Sabtu, 22 Maret 2014

Sahih Jami'us Shaghir 3

Oleh : Muhammad Nashiruddin Al-Albani
 
3754. Pagi hari Lailatul Qadar, matahari terbit tanpa pancaran sinar bagaikan sebuah bejana yang terbuat dari emas hingga ia naik meninggi. (Shahih)

3765. Tanah pilihan Allah adalah Syam, di dalamnya terdapat pilihan-Nya dari makhluk ciptaan dan hamba-Nya. Dan sungguh sekelompok dari umatku akan masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. (Shahih)

3769. Sambungkanlah silaturahim dengan orang yang memutuskanmu, berbuat baiklah kepada orang yang berlaku buruk kepadamu dan katakanlah yang benar walau kepada dirimu sendiri. (Shahih)

3776. Kerjakan shalat seakan-akan shalat yang kamu lakukan adalah shalat terakhir, seakan-akan kamu melihat Allah. Jika kamu tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu. Janganlah mengharapkan apa yang ada di tangan orang lain, niscaya kamu akan menjadi orang kaya. Dan jauhilah apa-apa yang dicarikan alasannya. (Hasan)


3788. Shalatlah di kandang kambing dan janganlah kalian shalat di kandang unta, sebab ia diciptakan dari setan. (Shahih)


3790. Shalatlah dengan menggunakan sendal kalian dan jangan menyerupai orang-orang Yahudi. (Shahih)


3795. Berbuat kebaikan akan menghindarkan seseorang dari akhir yang buruk, dari penyakit-penyakit, dan kehancuran. Sesungguhnya orang yang selalu berbuat baik di dunia adalah ahli kebaikan kelak di akhirat. (Shahih)


3801. Ada dua suara yang dilaknat di dunia dan di akhirat: suara terompet dalam kegembiraan dan suara ratapan ketika terkena musibah. (Hasan)


3830. Shalat malam adalah dua rakaat-dua rakaat, dan shalat witir adalah satu rakaat di akhir malam. (Shahih)


3831. Shalat malam dan siang adalah dua rakaat-dua rakaat. (Shahih)


3845. Kebaikan permulaan umat ini adalah dengan sikap zuhud dan yakin, sedangkan generasi akhir dari umat ini rusak karena sikap kikir dan panjang angan-angan. (Hasan)


3846. Jeritan anak yang terlahir ketika keluar dari rahim ibunya adalah tusukan yang berasal dari setan. (Shahih)


3887. Allah telah memberikan perumpamaan tentang jalan yang lurus. Jalan tersebut di kedua sisinya ada pagar dan di kedua pagar tersebut ada pintu-pintu dalam keadaan terbuka dan setiap pintu tersebut tertutup tirai, kemudian di atas pintu jalan ada sosok yang menjadi penyeru, "Wahai manusia, masuklah kalian ke jalan ini dan janganlah kalian menyimpang". Kemudian di atas jalan tersebut ada sosok yang menjadi penyeru. Jika ada seseorang yang ingin membuka salah satu dari pintu yang tertutup tirai tersebut, ia berkata, "Awas, jangan kalian membukanya, sebab jika kalian membukanya, maka kalian akan memasukinya". Jalan itu adalah Islam, dan dua pagar tersebut adalah batas-batas yang diberikan Allah, pintu-pintu yang terbuka adalah hal-hal yang diharamkan Allah, penyeru di ujung jalan adalah Kitab Allah dan penyeru di atas jalan adalah pengingat dari Allah yang ada di hati setiap Muslim. (Shahih)


3907. Mentaati pemimpin adalah kewajiban bagi setiap Muslim selama tidak memerintahkan berbuat maksiat kepada Allah. Jika pemimpin memerintahkan berbuat maksiat, maka tidak ada kewajiban taat padanya dalam hal yang demikian. (Hasan)


3913. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim. (Shahih)


3920. Berbahagialah penduduk Syam, sebab malaikat Rahman membentangkan sayapnya di atasnya. (Shahih)


3921. Berbahagialah orang-orang asing yaitu orang-orang shalih yang hidup diantara orang-orang jahat. Yang menentang mereka lebih banyak dibandingkan yang mentaati mereka. (Shahih)


