Selasa, 26 April 2016

Startup

Inti dari bisnis yaitu membangun nilai. Karakteristik dari organisasi bisnis yaitu adanya supervisi dan edukasi untuk membangun nilai. Supervisi bermakna transfer pengetahuan dan pengalaman dari senior kepada yunior. Edukasi bermakna penyebarluasan informasi kepada klien guna menumbuhkan kesadaran mengenai suatu nilai. Kita berada di era globalisasi dimana peristiwa yang terjadi di suatu tempat bisa dengan mudah mempengaruhi dan menyebar ke tempat lain. Menurut data, perusahaan multinasional bergerak di berbagai sektor usaha meliputi makanan, obat, pakaian, sepatu, tas, jam, komputer, elektronik, otomotif, perlengkapan mandi, peralatan olahraga, peralatan dan perlengkapan rumah, peralatan dan perlengkapan kantor.

Struktur organisasi bisnis: 

  • Director
  • Legal
  • Human Capital
  • Bussiness Development
  • Finance dan Accounting
  • Graphic Design
  • General Affair
  • Quality Qontrol
  • Training and Development
  • Information Technology/ Engineering
  • Documentation/ Administration
  • Operation
  • Procurement
  • Sales
  • Marketing
  • Customer Service
  • Public Relation
  • Security


Dipandang perlu perubahan yang lebih cepat berkaitan dengan mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha. Dipandang perlu mempelajari praktek-praktek bisnis yang sudah ada mengingat dalam jangka panjang akan menarik pesaing masuk pasar. Sebagai makhluk sosial, seorang pengusaha tidak bisa bekerja sendiri, perlu mitra yang akan membantunya mewujudkan gagasan-gagasan bisnisnya. Perjalanan hari ini menemukan pelajaran yang berharga yaitu belajar yang paling mengena sasaran itu dengan pengamatan secara langsung. Dengan mengamati sasaran secara langsung berarti kita telah belajar langsung dari kenyataan yang ada. Gagasan-gagasan manusia mengenai mekanisne pertukaran ada dan dipraktekan dalam kehidupan nyata, dari sinilah kita langsung mempelajarinya. Bisnis adalah mengenai apa yang orang lain minta sehingga jangan menawarkan sesuatu yang tidak diminta oleh orang lain. Bisnis berarti melihat kebutuhan dari kacamata pelanggan mengenai nilai-nilai yang berlaku akan tetapi kita hanya menyediakan kebutuhan pelanggan yang sejalan dengan nilai dan norma agama.


Tidak ada komentar: