantara mereka, dengan sebab doa mereka dan shalat mereka serta keikhlasan mereka. (Shahih)


2390. Sesungguhnya telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan diuji di dalam kubur. (Shahih)


2418. Sesungguhnya barangsiapa tidak meminta kepada Allah Ta'ala, maka Dia akan marah kepadanya. (Shahih)


2435. Sesungguhnya air zam-zam diberkati, ia adalah makanan yang mengenyangkan dan obat untuk penyakit. (Shahih)


2457. Sesungguhnya aku meninggalkan dua pengganti di tengah-tengah kalian: Kitabullah tali yang dijulurkan diantara langit dan bumi, dan Itrahku Ahlu Baitku, keduanya tidak akan berpisah hingga keduanya mendatangi telaga. (Shahih)


2459. Sesungguhnya kalian tidak akan melihat Tuhan kalian hingga kalian meninggal dunia. (Shahih)


2482. Sesungguhnya aku berharap tidak seorang pun akan masuk neraka Insya Allah dari orang-orang yang ikut serta pada perang Badar dan perjanjian Hudaibiyah. (Shahih)


2511. Aku tidak tahu berapa lama lagi tinggal di tengah-tengah kalian, ikutilah dua orang setelahku, Abu Bakr dan Umar. Berpegang teguhlah dengan petunjuk Ammar serta percayailah apa yang dikatakan oleh Ibnu Mas'ud. (Shahih)


2514. Sesungguhnya aku tidak menerima hadiah dari orang Musyrik. (Shahih)


2526. Penghuni surga adalah seratus dua puluh baris. Delapan puluh baris dari umat ini dan empat puluh baris dari umat-umat selainnya. (Shahih)


2529. Penduduk neraka adalah setiap orang yang kejam, sombong dalam berjalan, dan angkuh. Dan penduduk surga adalah orang-orang yang lemah dan diremehkan. (Shahih)


2539. Tali Islam yang paling kuat adalah loyalitas karena Allah, bermusuhan karena Allah, cinta karena Allah, dan benci karena Allah Azza wa Jalla. (Shahih)


2541. Aku berwasiat kepadamu agar kamu malu terhadap Allah Ta'ala sebagaimana kamu malu terhadap orang-orang shalih dari kaummu. (Shahih)


2561. Orang yang pertama binasa adalah orang Quraisy, dan orang Quraisy yang pertama binasa adalah Ahlul Bait. (Shahih)


2569. Sesuatu yang pertama dihilangkan dari umat ini adalah khusyu sehingga engkau tidak melihat seorang pun yang khusyu. (Shahih)


2575. Yang pertama kali diangkat dari manusia adalah amanat, dan yang terakhir ditinggal dari agama mereka adalah shalat, dan betapa banyak orang yang mengerjakan shalat tidak punya bagian di sisi Allah Ta'ala. (Hasan)


2582. Orang yang pertama mengganti Sunnahku adalah seseorang dari Bani Umayyah. (Hasan)


2587. Wali-wali Allah Ta'ala adalah orang-orang yang apabila mereka terlihat disebutlah nama Allah Ta'ala. (Shahih)


2594. Maukah engkau kuberitahukan tentang ahli neraka? yaitu setiap orang yang kejam, sombong dalam berjalan, takabur, serakah, dan bakhil. Maukah engkau kuberitahu tentang ahli surga? yaitu setiap orang miskin, yang kalau bersumpah atas nama Allah Ta'ala, maka Allah akan mengabulkannya. (Shahih)


2595. Maukah engkau kuberitahu tentang sesuatu yang lebih utama daripada derajat puasa, shalat, dan sedekah? yaitu memperbaiki kerukunan diantara engkau, karena sesungguhnya rusaknya kerukunan antara engkau adalah kehancuran. (Shahih)


2606. Maukah kalian kuberitahukan tentang shalatnya orang Munafik? ia mengakhirkan shalat Ashar sampai apabila matahari seperti lemak sapi ia melaksanakan shalat. (Shahih)


