Jumat, 14 Maret 2014

Sahih Jami'us Shaghir 4

Oleh : Muhammad Nashiruddin Al-Albani
 
6111. Barangsiapa merendahkan penguasa Allah di bumi, maka Allah akan merendahkannya. (Hasan)

6113. Barangsiapa tidur di atas rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya. (Shahih)

6116. Barangsiapa melakukan jual-beli dua kali dalam satu akad, maka ia boleh mengambil harga terendah, kalau tidak maka ia terjatuh ke dalam riba. (Hasan)

6125. Barangsiapa yang mengganti agamanya, maka bunuhlah ia. (Shahih)

6132. Barangsiapa bertaubat kepada Allah sebelum nyawanya sampai di tenggorokan, maka Allah menerima taubatnya. (Shahih)

6133. Barangsiapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari arah barat, maka Allah menerima taubatnya. (Shahih)

6142. Barangsiapa meninggalkan kemahirannya dalam memanah karena tidak suka, berarti ia telah mengingkari satu nikmat yang diberikan Allah. (Shahih)

6148. Barangsiapa menikah, berarti sempurnalah setengah agamanya, dan hendaknya ia bertakwa kepada Allah dalam menuntaskan setengahnya lagi. (Hasan)

6149. Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia menjadi bagian dari mereka. (Shahih)

6153. Barangsiapa yang memberikan pengobatan, padahal ia tidak mengerti seluk beluk pengobatan, maka ia bertanggung jawab atas apa yang terjadi. (Hasan)

6158. Barangsiapa menuntut ilmu dengan tujuan menyaingi ulama, untuk bersikap sombong terhadap orang-orang yang bodoh atau untuk mendapatkan pengaruh di hati manusia, maka Allah akan memasukannya ke dalam neraka jahanam. (Shahih)

6159. Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya ditujukan untuk mengharap keridhaan Allah, kemudian ia memiliki tujuan lain yaitu untuk mendapatkan sesuatu dari dunia, maka di hari kiamat ia tidak akan mendapatkan aroma surga. (Shahih)

6160. Barangsiapa meludah ke arah kiblat, maka di hari kiamat kelak air ludahnya akan berada di antara kedua matanya. (Shahih)

6163. Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian ia mendatangi masjid dan mendapati salat berjamaah telah selesai, maka ia tetap mendapatkan pahala salat berjamaah dan pahala mereka yang salat berjamaah tidak berkurang sedikit pun. (Shahih)

6186. Barangsiapa berkumpul bersama orang Musyrik dan tinggal bersamanya, maka ia semisal dengannya. (Hasan)

6190. Barangsiapa yang dijadikan sebagai hakim di antara manusia, berarti ia sama dengan disembelih tanpa menggunakan pisau. (Shahih)

6196. Barangsiapa yang meninggal dunia dan memiliki hutang, maka pembayarannya bukan dengan dinar maupun dirham, namun dengan amal kebaikan dan keburukan. (Shahih)

6222. Ingatlah, sesungguhnya dagangan Allah sangat mahal, ingatlah dagangan Allah adalah surga. (Shahih)

6227. Barangsiapa membelot dan keluar dari jamaah, kemudian meninggal dunia, maka ia meninggal dunia secara jahiliyah. Barangsiapa bertempur di bawah fanatisme kesukuan atau fanatisme golongan atau mengajak kepada fanatisme golongan atau ia membela perjuangan fanatisme golongan, kemudian ia meninggal dunia, maka ia meninggal dunia secara jahiliyah. Barangsiapa menyerang umatku tanpa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat dan mana yang beriman, serta tidak memenuhi janji yang telah dibuatnya, maka ia bukan golonganku. (Shahih) 

6232. Barangsiapa yang memasuki kebun, ia boleh memakan buahnya dan jangan ia ambil kemudian dimasukan ke dalam bajunya. (Hasan)

