Sabtu, 22 Maret 2014

Sahih Jami'us Shaghir 3

Oleh : Muhammad Nashiruddin Al-Albani
 
3754. Pagi hari Lailatul Qadar, matahari terbit tanpa pancaran sinar bagaikan sebuah bejana yang terbuat dari emas hingga ia naik meninggi. (Shahih)

3765. Tanah pilihan Allah adalah Syam, di dalamnya terdapat pilihan-Nya dari makhluk ciptaan dan hamba-Nya. Dan sungguh sekelompok dari umatku akan masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. (Shahih)

3769. Sambungkanlah silaturahim dengan orang yang memutuskanmu, berbuat baiklah kepada orang yang berlaku buruk kepadamu dan katakanlah yang benar walau kepada dirimu sendiri. (Shahih)

3776. Kerjakan shalat seakan-akan shalat yang kamu lakukan adalah shalat terakhir, seakan-akan kamu melihat Allah. Jika kamu tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu. Janganlah mengharapkan apa yang ada di tangan orang lain, niscaya kamu akan menjadi orang kaya. Dan jauhilah apa-apa yang dicarikan alasannya. (Hasan)


3788. Shalatlah di kandang kambing dan janganlah kalian shalat di kandang unta, sebab ia diciptakan dari setan. (Shahih)


3790. Shalatlah dengan menggunakan sendal kalian dan jangan menyerupai orang-orang Yahudi. (Shahih)


3795. Berbuat kebaikan akan menghindarkan seseorang dari akhir yang buruk, dari penyakit-penyakit, dan kehancuran. Sesungguhnya orang yang selalu berbuat baik di dunia adalah ahli kebaikan kelak di akhirat. (Shahih)


3801. Ada dua suara yang dilaknat di dunia dan di akhirat: suara terompet dalam kegembiraan dan suara ratapan ketika terkena musibah. (Hasan)


3830. Shalat malam adalah dua rakaat-dua rakaat, dan shalat witir adalah satu rakaat di akhir malam. (Shahih)


3831. Shalat malam dan siang adalah dua rakaat-dua rakaat. (Shahih)


3845. Kebaikan permulaan umat ini adalah dengan sikap zuhud dan yakin, sedangkan generasi akhir dari umat ini rusak karena sikap kikir dan panjang angan-angan. (Hasan)


3846. Jeritan anak yang terlahir ketika keluar dari rahim ibunya adalah tusukan yang berasal dari setan. (Shahih)


3887. Allah telah memberikan perumpamaan tentang jalan yang lurus. Jalan tersebut di kedua sisinya ada pagar dan di kedua pagar tersebut ada pintu-pintu dalam keadaan terbuka dan setiap pintu tersebut tertutup tirai, kemudian di atas pintu jalan ada sosok yang menjadi penyeru, "Wahai manusia, masuklah kalian ke jalan ini dan janganlah kalian menyimpang". Kemudian di atas jalan tersebut ada sosok yang menjadi penyeru. Jika ada seseorang yang ingin membuka salah satu dari pintu yang tertutup tirai tersebut, ia berkata, "Awas, jangan kalian membukanya, sebab jika kalian membukanya, maka kalian akan memasukinya". Jalan itu adalah Islam, dan dua pagar tersebut adalah batas-batas yang diberikan Allah, pintu-pintu yang terbuka adalah hal-hal yang diharamkan Allah, penyeru di ujung jalan adalah Kitab Allah dan penyeru di atas jalan adalah pengingat dari Allah yang ada di hati setiap Muslim. (Shahih)


3907. Mentaati pemimpin adalah kewajiban bagi setiap Muslim selama tidak memerintahkan berbuat maksiat kepada Allah. Jika pemimpin memerintahkan berbuat maksiat, maka tidak ada kewajiban taat padanya dalam hal yang demikian. (Hasan)


3913. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim. (Shahih)


3920. Berbahagialah penduduk Syam, sebab malaikat Rahman membentangkan sayapnya di atasnya. (Shahih)


3921. Berbahagialah orang-orang asing yaitu orang-orang shalih yang hidup diantara orang-orang jahat. Yang menentang mereka lebih banyak dibandingkan yang mentaati mereka. (Shahih)


3922. Berbahagialah orang-orang yang melihatku dan beriman kepadaku, dan berbahagialah orang yang tidak bertemu denganku namun ia beriman kepadaku. (Shahih)