2609. Maukah kalian kuberitahukan tentang orang yang haram masuk neraka kelak? yaitu orang yang tawadhu, yang lemah lembut, yang dekat dengan manusia, dan bersikap memudahkan. (Shahih)


2637. Sesungguhnya Allah memandang kepada penduduk bumi lalu murka kepada mereka, baik orang Arab maupun orang Ajam, kecuali sisa-sisa dari Ahlul Kitab. (Shahih)


2655. Ketahuilah bahwa siapa saja yang menzhalimi orang Kafir yang berada di bawah perjanjian, mengurangi haknya, membebani di luar kemampuannya atau mengambil sesuatu darinya tanpa ada keridhaan darinya, maka aku sebagai hujahnya pada hari kiamat. (Shahih)


2657. Ketahuilah barangkali telah sampai hadits dariku kepada seseorang dan ia bersandar di atas sofa, lalu berkata, "Diantara kami dan kalian ada Kitabullah, apa yang kami dapati halal maka kami halalkan, dan apa yang kami dapati haram maka kami haramkan". Sesungguhnya apa yang diharamkan oleh Rasulullah seperti apa yang diharamkan oleh Allah. (Shahih)


2668. Jauhilah bernikmat-nikmat, karena sesungguhnya hamba-hamba Allah bukanlah yang bernikmat-nikmat. (Hasan)


2686. Jauhilah dosa-dosa kecil, sesungguhnya dosa kecil itu seperti suatu kaum yang mendatangi tengah lembah, satu orang membawa sebatang kayu dan yang lainnya juga membawa sebatang kayu sehingga mereka membawa kayu cukup untuk memasak roti mereka. Dan sesungguhnya dosa-dosa kecil apabila pelakunya dituntut karenanya, maka ia dapat membinasakannya. (Shahih)


2709. Perempuan manapun yang menikah tanpa izin walinya, maka nikahnya batal, maka nikahnya batal, maka nikahnya batal. Jika telah menyetubuhinya maka ia mendapat mahar karena ia telah menghalalkan kemaluannya. Apabila mereka berselisih maka penguasa adalah wali bagi yang tidak mempunyai wali. (Shahih)


2742. Wahai manusia, bertakwalah kalian kepada Allah dan berbuat baiklah dalam mencari, karena sesungguhnya jiwa tidak akan mati hingga dicukupkan rezekinya walaupun lambat. Maka bertakwalah kalian kepada Allah dan perbaikilah dalam mencari, ambilah yang halal dan jauhilah yang haram. (Shahih)


2748. Wahai manusia, aku telah meninggalkan sesuatu pada kalian, selama kalian masih mengambilnya, maka kalian tidak akan tersesat selamanya, Kitabullah dan Itrahku, Ahlul Baitku. (Shahih)


2751. Yang menerima dan yang memberi adalah sama pada riba. (Shahih)


2765. Dua telinga adalah bagian dari kepala. (Shahih)


2768. Ruh-ruh adalah tentara yang berhimpun, yang saling mengenal akan bersatu, sedangkan yang tidak saling mengenal akan berselisih. (Shahih)


2778. Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya. (Hasan)


2812. Bersegeralah beramal sebelum datangnya enam hal: kepemimpinan orang-orang bodoh, banyaknya kaki tangan penguasa, penjualan hukum, menganggap ringan darah, terputusnya silaturahim, generasi muda yang menjadikan Al-Quran sebagai seruling, mereka mengajukan salah seorang dari mereka untuk menyanyikannya sekalipun dia yang paling sedikit pemahaman agamanya. (Shahih)


2841. Umatku diberkati di pagi harinya. (Shahih)


2877. Air laut mensucikan dan halal bangkainya. (Shahih)


2879. Kesederhanaan adalah bagian dari iman. (Shahih)


2881. Kebaikan adalah apa yang menentramkan jiwa dan membuat tenang hati, sedangkan dosa adalah apa yang tidak menentramkan jiwa dan tidak membuat tenang hati, sekalipun orang-orang yang berfatwa memberi fatwa kepadamu . (Shahih)