6261. Barangsiapa memilki cinta kasih, meskipun kepada burung kecil yang akan disembelih, maka di hari kiamat Allah akan memberinya cinta kasih. (Hasan)

6265. Barangsiapa mengangkat sebuah batu dari jalan -yang mengganggu perjalanan saudaranya-, dituliskan satu kebaikan untuknya. Dan barangsiapa memiliki kebaikan, ia akan masuk ke dalam surga. (Hasan)

6273. Barangsiapa yang menanam tanaman, kemudian sebagiannya dimakan burung atau hewan lain, maka baginya pahala sedekah. (Shahih)

6282. Barangsiapa meminta-minta padahal ia memiliki harta sebanyak empat puluh dirham, berarti ia meminta-minta dengan cara paksa. (Shahih)

6285. Barangsiapa mencela sahabat-sahabatku, ia akan mendapatkan laknat Allah, para malaikat, dan seluruh manusia. (Hasan)

6288. Barangsiapa ingin merasakan manisnya iman, hendaknya ia tidak mencintai seseorang kecuali karena Allah. (Hasan)

6290. Barangsiapa ingin doanya dikabulkan Allah ketika berada pada keadaan susah dan sedih, hendaknya ia memperbanyak doa saat dalam keadaan senang. (Hasan)

6294. Barangsiapa dibuat gembira oleh perbuatan baiknya dan dibuat sedih oleh perbuatan buruknya, berarti ia adalah Mukmin. (Shahih)

6301. Barangsiapa mendengar berita kedatangan Dajjal, hendaknya ia menghindarinya. Demi Allah, seseorang laki-laki akan mendatangi Dajjal dan menduga ia termasuk beriman kemudian ia mengikuti syubhat yang dibawa olehnya. (Shahih)

6309. Barangsiapa meminum minuman keras maka cambuklah. Apabila ia mengulangi untuk kedua kali maka cambuklah. Apabila ia mengulangi untuk ketiga kali maka cambuklah. Apabila ia mengulangi untuk keempat kali maka bunuhlah ia. (Shahih)

6316. Barangsiapa memberikan pertolongan untuk seseorang, kemudian ia diberikan hadiah karena hal itu dan ia menerimanya, berarti ia telah mendatangi salah satu pintu riba yang paling berbahaya. (Hasan)

6372. Barangsiapa membahayakan orang lain, maka Allah akan menimpakan bahaya kepadanya, dan barangsiapa menyengsarakan orang lain, maka Allah akan menimpakan kesengsaraan kepadanya. (Hasan)


6394. Barangsiapa mengalungkan jimat, berarti ia telah berbuat syirik kepada Allah. (Shahih)


6397. Barangsiapa diantara umatku usianya mencapai tujuh puluh tahun, berarti Allah telah memberikan kelonggaran atasnya dengan umurnya itu. (Shahih)


6400. Barangsiapa menanam satu pohon, tidaklah satu pun yang memakannya, baik manusia maupun makhluk yang lain diantara makhluk-makhluk Allah, melainkan yang demikian dijadikan sedekah untuknya. (Shahih)


6408. Barangsiapa menipu kami, ia bukan dari golongan kami. Orang yang berbuat makar dan menipu akan berada di neraka. (Shahih)


6411. Barangsiapa yang ruhnya berpisah dari jasad dalam keadaan terlepas dari tiga hal, ia pasti masuk ke dalam surga, yaitu sombong, hutang, dan berlebih-lebihan. (Shahih)


6448. Barangsiapa membunuh seorang Ahlu Dzimmah, ia tidak akan mendapatkan aroma surga, padahal aroma surga dapat tercium dari jarak perjalanan tujuh puluh tahun. (Shahih)


6456. Barangsiapa membunuh seorang yang telah ada perjanjian damai antara dirinya dengan kaum Muslimin tanpa hak, maka Allah mengharamkan surga atasnya. (Shahih)