3931. Berbahagialah orang yang diberi petunjuk masuk Islam, sedangkan kehidupannya berkecukupan dan ia merasa cukup. (Shahih)


3935. Bersihkanlah halaman rumah kalian, sebab orang-orang Yahudi tidak membersihkan halaman rumahnya. (Hasan)


3959. Burung terbang sesuai dengan takdir Allah. (Hasan)


3966. Allah memusuhi orang yang memusuhi Ali. (Shahih)


3970. Kebanyakan penghuni neraka adalah kaum perempuan. (Shahih)


4012. Ada dua golongan dari umatku yang dijaga oleh Allah dari neraka yaitu sekelompok mereka yang memerangi India dan sekelompok mereka yang berperang bersama Isa putera Mariam. (Shahih)


4014. Pusat negeri Islam adalah di Syam. (Hasan)


4015. Denda membunuh Ahlu Dzimmah adalah setengah dari denda membunuh kaum Muslimin. (Hasan)


4017. Hukuman umat ini adalah dengan pedang. (Shahih)


4026. Ajarkanlah shalat kepada anak-anak kalian ketika usia mereka mencapai tujuh tahun, dan pukulah saat usia mereka mencapai sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka. (Shahih)


4037. Setiap Muslim hendaknya bersedekah. Jika ia tidak memiliki, hendaknya ia bekerja dengan tangannya, ia manfaatkan untuk dirinya dan untuk bersedekah. Jika tidak mampu hendaknya ia membantu orang yang sedang membutuhkan lagi sempit. Jika tidak mampu, hendaknya ia mengajak kepada kebaikan. Jika tidak mampu, hendaknya ia tidak mengerjakan keburukan, karena sesungguhnya itu adalah sedekah baginya. (Shahih)


4054. Hendaknya kalian bercelak dengan itsmid ketika hendak tidur, sebab ia membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rambut. (Shahih)


4059. Hendaknya kalian meminum susu sapi, karena sesungguhnya ia menghimpun dari seluruh tumbuh-tumbuhan dan menjadi obat bagi segala penyakit. (Shahih)


4060. Hendaknya kalian meminum susu sapi, sebab ia menjadi obat dari penyakit, dan makan juga lemaknya, sebab di dalamnya ada obat untuk kesembuhan penyakit. Berhati-hatilah terhadap dagingnya, sebab dagingnya ada penyakit. (Shahih)


4065. Hendaknya kalian berlatih memanah, sebab ia termasuk sebaik-baik permainan kalian. (Shahih)


4067. Hendaknya kalian menggunakan sana dan sanut, sebab pada keduanya terdapat obat dari segala macam penyakit kecuali as-sam, yaitu kematian. (Hasan)


4070. Hendaknya kalian pilih Syam, sebab ia adalah negeri yang dipilih Allah, ditempati oleh orang-orang pilihan dari makhluk-Nya. Barangsiapa enggan, maka pilihlah Yaman dan hendaknya ia memberi minum dari telaganya, sesungguhnya Allah menjamin Syam dan penduduknya kepadaku. (Shahih)


4072. Mintalah kepada Allah keselamatan, sebab tidak ada satu pun anugerah yang lebih baik setelah keyakinan dibandingkan keselamatan. (Shahih)


4073. Hendaknya kalian memelihara kambing domba, sebab ia termasuk hewan surga. Oleh karena itu, shalatlah di kandang-kandangnya dan usaplah debunya. (Shahih)


4082. Hendaknya kalian menggunakan kayu Hindi, sebab di dalamnya ada tujuh obat, dimasukkan melalui hidung untuk sakit tenggorokan dan dimasukkan ke mulut untuk sakit dada. (Shahih)


4094. Umur umatku antara enam puluh hingga tujuh puluh tahun. (Shahih)


4126. Al-Ajwah adalah bagian dari surga dan di dalamnya terdapat obat penawar racun, dan jamur adalah bagian dari Manna, airnya adalah obat untuk mata. (Shahih)


4132. Kambing akikah disembelih pada saat anak berusia tujuh hari, empat belas hari, atau dua puluh satu hari. (Shahih)


4154. Berperang di laut lebih utama dibandingkan dengan sepuluh peperangan yang terjadi di darat. Barangsiapa yang melewati laut seakan-akan ia melewati seluruh lembah yang ada diantara dua gunung. Dan orang yang mabuk dalam pertempuran laut seperti seorang yang berlumur darahnya di jalan Allah. (Shahih)