3922. Berbahagialah orang-orang yang melihatku dan beriman kepadaku, dan berbahagialah orang yang tidak bertemu denganku namun ia beriman kepadaku. (Shahih)


3931. Berbahagialah orang yang diberi petunjuk masuk Islam, sedangkan kehidupannya berkecukupan dan ia merasa cukup. (Shahih)


3935. Bersihkanlah halaman rumah kalian, sebab orang-orang Yahudi tidak membersihkan halaman rumahnya. (Hasan)


3959. Burung terbang sesuai dengan takdir Allah. (Hasan)


3966. Allah memusuhi orang yang memusuhi Ali. (Shahih)


3970. Kebanyakan penghuni neraka adalah kaum perempuan. (Shahih)


4012. Ada dua golongan dari umatku yang dijaga oleh Allah dari neraka yaitu sekelompok mereka yang memerangi India dan sekelompok mereka yang berperang bersama Isa putera Mariam. (Shahih)


4014. Pusat negeri Islam adalah di Syam. (Hasan)


4015. Denda membunuh Ahlu Dzimmah adalah setengah dari denda membunuh kaum Muslimin. (Hasan)


4017. Hukuman umat ini adalah dengan pedang. (Shahih)


4026. Ajarkanlah shalat kepada anak-anak kalian ketika usia mereka mencapai tujuh tahun, dan pukulah saat usia mereka mencapai sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka. (Shahih)


4037. Setiap Muslim hendaknya bersedekah. Jika ia tidak memiliki, hendaknya ia bekerja dengan tangannya, ia manfaatkan untuk dirinya dan untuk bersedekah. Jika tidak mampu hendaknya ia membantu orang yang sedang membutuhkan lagi sempit. Jika tidak mampu, hendaknya ia mengajak kepada kebaikan. Jika tidak mampu, hendaknya ia tidak mengerjakan keburukan, karena sesungguhnya itu adalah sedekah baginya. (Shahih)


4054. Hendaknya kalian bercelak dengan itsmid ketika hendak tidur, sebab ia membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rambut. (Shahih)


4059. Hendaknya kalian meminum susu sapi, karena sesungguhnya ia menghimpun dari seluruh tumbuh-tumbuhan dan menjadi obat bagi segala penyakit. (Shahih)


4060. Hendaknya kalian meminum susu sapi, sebab ia menjadi obat dari penyakit, dan makan juga lemaknya, sebab di dalamnya ada obat untuk kesembuhan penyakit. Berhati-hatilah terhadap dagingnya, sebab dagingnya ada penyakit. (Shahih)


4065. Hendaknya kalian berlatih memanah, sebab ia termasuk sebaik-baik permainan kalian. (Shahih)


4067. Hendaknya kalian menggunakan sana dan sanut, sebab pada keduanya terdapat obat dari segala macam penyakit kecuali as-sam, yaitu kematian. (Hasan)


4070. Hendaknya kalian pilih Syam, sebab ia adalah negeri yang dipilih Allah, ditempati oleh orang-orang pilihan dari makhluk-Nya. Barangsiapa enggan, maka pilihlah Yaman dan hendaknya ia memberi minum dari telaganya, sesungguhnya Allah menjamin Syam dan penduduknya kepadaku. (Shahih)


4072. Mintalah kepada Allah keselamatan, sebab tidak ada satu pun anugerah yang lebih baik setelah keyakinan dibandingkan keselamatan. (Shahih)


4073. Hendaknya kalian memelihara kambing domba, sebab ia termasuk hewan surga. Oleh karena itu, shalatlah di kandang-kandangnya dan usaplah debunya. (Shahih)


4082. Hendaknya kalian menggunakan kayu Hindi, sebab di dalamnya ada tujuh obat, dimasukkan melalui hidung untuk sakit tenggorokan dan dimasukkan ke mulut untuk sakit dada. (Shahih)


4094. Umur umatku antara enam puluh hingga tujuh puluh tahun. (Shahih)


4126. Al-Ajwah adalah bagian dari surga dan di dalamnya terdapat obat penawar racun, dan jamur adalah bagian dari Manna, airnya adalah obat untuk mata. (Shahih)