6484. Barangsiapa berlaku mempermudah dan lembut, maka Allah mengharamkan neraka atasnya. (Shahih)


6510. Barangsiapa menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan menjadikan kekayaan berada dalam hatinya, Allah peduli dengan keperluannya dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan tunduk. Barangsiapa menjadikan dunia sebagai tujuannya, maka Allah akan menjadikan kefakiran berada diantara kedua matanya dan Dia mencerai-beraikan urusannya dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali sebatas apa yang telah ditakdirkan untuknya. (Shahih)


6511. Barangsiapa yang pernah berbuat kezhaliman terhadap saudaranya, baik dalam hal kehormatan atau harta, hendaknya ia meminta dihalalkan hari ini, sebelum ditegakannya keadilan, di hari dimana emas dan perak tidak bermanfaat. Jika ia memiliki amal shalih, maka amal shalih tersebut akan diambil sesuai dengan kadar kezhalimannya dan diberikan kepada orang yang pernah dizhaliminya. Jika ia tidak memiliki amal shalih, maka keburukan orang yang dizhalimi akan diberikan kepadanya. (Shahih)


6541. Barangsiapa tidak berterima kasih kepada manusia, berarti tidak bersyukur kepada Allah. (Shahih)


6546. Barangsiapa meninggal dunia dan ia memiliki hutang sebanyak satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dibayar dengan kebaikannya, yaitu hari dimana dinar dan dirham tidak memberikan manfaat. (Shahih)


6566. Barangsiapa mendapat kesempitan hidup kemudian ia mengadukannya kepada manusia, maka kebutuhannya tidak akan terpenuhi. Dan barangsiapa yang mendapat kesempitan hidup, kemudian ia mengadukannya kepada Allah, maka Dia pasti akan menolongnya, dalam waktu dekat atau setelahnya. (Shahih)


6574. Barangsiapa menolong saudaranya tanpa pengetahuan orang tersebut, maka Allah akan menolongnya di dunia dan di akhirat. (Hasan)


6577. Allah akan menolong seorang hamba selama ia menolong saudaranya. (Shahih)


6595. Barangsiapa menduduki jabatan yang tugasnya mengurus kaum Muslimin, kemudian ia tidak memenuhi kebutuhan mereka, kefakiran mereka dan ketidakmampuan mereka, maka Allah tidak peduli dengan kebutuhan, ketidakmampuan dan kefakirannya pada hari kiamat. (Shahih)


6599. Barangsiapa tidak mengasihi, maka ia tidak dikasihi. Dan barangsiapa tidak memaafkan, maka ia tidak dimaafkan. (Shahih)


6614. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang sedang kesulitan, maka Allah akan memberikannnya kemudahan di dunia dan di akhirat. (Shahih)


6664. Orang beriman adalah pencemburu dan Allah lebih cemburu. (Shahih)


6665. Orang beriman meninggal dunia dengan iringan keringat di dahi. (Shahih)


6676. Orang yang berpegang teguh kepada sunnahku ketika terjadi perbedaan diantara umatku seperti seorang yang memegang bara api. (Hasan)


6694. Berdoa yaitu dengan mengangkat tanganmu sejajar dengan kedua bahumu atau serupa dengan keduanya dan memohon ampun yaitu engkau memberikan isyarat dengan satu jarimu dan ibtihal yaitu dengan membentangkan seluruh tanganmu. (Shahih)


6695. Meminta-minta adalah seperti orang yang melukai wajahnya sendiri. Terserah padanya akan berlaku demikian atau mengurungkannya, kecuali jika seorang meminta kepada penguasa atau dalam urusan dimana ia tidak mendapat jalan keluar. (Shahih)


6712. Orang yang beriman tidak dihukum bunuh jika ia membunuh orang kafir, demikian juga orang yang memiliki perjanjian damai dengan kaum Muslimin. (Hasan)