2884. Barakah beserta orang-orang tua kalian. (Shahih)


2899. Ikutkanlah antara haji dan umrah karena sesungguhnya keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa sebagaimana pandai besi menghilangkan karat besi. (Shahih)


2929. Berobatlah dengan susu sapi, sesungguhnya aku berharap kepada Allah agar menjadikan kesembuhan padanya, karena sapi memakan semua tumbuhan. (Hasan)


2930. Berobatlah wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah Ta'ala tidak membuat suatu penyakit melainkan Dia juga membuat obatnya, kecuali satu penyakit, pikun. (Shahih)


2934. Kepemimpinan dalam Islam berputar hingga tiga puluh lima atau tiga puluh enam atau tiga puluh tujuh, jika mereka hancur maka itulah jalan orang yang hancur, jika ia mendirikan agama mereka untuk mereka maka mereka sanggup berdiri hingga tujuh puluh tahun. (Shahih)


2937 Aku tinggalkan pada kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat setelah berpegang pada keduanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku, keduanya tidak akan berpisah hingga keduanya datang ke telaga. (Shahih)


2954. Saling memaafkanlah dalam perkara pidana diantara kalian, apabila perkara pidana telah sampai kepadaku maka wajib dijalankan. (Hasan)


2976. Pikirkanlah ciptaan Allah dan jangan engkau pikirkan Allah. (Shahih)


2979. Ammar akan dibunuh oleh kelompok yang memberontak. (Shahih)


3004. Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai. (Hasan)


3007. Berwudhulah karena memakan sesuatu yang tersentuh api. (Shahih)


3008. Orang yang bertaubat dari dosa seperti orang yang tanpa dosa. (Shahih)


3010. Tenang, sederhana, dan diam yang baik merupakan satu bagian dari dua puluh empat bagian kenabian. (Shahih)


3011. Tidak terburu-buru dari Allah dan ketergesa-gesaan dari setan. (Shahih)


3014. Barangsiapa tidak mensyukuri yang sedikit maka ia tidak mensyukuri yang banyak, dan barangsiapa tidak bersyukur kepada manusia maka ia tidak bersyukur kepada Allah. Berjamaah itu berkat dan perpecahan itu siksa. (Hasan)


3019. Kurma dengan kurma, gandum dengan gandum, syair dengan syair, dan garam dengan garam harus sebanding dan tunai. Barangsiapa menambah atau meminta tambah, maka ia telah melakukan riba, kecuali jenis barangnya berbeda. (Shahih)


3025. Ada tiga hal yang aku bersumpah atasnya: harta tidak berkurang karena sedekah, maka bersedekahlah. Tidaklah seorang hamba memaafkan kezhaliman yang menimpanya kecuali Allah akan menambah kemuliaannya, karena itu maafkanlah maka Allah akan menambah kemuliaan kalian. Tidaklah seorang membuka celah minta-minta atas dirinya kepada orang-orang lain kecuali Allah akan membukakan pintu kefakiran baginya. (Shahih)


3031. Ada tiga doa yang dikabulkan tanpa diragukan lagi: doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang bepergian, dan doa orang yang dizhalimi. (Shahih)


3049. Tiga perkara yang tidak boleh dicegah: air, rumput, dan api. (Shahih)


3052. Tiga orang yang telah Allah haramkan untuk masuk surga: pecandu minuman keras, orang yang durhaka kepada kedua orang tua, dan dayuts yang membiarkan keburukan dalam keluarganya. (Shahih)


3090. Berjihadlah melawan orang-orang Musyrik dengan harta, jiwa, dan lisan kalian. (Shahih)


3109. Jamaah adalah rahmat dan perpecahan adalah adzab. (Hasan)


3114. Jin ada tiga jenis: jenis pertama adalah jin yang mempunyai sayap dan terbang di udara, jenis kedua yang berupa ular dan anjing, dan jenis ketiga yang tinggal dan pergi. (Shahih)