4132. Kambing akikah disembelih pada saat anak berusia tujuh hari, empat belas hari, atau dua puluh satu hari. (Shahih)


4154. Berperang di laut lebih utama dibandingkan dengan sepuluh peperangan yang terjadi di darat. Barangsiapa yang melewati laut seakan-akan ia melewati seluruh lembah yang ada diantara dua gunung. Dan orang yang mabuk dalam pertempuran laut seperti seorang yang berlumur darahnya di jalan Allah. (Shahih)


4162. Sebelum kalian ada seorang yang diampuni dosanya oleh Allah. Orang tersebut mempermudah ketika menjual, mempermudah ketika membeli, dan mempermudah ketika meminta pembayaran hutang. (Shahih)


4180. Kambing domba adalah keberkahan. (Shahih)


4198. Tempat tidur untuk laki-laki, tempat tidur untuk perempuan, dan tempat tidur untuk tamu, serta tempat tidur yang keempat untuk setan. (Shahih)


4205. Kota orang-orang Muslim di hari peperangan besar adalah di daerah yang disebut al-Ghuthah yang di dalamnya ada sebuah kota yang disebut Damaskus yang saat itu menjadi tempat terbaik bagi kaum Muslimin. (Shahih)


4206. Pemisah antara yang halal dan yang haram adalah tabuhan rebana dan nyanyian dalam pernikahan. (Hasan)


4208. Allah telah melebihkan kaum Quraisy karena kenabian ada diantara mereka, demikian pula dengan khilafah, kepengurusan Kabah, dan memberi minum orang yang berhaji. (Hasan)


4209. Allah telah melebihkan kaum Quraisy dengan tujuh dan tidak satu pun kelebihan tersebut diberikan kepada umat sebelumnya dan tidak diberikan satu pun kepada umat setelahnya: Allah melebihkan mereka karena aku merupakan bagian dari mereka, kenabian ada dalam mereka, kepengurusan Kabah ada di tangan mereka, memberi minum orang yang berhaji ada pada mereka, Allah telah menolong mereka dari serangan tentara bergajah, mereka telah menyembah Allah selama dua puluh tahun dimana tidak ada satu pun yang menyembah Allah selain mereka, serta Allah menurunkan satu surah dalam Al-Quran yang di dalamnya tidak disebutkan satu pun selain mereka, yaitu: Li'iilaafi Quraisyin. (Hasan)


4235. Diantara para sahabatku ada dua belas orang Munafik. Diantara mereka ada delapan orang yang tidak akan masuk ke dalam surga hingga seekor unta masuk ke lubang jarum. (Shahih)


4237. Denda melukai gigi adalah lima, lima ekor unta. (Shahih)


4238. Denda mencederai jari tangan adalah sepuluh, sepuluh. (Shahih)


4240. Hidung apabila sampai terpotong maka dendanya adalah seratus ekor unta, tangan dendanya adalah lima puluh, mata dendanya lima puluh, luka yang menembus otak dendanya sepertiga jiwa, luka yang menembus rongga kepala atau perut dendanya sepertiga jiwa, meremukan tulang dendanya lima belas, luka sampai terlihat tulang dendanya lima, dan pada setiap jari dendanya sepuluh. (Hasan)


4273. Pada umat ini akan ada penenggelaman ke dalam bumi, ada yang mengalami perubahan rupa, dan ada yang mengalami pelemparan batu, hal demikian terjadi jika telah muncul para penyanyi, alat-alat musik, dan diminumnya minuman keras. (Shahih)


4289. Pemahaman ada pada Yaman dan hikmah ada pada Yaman. (Shahih)


4293. Perangilah orang yang akan mengambil hartamu hingga kamu dapat mempertahankannya atau kamu terbunuh dalam mempertahankannya. Jika kamu terbunuh dalam keadaan demikian, maka kamu menjadi bagian dari syuhada akhirat. (Shahih)