6713. Kaum Muslimin berserikat dalam tiga hal: dalam hal padang rumput, air, dan api. (Shahih)


6729. Kekuasaan berada di tangan Quraisy, pengadilan berada di tangan kaum Anshar, adzan berada di tangan Habasyah, dan amanah berada di tangan Al-Azd. (Shahih)


6734. Al-Mahdi adalah seseorang yang berasal dari keturunanku dari jalur Fathimah. (Shahih)


6736. Kekuasaan Al-Mahdi berlangsung selama tujuh tahun. (Hasan)


6797. Ruh-ruh itu seperti tentara yang berhimpun. Apabila mereka saling mengenal, maka akan saling bersatu, dan apabila saling berbeda maka akan tercerai-berai. (Shahih)


6803. Perasaan menyesal adalah taubat, dan orang yang bertaubat dari suatu dosa seperti orang yang tidak berdosa. (Hasan)


6843. Rasulullah melarang menuliskan sesuatu di kuburan. (Shahih)


6848. Rasulullah melarang seorang laki-laki mengenakan sendal sambil berdiri. (Shahih)


6849. Rasulullah melarang minum dari tempat minum yang retak atau dari bagian telinganya. (Shahih)


6853. Rasulullah melarang memakan bawang merah, daun kucai, dan bawang putih. (Shahih)


6859. Rasulullah melarang memakan setiap hewan buas yang memiliki taring dan setiap burung yang berkuku tajam. (Shahih)


6931. Rasulullah melarang menjual emas dengan perak dengan cara tidak tunai. (Shahih)


6943. Rasulullah melarang dua jual beli dalam satu transaksi. (Shahih)


6952. Rasulullah melarang melakukan eksekusi hukuman had di masjid. (Shahih)


6959. Rasulullah melarang menjual dengan sistem pinjam sekaligus jual, melarang dua syarat dalam satu jual beli, melarang menjual sesuatu yang tidak ada padamu, dan melarang keuntungan dari sesuatu yang tidak kamu jamin. (Shahih)


6968. Rasulullah melarang membunuh empat jenis hewan: semut, lebah, burung hud-hud, dan burung shurad. (Shahih)


6986. Kami memperbanyak makanan kami dengan labu ini. (Shahih)


7021. Hadiah untuk para pekerja adalah khianat. (Shahih)


7035. Bukankah kalian ditolong dan diberi rezeki dengan sebab orang-orang yang lemah diantara kalian? (Shahih)


7054. Hadiah kepada penguasa adalah khianat. (Shahih)


7110. Beberapa keadaan umatku dimaklumi: keliru, lupa, dan melakukan sesuatu karena dipaksa. (Shahih)


7111. Tuhanku telah menjanjikan kepadaku untuk memasukan tujuh puluh ribu dari umatku ke dalam surga tanpa hisab dan tanpa adzab, dan setiap seribu disertai tujuh puluh ribu, dan tiga genggaman dari genggaman-Nya. (Shahih)


7119. Anak yang dimiliki oleh seseorang adalah termasuk hasil usahanya, dari sebagian usaha baiknya, maka makanlah sebagian dari harta mereka. (Shahih)


7129. Kasihan Ammar, ia akan dibunuh oleh kelompok orang yang memberontak. Ia mengajak mereka menuju surga, namun mereka mengajaknya menuju neraka. (Shahih)


7136. Celakalah orang yang berbicara namun berdusta dengan tujuan agar menjadi lelucon untuk ditertawakan oleh suatu kaum, celakalah ia, celakalah ia. (Hasan)


7144. Yang berpergian sendirian adalah setan, yang berpergian berdua adalah setan, dan yang berpergian bertiga adalah rombongan. (Shahih)


7148. Shalat witir adalah satu rakaat yang dikerjakan di akhir malam. (Shahih)


7150. Timbangan adalah timbangan penduduk Mekah, dan takaran adalah takaran penduduk Madinah. (Shahih)


7154. Wudhu hendaknya dilakukan setelah memakan makanan yang disentuh api. (Shahih)


7160. Anak adalah buah hati dan sesungguhnya ia adalah penyebab timbulnya rasa takut, pembuat kikir, dan pembuat rasa sedih. (Shahih)