3124. Yang aku cintai dari dunia kalian adalah para wanita, wewangian, dan dijadikan kesejukan pandanganku dalam shalat. (Shahih)


3130. Hukum had yang dilaksanakan di muka bumi lebih baik bagi penduduk bumi daripada mereka dihujani selama empat puluh pagi. (Shahih)


3135. Diharamkan atas neraka menyiksa setiap Muslim yang selalu memberi kemudahan, lembut, berlaku mudah, dan dekat dengan orang-orang. (Hasan)


3155. Manisnya dunia adalah pahitnya akhirat, dan pahitnya dunia adalah manisnya akhirat. (Shahih)


3165. Dimana saja kamu melewati kuburan orang Kafir, maka beritahukanlah ia tentang neraka. (Shahih)


2178. Kehormatan adalah harta, kemuliaan, dan ketakwaan. (Shahih)


3179. Hasan dariku dan Husain dari Ali. (Hasan)


3182. Hasan dan Husain adalah dua pemimpin pemuda penduduk surga, dan bapak mereka adalah lebih baik dari mereka. (Shahih)


3215. Ambilah dariku, ambilah dariku, Allah telah membuat jalan bagi mereka: perawan dengan perjaka dicambuk seratus kali dan diasingkan selama satu tahun, dan perempuan yang pernah menikah dengan laki-laki yang pernah menikah dicambuk seratus kali dan dirajam. (Shahih)


3240. Lima perkara dengan lima perkara. Tidaklah suatu kaum menyelisihi janji melainkan musuhnya akan dimenangkan atas mereka. Tidaklah mereka memakai hukum selain dari yang diturunkan oleh Allah melainkan akan meratanya kefakiran kepada mereka. Tidaklah kekejian menjadi tampak pada mereka melainkan akan merata kematian pada mereka. Tidaklah mereka mengurangi timbangan melainkan tanaman akan terhalang tumbuh dan ditimpa paceklik. Tidaklah mereka menolak zakat melainkan akan terhalang dari hujan. (Shahih)


3257. Khilafah kenabian berumur tiga puluh tahun, kemudian setelah itu Allah memberikan kerajaan kepada orang yang dikehendaki-Nya. (Shahih)


3270. Sebaik-baik teman di sisi Allah adalah yang paling baik kepada temannya. (Shahih)


3299. Sebaik-baik perempuan adalah yang menyenangkanmu apabila kamu melihatnya, mentaatimu apabila kamu menyuruhnya, dan menjaga dirinya dan hartamu di saat kamu tidak ada. (Shahih)


3309. Sebaik-baik perbuatan kalian dalam agama adalah yang paling memudahkan. (Shahih)


3316. Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik terhadap perempuan. (Shahih)


3322. Sebaik-baik air di muka bumi adalah zam-zam, di dalamnya ada yang dapat mengenyangkan dan menyembuhkan penyakit. Seburuk-buruk air di muka bumi adalah air lembah Barhut di kubah Hadramaut, seperti kaki belalang karena cepat keringnya, di pagi hari airnya memancar dan di sore hari tiada basah padanya. (Shahih)


3341. Kekhilafahan pada umatku ialah tiga puluh tahun, kemudian setelah itu adalah kerajaan. (Shahih)


3344. Minuman keras adalah induk segala kejahatan. (Hasan)


3347. Golongan Khawarij adalah anjing-anjing neraka. (Shahih)


3348. Kebaikan karena kebiasaan dan keburukan karena kebutuhan. (Shahih)


3358. Obatilah orang-orang sakit kalian dengan sedekah. (Shahih)


3375. Satu dirham riba yang dimakan seseorang sedangkan ia mengetahui, maka hal itu di sisi Allah lebih berat daripada tiga puluh enam kali zina. (Shahih)