4162. Sebelum kalian ada seorang yang diampuni dosanya oleh Allah. Orang tersebut mempermudah ketika menjual, mempermudah ketika membeli, dan mempermudah ketika meminta pembayaran hutang. (Shahih)


4180. Kambing domba adalah keberkahan. (Shahih)


4198. Tempat tidur untuk laki-laki, tempat tidur untuk perempuan, dan tempat tidur untuk tamu, serta tempat tidur yang keempat untuk setan. (Shahih)


4205. Kota orang-orang Muslim di hari peperangan besar adalah di daerah yang disebut al-Ghuthah yang di dalamnya ada sebuah kota yang disebut Damaskus yang saat itu menjadi tempat terbaik bagi kaum Muslimin. (Shahih)


4206. Pemisah antara yang halal dan yang haram adalah tabuhan rebana dan nyanyian dalam pernikahan. (Hasan)


4208. Allah telah melebihkan kaum Quraisy karena kenabian ada diantara mereka, demikian pula dengan khilafah, kepengurusan Kabah, dan memberi minum orang yang berhaji. (Hasan)


4209. Allah telah melebihkan kaum Quraisy dengan tujuh dan tidak satu pun kelebihan tersebut diberikan kepada umat sebelumnya dan tidak diberikan satu pun kepada umat setelahnya: Allah melebihkan mereka karena aku merupakan bagian dari mereka, kenabian ada dalam mereka, kepengurusan Kabah ada di tangan mereka, memberi minum orang yang berhaji ada pada mereka, Allah telah menolong mereka dari serangan tentara bergajah, mereka telah menyembah Allah selama dua puluh tahun dimana tidak ada satu pun yang menyembah Allah selain mereka, serta Allah menurunkan satu surah dalam Al-Quran yang di dalamnya tidak disebutkan satu pun selain mereka, yaitu: Li'iilaafi Quraisyin. (Hasan)


4235. Diantara para sahabatku ada dua belas orang Munafik. Diantara mereka ada delapan orang yang tidak akan masuk ke dalam surga hingga seekor unta masuk ke lubang jarum. (Shahih)


4237. Denda melukai gigi adalah lima, lima ekor unta. (Shahih)


4238. Denda mencederai jari tangan adalah sepuluh, sepuluh. (Shahih)


4240. Hidung apabila sampai terpotong maka dendanya adalah seratus ekor unta, tangan dendanya adalah lima puluh, mata dendanya lima puluh, luka yang menembus otak dendanya sepertiga jiwa, luka yang menembus rongga kepala atau perut dendanya sepertiga jiwa, meremukan tulang dendanya lima belas, luka sampai terlihat tulang dendanya lima, dan pada setiap jari dendanya sepuluh. (Hasan)


4273. Pada umat ini akan ada penenggelaman ke dalam bumi, ada yang mengalami perubahan rupa, dan ada yang mengalami pelemparan batu, hal demikian terjadi jika telah muncul para penyanyi, alat-alat musik, dan diminumnya minuman keras. (Shahih)


4289. Pemahaman ada pada Yaman dan hikmah ada pada Yaman. (Shahih)


4293. Perangilah orang yang akan mengambil hartamu hingga kamu dapat mempertahankannya atau kamu terbunuh dalam mempertahankannya. Jika kamu terbunuh dalam keadaan demikian, maka kamu menjadi bagian dari syuhada akhirat. (Shahih)


4294. Orang yang membunuh Ammar dan yang menyalibnya berada di neraka. (Shahih)


4361. Terbunuhnya seorang Muslim di sisi Allah lebih besar dibandingkan musnahnya dunia. (Shahih)


4362. Sesungguhnya obat dari kebodohan adalah bertanya. (Shahih)


4369. Aku telah meninggalkan kalian ajaran yang terang benderang, malamnya seperti siangnya. Tidaklah menyimpang darinya sesudahku kecuali orang yang binasa. Barangsiapa diantara kalian hidup lama akan menyaksikan pertentangan yang banyak. Hendaknya kalian berpegang teguh pada Sunnahku dan Sunnah para khalifah setelahku yang mendapat petunjuk. Gigitlah ia dengan gigi geraham dan hendaknya ia bersikap taat kepada pemimpin, meski ia berasal dari kalangan budak Habasyi, karena keadaan seorang Mukmin seperti unta yang diikat pada hidungnya, kemana dituntun ia akan mengikuti. (Shahih)