7172. Janganlah sampai aku menemukan salah seorang diantara kalian bersandar di sofanya kemudian datang kepadanya perkara yang berkenaan denganku, tentang apa yang aku perintahkan dan apa yang aku larang, kemudian ia berkata: saya tidak tahu, apa yang kami temukan dalam Kitab Allah itulah yang kami ikuti. (Shahih)


7177. Aku tidak menyentuh tangan perempuan. (Shahih)


7181. Tidak mengapa menukar hewan, dua ekor ditukar dengan satu ekor dengan pertukaran yang bersifat tunai. (Shahih)


7182. Tidak mengapa menjadi orang kaya yang bertakwa, namun keadaan sehat bagi orang yang bertakwa lebih baik dibandingkan dengan kaya. Dan baik hati termasuk salah satu kenikmatan. (Shahih)


7183. Tidak mengapa menukar gandum dengan jewawut, dua ditukar dengan satu asalkan dengan cara tunai. (Shahih)


7198. Janganlah menjual seungguk makanan dengan seungguk makanan tanpa ditakar dan jangan menukar seungguk makanan yang tidak ditakar dengan makanan lain yang besarannya telah ditakar. (Shahih)


7203. Janganlah kalian menjual emas dengan emas kecuali dengan kadar yang sama, tidak ada penambahan, dan tidak ada penundaan penyerahan barang dari salah satu pihak yang bertransaksi. (Shahih)


7206. Janganlah kamu menjual barang yang tidak ada di sisimu. (Shahih)


7210. Janganlah kalian menukar emas dengan emas kecuali dengan ukuran yang sama, demikian pula jangan kalian menjual perak dengan perak kecuali dengan ukuran yang sama. Tukarlah emas dengan perak dan tukarlah perak dengan emas sesuai dengan yang kalian inginkan. (Shahih)


7211. Dan janganlah kalian menukar barang yang tidak ada dengan barang yang ada. (Shahih)


7230. Tidak akan berkumpul dusta dengan rasa lapar. (Hasan)


7264. Janganlah kamu tinggalkan patung kecuali telah kamu hancurkan dan jangan kamu tinggalkan kuburan yang tinggi kecuali telah kamu ratakan. (Shahih)


7271. Janganlah kalian menceritakan orang yang sudah mati kecuali dengan cerita yang baik. (Shahih)


7334. Janganlah kalian meminum minuman keras, sebab ia adalah induk dari segala keburukan. (Shahih)


7341. Janganlah kamu bersahabat kecuali dengan orang yang beriman dan jangan ada yang memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa. (Shahih)


7372. Setelah ini hingga hari kiamat, kota Mekah tidak akan diperangi. (Shahih)


7381. Janganlah kamu melaksanakan eksekusi hukuman hudud di masjid. Orang tua tidak dibunuh apabila ia membunuh anaknya. (Hasan)


7390. Janganlah kalian membunuh katak. (Shahih)


7397. Janganlah melaksanakan hukuman potong tangan ketika sedang dalam perjalanan. (Shahih)


7399. Janganlah memotong tangan pencuri kecuali jika ia mencuri seharga seperempat dinar atau lebih. (Shahih)


7401. Janganlah kalian berkata: "Binasalah setan", sebab jika berkata demikian, maka setan tersebut akan membesar hingga menjadi sebesar rumah dan ia berkata: "Dengan kekuatanku". Akan tetapi ucapkanlah: "Dengan nama Allah", sesungguhnya jika kamu mengatakan demikian, ia akan menjadi kecil hingga menjadi sebesar lalat. (Shahih)


7429. Hari kiamat tidak akan terjadi hingga harta menjadi banyak dan berlimpah, hingga seorang laki-laki keluar untuk mengeluarkan zakat hartanya, namun ia tidak menemukan seorang pun yang mau menerimanya, hingga tanah Arab kembali subur dengan padang rumput dan sungai-sungai. (Shahih)


7435. Janganlah kamu banyak tertawa, sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati. (Shahih)


7438. Janganlah kalian menyewakan tanah. (Shahih)


7440. Janganlah kamu membuka pahamu dan janganlah kamu melihat paha orang yang hidup atau yang sudah meninggal. (Shahih)


7447. Janganlah kamu melaknat angin, sesungguhnya ia hanya menuruti perintah. Sesungguhnya barangsiapa melaknat sesuatu, padahal sesuatu tersebut tidak layak menerima laknat, maka laknat tersebut akan kembali kepada yang melaknat. (Shahih)


7469. Hijrah tidak akan terhenti hingga terhentinya taubat dan taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari arah barat. (Shahih)


7475. Janganlah kalian habiskan, karena hal itu lebih bagus bagi perempuan dan lebih disukai oleh suami. (Shahih)


7513. Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah. (Shahih)


7515. Tidak ada shalat bagi orang yang tidak memiliki wudhu dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah dalam wudhunya. (Shahih)


7530. Tidak ada adwa, tidak ada thiyarah, tidak ada haamah, dan tidak ada Shafar. Larilah dari orang yang berpenyakit kusta seperti kamu lari dari singa. (Shahih)


7556. Tidak ada pernikahan kecuali dengan wali, dan pemerintah adalah wali bagi mereka yang tidak memiliki wali. (Shahih)


7557. Tidak ada pernikahan kecuali dengan disertai wali dan dua orang saksi yang adil. (Shahih)


7603. Janganlah orang kota menjual barang kepada orang desa, biarkanlah sebagian orang diberi rezeki dari sebagian yang lain. (Shahih)


7607. Janganlah pihak yang melakukan transaksi jual beli berpisah kecuali dalam keadaan sama-sama ridha. (Hasan)


7612. Sungguh tidak bertambah usia seorang Mukmin kecuali bertambah juga kebaikannya. (Shahih)


7631. Tidaklah melakukan penimbunan barang kecuali ia telah berbuat kesalahan. (Shahih)


7687. Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa, dan tidak ada yang memperpanjang usia kecuali perbuatan baik. (Hasan)


7733. Sesuatu tidak menular kepada yang lain. Jika demikian, siapa yang menulari yang pertama? Tidak ada adwa dan tidak ada Shafar. Allah menciptakan setiap jiwa dan Dia menetapkan hidupnya, rezekinya, dan musibahnya. (Shahih)


7739. Tidak bermanfaat sikap kehati-hatian terhadap takdir, [Dan doa bermanfaat bagi ketentuan yang telah terjadi dan yang belum terjadi. Sesungguhnya musibah akan turun, kemudian ia bertemu dengan doa dan keduanya saling mengalahkan hingga hari kiamat]. (Hasan)


7751. Orang Muslim tidak dihukum bunuh apabila ia membunuh orang Kafir, demikian pula apabila yang membunuhnya adalah orang yang terikat perjanjian damai dengan kaum Muslimin. (Hasan)


7788. Tidaklah seorang Muslim meninggal dunia, kecuali Allah gantikan tempatnya di neraka dengan orang Yahudi atau Nasrani. (Shahih)


7816. Wahai Abu Dzar, apakah kamu menyangka bahwa orang kaya itu adalah orang yang banyak hartanya? Sesungguhnya kekayaan yang sebenarnya adalah kaya hati dan kefakiran yang sebenarnya adalah kefakiran hati. Barangsiapa yang hatinya kaya, maka keadaan keduniaannya tidak akan memudharatkan dirinya. Barangsiapa yang miskin hatinya, maka seluruh kekayaan dunia tidak akan membuatnya merasa cukup. Adapun yang mencelakakan justru sifat bakhilnya. (Shahih)