3376. Sisakan yang menjadi sebab keluarnya air susu. (Hasan)


3378. Tinggalkanlah sesuatu yang membuatmu ragu menuju kepada sesuatu yang tidak membuatmu ragu, karena sesungguhnya kejujuran adalah ketenangan, dan dusta adalah keraguan. (Shahih)


3384. Biarkanlah orang-orang Habasyah sebagaimana mereka membiarkan kalian, dan tinggalkanlah orang-orang Turki sebagaimana mereka meninggalkan kalian. (Shahih)


3394. Diyat jari-jari dua tangan dan dua kaki adalah sama, untuk setiap satu jari ialah sepuluh unta. (Shahih)


3397. Diyat seorang Kafir adalah setengah diyat seorang Mukmin. (Shahih)


3401. Dajjal itu matanya hijau. (Shahih)


3405. Doa diantara adzan dan iqamat itu dikabulkan, maka berdoalah. (Shahih)


3407. Doa adalah ibadah. (Shahih)


3409. Doa itu bermanfaat untuk apa yang sudah terjadi dan apa yang belum terjadi, maka berdoalah kamu wahai hamba Allah. (Hasan)


3414. Dunia adalah terlaknat, terlaknat apa yang ada di dalamnya, kecuali dzikir kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya, orang berilmu atau orang yang mempelajari ilmu. (Hasan)


3415. Obat termasuk dari takdir, dan bermanfaat dengan izin Allah Ta'ala. (Hasan)


3423. Dinar dengan dinar tanpa ada lebih antara keduanya, dirham dengan dirham tanpa ada lebih antara keduanya. Barangsiapa membutuhkan perak maka hendaknya ia menukarnya dengan emas, dan barangsiapa membutuhkan emas maka ia hendaknya menukarnya dengan perak, dan penukaran itu dengan tunai. (Shahih)


3426. Pertahankan harga dirimu dengan hartamu. (Shahih)


3442. Semua serangga berada di neraka kecuali lebah. (Shahih)


3444. Tukarlah emas dengan perak dengan cara yang kalian kehendaki secara tunai, tukarlah gandum dengan kurma dengan cara yang kalian kehendaki secara tunai. (Shahih)


3451. Ibuku pernah bermimpi seakan-akan cahaya keluar darinya, yang karenanya istana-istana Syam terang benderang. (Shahih)


3456. Mimpi seorang Mukmin adalah bagian dari empat puluh bagian kenabian, dan hal itu berada di kaki burung selama belum diberitahukannya, apabila telah diberitahukan maka gugurlah mimpi tersebut, dan janganlah kalian memberitahukannya selain kepada orang yang berakal atau orang yang dicintai. (Shahih)


3502. Berilah orang yang meminta-minta, walaupun dengan kikil bakar. (Shahih)


3507. Keridhaan Allah berada dalam keridhaan kedua orang tua, dan kemarahan-Nya berada dalam kemarahan mereka. (Shahih)


3513. Pena diangkat dari tiga: orang yang tidur hingga ia bangun, anak kecil hingga ia menjadi dewasa, dan orang yang gila hingga ia kembali berakal. (Shahih)


3515. Diangkat dari umatku karena kekeliruan, lupa, dan sesuatu yang dipaksakan kepadanya. (Shahih)


3522. Orang-orang yang cinta kasih akan dikasihi oleh Ar-Rahman Tabaaraka wa Ta'ala. Kasihilah yang ada di bumi, niscaya kalian akan dikasihi oleh yang ada di langit. (Shahih)


3527. Mimpi baik adalah kabar gembira yang dilihat oleh seorang Mukmin atau yang diperlihatkan kepadanya. (Shahih)


3534. Mimpi itu ada tiga: diantaranya ada hal-hal yang menakutkan dari setan untuk membuat sedih anak Adam, ada juga sesuatu yang diangan-angankan oleh seseorang sebelum tidur lalu dilihatnya saat tidur, dan ada juga yang merupakan bagian empat puluh enam bagian kenabian. (Shahih)


3542. Riba, meskipun banyak, namun sesungguhnya akibatnya menjadikan sedikit. (Shahih)


3545. Seseorang itu berada pada agama temannya, maka perhatikanlah oleh salah seorang kalian, siapakah yang dijadikan temannya. (Hasan)


3551. Rezeki lebih sering mengintai seorang hamba daripada ajalnya. (Hasan)


3553. Petir adalah malaikat dari malaikat-malaikat yang diserahi awan, membawa palu-palu dari api untuk menggiring awan sesuai dengan yang Allah kehendaki. (Hasan)


3568. Berziarahlah jarang-jarang, yang demikian akan menambah cinta. (Shahih)


3602. Tujuh yang pahalanya terus mengalir bagi seorang hamba, padahal ia sudah berada di dalam kubur: orang yang mengajarkan ilmu, orang yang mengalirkan sungai, orang yang menggali sumur, orang yang menanam pohon kurma, orang yang membangun masjid, orang yang mewariskan mushaf, orang yang meninggalkan anak yang memohonkan ampun baginya sesudah matinya. (Hasan)


3612. Kalian akan berdamai dengan Bangsa Romawi dengan perdamaian yang aman, kalian akan menyerang mereka dan mereka adalah musuh dari belakang kalian. Kalian akan mengalahkan mereka dan mendapatkan harta rampasan perang, kemudian kalian akan turun ke daerah padang rumput Dzu Tulul. Lalu ada seorang Nasrani yang berdiri dengan mengangkat salib dengan mengatakan, "Salib menang!". Lantas ada seorang Muslim yang bangkit dan menuju kepadanya kemudian membunuhnya, Bangsa Romawi pun membatalkan perjanjian damai, maka terjadilah peperangan. Mereka bersatu untuk menyerang kalian, mereka datang dengan delapan bendera, setiap bendera ada sepuluh ribu pasukan. (Shahih)


3616. Akan muncul banyak peristiwa, fitnah, perpecahan, dan perselisihan. Apabila engkau mampu menjadi orang yang terbunuh dan bukan orang yang membunuh, maka lakukanlah. (Shahih)


3634. Mohonlah kepada Allah dengan bagian dalam telapak tanganmu, dan jangan memohon-Nya dengan punggungnya. (Shahih)


3645. Ratakanlah kuburan-kuburan yang ada di muka bumi. (Shahih)


3649. Keselamatan seseorang pada saat terjadinya fitnah adalah menetap di rumahnya. (Hasan)


3658. Penyakit umat-umat terdahulu akan menimpa umatku: mengingkari nikmat, sombong, berlomba memperbanyak harta, bermusuhan karena dunia, saling benci, dan saling dengki hingga melewati batas. (Hasan)


3659. Perkara ini akan terbelah menjadi kelompok-kelompok. Satu kelompok di Syam, satu kelompok di Yaman, dan satu kelompok lagi di Irak. Ikutilah kelompok Syam, sesungguhnya itu adalah pilihan Allah dari bumi-Nya, Allah memilih hamba-hamba pilihan-Nya. Jika kalian enggan, maka ikutilah Yaman dan berilah minum dari telaga kalian. Sesungguhnya Allah telah mewakilkan Syam dan penduduknya kepadaku. (Shahih)


3665. Di akhir zaman nanti akan terjadi penenggelaman di bumi, pelemparan batu, dan perubahan rupa dari rupa yang lain, apabila telah muncul berbagai alat-alat musik, penyanyi, dan dihalalkannya minuman keras. (Shahih)


3669. Akan muncul pada umatku suatu kaum yang mendustakan takdir. (Shahih)


3673. Orang-orang Islam akan menyalakan api dari kantong Yajuj dan Majuj, panah-panah mereka, dan perisai-perisai mereka selama tujuh tahun. (Shahih)


3690. Pemesanan anak unta dari anak unta betina yang masih dalam kandungan adalah riba. (Shahih)


3695. Bersiwak sebagai pembersih mulut dan membuat Tuhan ridha. (Shahih)