4409. Hati yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, istri yang baik yang membantu urusan dunia dan akhiratmu adalah sebaik-baik perbendaharaan yang dimiliki manusia. (Shahih)


4410. Sesuatu yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnya juga haram. (Shahih)


4413. Tegaknya umatku adalah andil dari orang-orang jahat diantara mereka. (Hasan)


4419. Ucapkanlah perkataan yang baik, maka kalian akan mendapatkan manfaat darinya. Dan diamlah dari keburukan, maka kalian akan selamat. (Shahih)


4428. Hendaknya kalian bersiap-siap, sesungguhnya kematian datang secara tiba-tiba. (Shahih)


4431. Lakukanlah tidur siang sebentar, sebab setan tidak melakukannya. (Hasan)


4431. Ikatlah hewan itu, kemudian bertawakalah. (Hasan)


4434. Ikatlah ilmu dengan tulisan. (Shahih)


4442. Qadariyah adalah Majusi umat ini. Jika mereka sakit, janganlah kalian menjenguknya dan jika mereka meninggal dunia, maka janganlah kalian menyaksikan jenazah mereka. (Hasan)


4447. Para hakim terbagi menjadi tiga golongan. Dua hakim berada di neraka dan satu hakim berada di surga. Hakim yang menghukumi sesuatu dengan hawa nafsunya berada di neraka, hakim yang menghukumi sesuatu tanpa dasar ilmu berada di neraka, dan hakim yang menghukumi sesuatu dengan kebenaran berada di surga. (Shahih)


4478. Memecah tulang mayit sama dengan memecahnya saat masih hidup. (Shahih)


4480. Cukuplah seorang dianggap sebagai berdosa, apabila ia menceritakan setiap apa yang ia dengar. (Shahih)


4490. Sembunyikan keburukanmu dari manusia, yang demikian itu adalah sedekah darimu untuk dirimu. (Shahih)


4498. Makanlah zaitun dan gunakanlah sebagai minyak, sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkati. (Shahih)


4500. Makanlah secara bersama-sama dan janganlah berpencar-pencar, karena sesungguhnya keberkahan ada bersama jamaah. (Hasan)


4515. Setiap manusia pasti pernah berbuat salah dan sebaik-baik orang yang pernah berbuat salah adalah yang bertaubat. (Hasan)


4522. Setiap ciptaan Allah pasti bagus. (Hasan)


4523. Setiap doa akan terhalang hingga dibacakan shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. (Hasan)


4524. Setiap dosa yang dilakukan ada kemungkinan diampuni oleh Allah kecuali orang yang meninggal dunia dalam keadaan berbuat syirik atau membunuh orang yang beriman dengan sengaja. (Shahih)


4525. Setiap hewan buas yang memiliki taring, maka memakannya adalah haram. (Shahih)


4530 Setiap syarat yang tidak ada dalam Kitab Allah adalah batil, meski ada seratus syarat sekalipun. (Shahih)


4531. Segala sesuatu berjalan sesuai dengan takdir hingga ketidakmampuan dalam menjalankan ketaatan dan kesemangatan. (Shahih)


4534. Segala sesuatu selain dzikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: permainan seorang suami dengan istrinya, seorang laki-laki yang melatih kudanya, seorang laki-laki yang berjalan diantara dua sasaran dalam latihan menembak, dan seorang laki-laki yang mengajarkan renang. (Shahih)


4542. Setiap pinjaman adalah sedekah. (Hasan)


4566. Setiap nafkah yang diberikan seorang laki-laki akan diberikan pahala, kecuali bangunan. (Shahih)


4567. Setiap sumpah yang dilakukan dengan menyebut selain Allah adalah syirik. (Shahih)


4584. Sesungguhnya ziarah kubur dapat melembutkan hati, membuat mata menangis, mengingatkan kehidupan akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk. (Shahih)


4585. Aku pernah melarang kalian menyimpan daging kurban lebih dari tiga hari agar orang-orang yang memiliki kecukupan dapat memenuhi yang kekurangan. Sekarang makanlah yang ada pada kalian, berilah makan kepada orang lain dan simpanlah. (Shahih)