7877. Wahai manusia, aku tinggalkan untuk kalian sesuatu yang jika kalian berpegang teguh kepadanya, kalian tidak akan tersesat: Kitab Allah dan Itrahku, Ahlu Baitku. (Shahih)


7884. Wahai manusia, hendaknya kalian bersikap tenang, sesungguhnya kebaikan bukanlah dengan memacu kuda dan unta. (Shahih)


7893. Wahai Bilal, bangun dan kumandangkanlah adzan, tidak akan masuk surga kecuali orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguatkan agama ini dengan orang-orang yang berbuat kejahatan. (Shahih)


7951. Wahai Ali, tidakah kamu ridha dengan posisimu di sisiku seperti posisi Harun di sisi Musa? Hanya saja, tidak ada nabi setelahku. (Shahih)


7965. Wahai Qubaidhah, sesungguhnya meminta-minta tidak diperbolehkan kecuali dalam tiga hal: Orang yang memikul beban diluar kemampuannya. Dalam kondisi demikian, ia boleh meminta. Orang yang terkena musibah hingga hartanya habis. Dalam kondisi demikian, ia boleh meminta hingga kebutuhan pokoknya terpenuhi. Orang miskin hingga ada tiga orang di kampungnya menyatakan bahwa orang tersebut miskin. Dalam kondisi demikian, ia boleh meminta sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Wahal Qubaidhah, selain tiga kondisi tersebut, meminta-minta hukumnya haram dan apa yang dimakannya juga haram. (Shahih)


7978. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan sukatan kecuali mereka akan ditimpa dengan kekeringan dan tingginya harga dan buruknya perlakuan pemerintah terhadap mereka. (Shahih)


7984. Janganlah kalian membicarakan keburukan kaum Muslimin, jangan pula membuka aib mereka. Sesungguhnya barangsiapa yang membuka aib saudaranya yang Muslim, maka Allah akan membuka aibnya. Barangsiapa yang Allah buka aibnya, maka aib tersebut akan terbuka meskipun ia berada di dalam rumahnya. (Shahih)


8037. Allah mencintai seorang pekerja yang jika melaksanakannya ia mengerjakannya dengan baik. (Hasan)


8066. Allah memiliki rezeki yang tidak terhingga dan tidak berkurang meski diberikan kepada makhluk siang dan malam. Tidaklah kalian perhatikan apa yang telah diberikan sejak diciptakannya langit dan bumi. Sesungguhnya hal yang demikian itu tidak sedikitpun mengurangi rezeki yang Dia miliki di tangan-Nya. Arsy-Nya ada di atas air, di tangan-Nya ada mizan yang dapat dinaikan dan diturunkan. (Shahih)


8077. Islam akan hilang seperti hilangnya lukisan pada baju hingga akhirnya tidak ada lagi orang yang tahu apa itu puasa, apa itu shalat, apa itu sedekah. Kemudian Al-Quran akan diangkat pada waktu malam hingga tidak ada satu pun ayat yang tersisa. Dan yang tersisa dari penduduk bumi adalah orang-orang tua yang berkata, "Kami mendapati orang tua-orang tua kami mengucapkan kalimat ini, mereka berkata, 'Laa ilaha illallah', maka kami pun mengucapkannya". (Shahih)


8190. Hari Jumat terdiri dari dua belas jam. Diantaranya ada satu jam, jika seorang Muslim memohon sesuatu kepada Allah dan permohonannya bertepatan dengan waktu tersebut, maka Allah akan mengabulkan permohonannya. Temuilah waktu tersebut di akhir-akhir waktu setelah Ashar. (Shahih)


8197. Tangan di atas lebih utama dibandingkan dengan tangan di bawah. Tangan di atas adalah tangan orang yang memberi dan tangan di bawah adalah tangan orang yang meminta. (Shahih).


8202. Yahudi adalah orang-orang yang dimurkai dan Nasrani adalah orang-orang yang sesat. (Shahih)