4589. Bagaimanakah jika kalian tidak mengambil jizyah, baik dinar maupun dirham? Tanggungan Allah dan Rasul-Nya telah dirusak. Allah akan mengeraskan hati Ahlu Dzimmah lalu mereka tidak mau memberikan apa yang ada di tangan mereka. (Shahih)


4594. Apa yang terjadi pada kalian jika orang-orang baik diantara kalian telah tiada dan yang tersisa adalah orang-orang yang perilakunya buruk, perjanjian dan amanah telah dirusak dan bercampur baur, mereka berselisih  dan kondisi mereka seperti ini? (Beliau merapatkan jemari tangan dengan jemari tangan yang lain). Jika kondisinya demikian, peganglah kebenaran yang kalian kenal dan tinggalkanlah kemungkaran yang kalian kenal. Menghadaplah kepada orang-orang khusus kalian dan tinggalkanlah orang-orang umum kalian. (Shahih)


4617. Yang terakhir disabdakan Rasulullah adalah: semoga Allah memerangi Yahudi dan Nasrani karena menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai masjid-masjid, dua agama ini tidak akan bertahan di tanah Arab. (Shahih)


4618. Akhlak yang paling dibenci adalah berbohong. (Shahih)


4623. Warna yang paling disukai oleh Rasulullah adalah hijau. (Hasan)


4627. Minuman yang paling disukai Rasulullah adalah yang manis dan dingin. (Shahih)


4721. Jika berdoa, Rasulullah menjadikan telapak tangan bagian dalam menghadap ke arah wajahnya. (Shahih)


4786. Jika berjalan, Rasulullah tidak menoleh. (Shahih)


4822. Rasulullah adalah sosok yang pendiam dan sedikit tertawa. (Hasan)


4854. Tidak ada seorang pun yang meminta sesuatu kepada Rasulullah, kecuali beliau memberikannya atau diam. (Shahih)


4860. Setiap kali terluka atau terkena duri, Rasulullah membalurinya dengan inai. (Hasan)


4869. Hampir tidak pernah Rasulullah berkata, "Tidak". Jika diminta dan beliau hendak mengerjakannya, beliau berkata, "Ya". Jika tidak ingin mengerjakannya, beliau diam. (Shahih)


4870. Ketika berjalan, Rasulullah tidak menoleh ke belakang. (Shahih)


4871. Rasulullah tidak pernah menolak sesuatu yang diminta. (Shahih)


4879. Rasulullah pernah memakan semangka dengan buah kurma yang baru masak, dan beliau berkata, "Aku dinginkan panasnya ini dengan ini dan aku panaskan dinginnya ini dengan ini". (Shahih)


4880. Rasulullah pernah memakan buah mentimun dengan buah kurma yang baru masak. (Shahih)


4937. Rasulullah menjahit pakaiannya, membetulkan sendalnya, dan melakukan apa saja yang biasa dikerjakan oleh laki-laki di rumah mereka. (Shahih)


4948. Rasulullah berasap dengan kayu gaharu dan kapur barus yang diletakan dengan kayu gaharu. (Shahih)


4989. Rasulullah menghitung bacaan tasbih dengan jarinya. (Shahih)


4996. Rasulullah membersihkan pakaiannya, memerah kambing dombanya, dan melayani dirinya sendiri. (Shahih)


5017. Rasulullah tidur pada permulaan malam dan menghidupkan akhir malamnya. (Shahih)


5026. Aku pasti akan mengeluarkan orang-orang Yahudi dan Nasrani dari Jazirah Arab hingga aku tidak meninggalkannya, kecuali orang-orang Islam. (Shahih)


5029. Sesungguhnya jual beli terjadi atas dasar saling ridha. (Shahih)


5073. Sungguh bumi akan penuh dengan kejahatan dan kezhaliman. Jika ia telah penuh dengan kejahatan dan kezhaliman, maka Allah akan membangkitkan seorang laki-laki yang namanya sama dengan namaku dan nama bapaknya sama dengan nama bapakku, lalu ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran, sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kejahatan dan kezhaliman. Langit tidak mencegah sedikit pun dari hujannya, dan bumi tidak mencegah sedikit pun dari tumbuhannya. Laki-laki tersebut menetap diantara kamu selama tujuh atau delapan, kalau lebih lama maka sembilan. (Shahih)


5074. Sungguh bumi akan penuh dengan kezhaliman dan permusuhan, kemudian akan keluar seorang laki-laki dari keturunanku hingga ia memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan, sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezhaliman dan permusuhan. (Shahih)


5075. Simpul-simpul Islam akan terurai sesimpul demi sesimpul. Setiap kali satu simpul terurai, maka orang akan berpegang pada simpul yang berikutnya, yang pertama terurai adalah hukum dan yang terakhir adalah shalat. (Shahih)


5078. Sungguh hilangnya dunia lebih ringan di sisi Allah dibandingkan terbunuhnya seorang Mukmin tanpa hak. (Shahih)


5111. Semoga Allah melaknat orang yang mencaci para sahabatku. (Hasan)


5114. Laknat Allah atas orang yang menyuap dan orang yang menerima suap. (Shahih)


5163. Setiap umat ada kelompok Majusinya, dan Majusinya di kalangan umat ini adalah mereka yang mengatakan tidak ada takdir. (Shahih)


5164. Setiap penyakit ada obatnya. Jika penyakit itu diobati dengan obat yang tepat, maka sembuhlah penyakit tersebut dengan izin Allah Ta'ala. (Shahih)


5194. Aku tidak melarang menangis, namun yang aku larang adalah dua suara yang bodoh dan buruk yaitu: suara nyanyian ketika mendatangkan kenikmatan yakni seruling setan dan senda gurau; suara yang keluar saat mendapatkan musibah, mencakar wajah, merobek pakaian, dan tangisan setan. Sesungguhnya tangisan adalah rahmat. (Shahih)


5221. Allah tidak akan mengumpulkan atas umat ini dua pedang: satu pedang darinya, dan satu pedang dari musuhnya. (Shahih)


5224. Setengah hari pun Allah tidak akan melemahkan umat ini. (Shahih)


5225. Tidak akan beruntung suatu kaum yang menyerahkan urusan mereka kepada seorang perempuan. (Shahih)


5240 Seandainya anak Adam lari menghindar dari rezekinya seperti ia lari dari maut, tentu rezeki itu pasti menemuinya sebagaimana maut yang pasti menghampirinya. (Hasan)


5244. Jika kamu mengeluarkan emas sebesar gunung Uhud di jalan Allah, Dia tidak akan menerimanya hingga kamu beriman kepada takdir. Ketahuilah, sesungguhnya apa-apa yang ditakdirkan menimpamu tidak akan meleset darimu dan apa-apa yang ditakdirkan meleset darimu tidak akan menimpamu. Jika kamu mati tidak dengan keyakinan ini, maka kamu masuk ke dalam neraka. (Shahih)


5253. Seandainya kalian tidak berbuat dosa, tentu Allah akan mendatangkan suatu kaum yang berbuat dosa untuk diampuni-Nya. (Shahih)


5254. Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, tentu Dia akan memberimu rezeki seperti burung yang diberi rezeki. Burung tersebut berangkat pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore dalam keadaan kenyang. (Shahih)


5292. Seandainya nilai dunia di sisi Allah sebanding dengan nilai satu sayap nyamuk, Dia tidak akan memberi minum seteguk air pun kepada orang yang kafir. (Shahih)


5374. Berita tidaklah seperti melihat secara langsung. Sesungguhnya Allah telah memberitakan kepada Nabi Musa tentang apa yang diperbuat oleh kaumnya mengenai anak sapi, maka ia tidak membuang papan-papan yang bertuliskan wahyu. Setelah Nabi Musa melihat secara langsung dan jelas apa yang telah mereka perbuat, maka ia membuang papan-papan itu dan papan-papan itu pun pecah. (Shahih)


5382. Tidak termasuk orang yang beriman jika seseorang kenyang sementara tetangganya kelaparan. (Shahih)


5405. Seorang musafir tidak wajib melaksanakan shalat Jumat. (Shahih)


5406. Seorang anak yang terlahir akibat perbuatan zina tidak menanggung sedikit pun dosa kedua orang tuanya. (Hasan)


5410. Tidak ada kesamaan antara sesuatu yang ada di surga dengan yang ada di dunia, kecuali dalam hal penamaan saja. (Shahih)


5454. Sungguh beberapa orang dari umatku akan meminum minuman keras dan mereka menamakannya dengan nama selain minuman keras, mereka diiringi oleh tabuhan alat-alat musik dan penyanyi. Allah akan membuat mereka tertelan bumi dan mengubah sebagian dari mereka menjadi kera dan babi. (Shahih)


5467. Sungguh akan terjadi dalam umat ini penenggelaman dalam bumi, lemparan batu, dan perubahan rupa. Keadaan yang demikian akan terjadi jika mereka telah meminum minuman keras, mendatangkan penyanyi-penyanyi, dan menabuh alat-alat musik. (Shahih)


5470. Menjamu tamu menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Jika seorang menjadi tamu, berarti pemilik rumah memiliki hutang kepada tamu. Tamu boleh menagihnya dan boleh tidak menagihnya. (Shahih)


5472. Lailatul Qadar adalah malam yang tenang, tidak panas dan tidak dingin . . . dan tidak ada lemparan bintang, diantara tanda siangnya adalah matahari terbit dengan sinar yang lembut. (Hasan)


5475. Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, matahari di pagi harinya bersinar merah dan tidak panas. (Shahih)


5495. Orang yang meminta-minta padahal ia tidak dalam keadaan membutuhkan seperti seorang yang memungut bara api. (Shahih)


5498. Permainan ada pada tiga hal: melatih kudamu, memanah dengan busurmu, bercanda dengan istrimu. (Shahih)


5502. Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja sesuai dengan niat orang yang meminumnya. (Shahih)


5505. Tidak termasuk beriman kepadaku orang yang tidur dalam keadaan kenyang sementara tetangganya lapar, padahal ia mengetahuinya. (Shahih)


5518. Tidaklah ada seorang yang memperbanyak riba melainkan akibat akhir urusannya adalah kekurangan. (Shahih)


5611. Apa yang tidak berkenan di hatimu, maka tinggalkanlah. (Shahih)


5620. Dua serigala yang dalam keadaan lapar dilepas di tengah-tengah kawanan domba tidak lebih merusak dibandingkan dengan keserakahan seseorang pada harta dan kemuliaan agamanya. (Shahih)


5633. Tidaklah suatu kaum tersesat setelah mereka berada di atas petunjuk, kecuali karena sebab perdebatan. (Hasan)


5653. Sesuatu yang sedikit tetapi mencukupi lebih baik dibandingkan dengan sesuatu yang banyak tetapi membuat lalai. (Shahih)


5701. Hendaknya kalian semua melakukan shalat secara berjamaah, sebab serigala hanya akan memakan kambing domba yang menyendiri dari kelompoknya. (Hasan)


5735. Tidaklah seorang hamba Mukmin melainkan ia memiliki dosa yang ia ulangi setelah ia pernah melakukannya pada masa yang lalu atau dosa yang terus ia kerjakan dan tidak berhenti hingga ia meninggal dunia. Sesungguhnya seorang Mukmin diciptakan berbuat salah, bertaubat, lupa, apabila diingatkan maka ia menjadi ingat. (Shahih)


5768. Tidaklah seorang Muslim menanam sebuah pohon melainkan apa yang dimakan darinya dianggap sedekah, apa yang dicuri darinya dianggap sedekah, apa yang dimakan oleh hewan dianggap sedekah, apa yang dimakan oleh burung dianggap sedekah, dan apa yang diambil oleh seseorang juga dianggap sedekah. (Shahih)


5773. Tidaklah seorang Muslim meninggal dunia pada hari atau malam Jumat melainkan Allah akan membebaskannya dari fitnah kubur. (Hasan)


5777. Tidaklah seorang Muslim bertemu lalu berjabat tangan, melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah. (Hasan)


5800. "Tidak seorang pun diantara kalian melainkan diiringi oleh satu makhluk dari golongan jin dan satu makhluk lagi dari golongan malaikat". Kemudian para sahabat bertanya, "Bagaimana dengan engkau?". Beliau menjawab, "Demikian juga aku, namun Allah telah membantuku dan pengiringku dari golongan jin telah masuk Islam dan ia tidak memerintahkan kepadaku kecuali kebaikan". (Shahih)


5831. Perumpamaan orang yang berilmu yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain dan melupakan dirinya sendiri seperti pelita yang menerangi manusia, namun pelita tersebut membakar dirinya sendiri. (Shahih)


5841. Perumpamaan seorang yang beriman seperti batang tanaman yang lunak, terkadang condong karena ditiup angin dan terkadang tegak. Perumpamaan orang yang munafik seperti pohon Arzah yang terus tegak hingga suatu saat ia roboh seketika. (Shahih)


5846. Perumpamaan orang yang beriman seperti seekor lebah. Jika makan, ia pasti memakan makanan yang baik dan jika mengeluarkan sesuatu, ia pasti mengeluarkan yang baik. Jika hinggap di kayu yang rapuh, ia tidak akan mematahkannya. Perumpamaan orang yang beriman seperti lempengan emas. Jika kamu membakarnya maka ia menjadi merah, dan jika kamu menimbangnya ia tidak akan berkurang. (Hasan)


5853. Perumpamaan orang yang munafik seperti seekor domba yang bingung yang berada diantara dua kelompok kambing. Terkadang ia bergabung dengan satu kelompok kambing, namun terkadang ia bergabung dengan kelompok kambing yang lain. Ia tidak tahu, kelompok mana yang harus ia ikuti. (Shahih)


5859. Permisalan aku dan permisalan kalian seperti permisalan seorang laki-laki yang menyalakan api, lalu serangga berjatuhan di dalamnya padahal orang tersebut telah berusaha menghalaunya. Aku memegangi ujung kain kalian agar kalian tidak masuk ke dalam api, namun kalian justru melepaskan tanganku. (Shahih)


5861. Orang yang selalu meminum minuman keras seperti orang yang menyembah berhala. (Shahih)


5868. Perintahkanlah anak-anak kalian mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun. Dan kalian boleh memukulnya saat usia mereka sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka. (Hasan)


5881. Tempat pertarungan kematian adalah pada usia antara enam puluh hingga tujuh puluh tahun. (Hasan)


5896. Diantara tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah seseorang masuk ke dalam masjid tidak melakukan shalat sunnah dua rakaat, seseorang tidak memberi salam kecuali kepada orang yang ia kenal. (Shahih)


5897. Diantara amal shalih yang paling utama adalah memberikan kegembiraan ke dalam hati orang-orang yang beriman, membantu pembayaran hutang, memenuhi kebutuhan orang lain, dan menghilangkan kesusahan. (Shahih)


5898. Diantara tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah membesarnya bentuk bulan pada tanggal pertama. (Shahih)


5899. Diantara tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah bulan di tanggal pertama terlihat seperti pada malam kedua dan masjid-masjid dijadikan jalan serta munculnya kematian secara mendadak. (Hasan)


5911. Diantara bagusnya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. (Shahih)


5921. Apabila seseorang diberikan oleh Allah harta ini tanpa memintanya, hendaknya ia menerimanya. Sebab hal yang demikian pada hakikatnya adalah rezeki yang diberikan Allah kepadanya. (Shahih)


5965. Barangsiapa mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan tidak memberi karena Allah, berarti telah sempurnalah imannya. (Shahih)


5974. Barangsiapa menghidupkan tanah mati, maka baginya pahala di dalamnya, dan setiap yang dimakan, maka itu adalah sedekah baginya. (Shahih)


6010. Barangsiapa melakukan sesuatu untuk mendapatkan keridhaan manusia dengan menimbulkan kemarahan Allah maka urusannya akan diserahkan kepada manusia. Dan barangsiapa berbuat sesuatu yang menimbulkan kemarahan manusia dengan menimbulkan keridhaan Allah maka Allah akan menjaganya dari kekejaman manusia. (Shahih)


6015. Barangsiapa memiliki kesempatan untuk meninggal dunia di Madinah, hendaknya ia meninggal dunia di negeri tersebut. Sesungguhnya aku akan memberikan syafaat kepada mereka yang meninggal dunia di Madinah. (Shahih)


6019. Barangsiapa diantara kalian dapat memberikan manfaat bagi saudaranya, hendaknya ia melakukannya. (Shahih)


6029. Barangsiapa dititipkan barang, maka ia tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. (Hasan)


6073. Barangsiapa tinggal bersama orang-orang Musyrik, maka sungguh telah lepas jaminan darinya. (Shahih)


6080. Barangsiapa memberikan pinjaman perak sebanyak dua kali, nilainya sama dengan sedekah satu kali. (Shahih)