4294. Orang yang membunuh Ammar dan yang menyalibnya berada di neraka. (Shahih)


4361. Terbunuhnya seorang Muslim di sisi Allah lebih besar dibandingkan musnahnya dunia. (Shahih)


4362. Sesungguhnya obat dari kebodohan adalah bertanya. (Shahih)


4369. Aku telah meninggalkan kalian ajaran yang terang benderang, malamnya seperti siangnya. Tidaklah menyimpang darinya sesudahku kecuali orang yang binasa. Barangsiapa diantara kalian hidup lama akan menyaksikan pertentangan yang banyak. Hendaknya kalian berpegang teguh pada Sunnahku dan Sunnah para khalifah setelahku yang mendapat petunjuk. Gigitlah ia dengan gigi geraham dan hendaknya ia bersikap taat kepada pemimpin, meski ia berasal dari kalangan budak Habasyi, karena keadaan seorang Mukmin seperti unta yang diikat pada hidungnya, kemana dituntun ia akan mengikuti. (Shahih)


4409. Hati yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, istri yang baik yang membantu urusan dunia dan akhiratmu adalah sebaik-baik perbendaharaan yang dimiliki manusia. (Shahih)


4410. Sesuatu yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnya juga haram. (Shahih)


4413. Tegaknya umatku adalah andil dari orang-orang jahat diantara mereka. (Hasan)


4419. Ucapkanlah perkataan yang baik, maka kalian akan mendapatkan manfaat darinya. Dan diamlah dari keburukan, maka kalian akan selamat. (Shahih)


4428. Hendaknya kalian bersiap-siap, sesungguhnya kematian datang secara tiba-tiba. (Shahih)


4431. Lakukanlah tidur siang sebentar, sebab setan tidak melakukannya. (Hasan)


4431. Ikatlah hewan itu, kemudian bertawakalah. (Hasan)


4434. Ikatlah ilmu dengan tulisan. (Shahih)


4442. Qadariyah adalah Majusi umat ini. Jika mereka sakit, janganlah kalian menjenguknya dan jika mereka meninggal dunia, maka janganlah kalian menyaksikan jenazah mereka. (Hasan)


4447. Para hakim terbagi menjadi tiga golongan. Dua hakim berada di neraka dan satu hakim berada di surga. Hakim yang menghukumi sesuatu dengan hawa nafsunya berada di neraka, hakim yang menghukumi sesuatu tanpa dasar ilmu berada di neraka, dan hakim yang menghukumi sesuatu dengan kebenaran berada di surga. (Shahih)


4478. Memecah tulang mayit sama dengan memecahnya saat masih hidup. (Shahih)


4480. Cukuplah seorang dianggap sebagai berdosa, apabila ia menceritakan setiap apa yang ia dengar. (Shahih)


4490. Sembunyikan keburukanmu dari manusia, yang demikian itu adalah sedekah darimu untuk dirimu. (Shahih)


4498. Makanlah zaitun dan gunakanlah sebagai minyak, sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkati. (Shahih)


4500. Makanlah secara bersama-sama dan janganlah berpencar-pencar, karena sesungguhnya keberkahan ada bersama jamaah. (Hasan)


4515. Setiap manusia pasti pernah berbuat salah dan sebaik-baik orang yang pernah berbuat salah adalah yang bertaubat. (Hasan)


4522. Setiap ciptaan Allah pasti bagus. (Hasan)


4523. Setiap doa akan terhalang hingga dibacakan shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. (Hasan)


4524. Setiap dosa yang dilakukan ada kemungkinan diampuni oleh Allah kecuali orang yang meninggal dunia dalam keadaan berbuat syirik atau membunuh orang yang beriman dengan sengaja. (Shahih)


4525. Setiap hewan buas yang memiliki taring, maka memakannya adalah haram. (Shahih)


4530 Setiap syarat yang tidak ada dalam Kitab Allah adalah batil, meski ada seratus syarat sekalipun. (Shahih)


4531. Segala sesuatu berjalan sesuai dengan takdir hingga ketidakmampuan dalam menjalankan ketaatan dan kesemangatan. (Shahih)


4534. Segala sesuatu selain dzikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: permainan seorang suami dengan istrinya, seorang laki-laki yang melatih kudanya, seorang laki-laki yang berjalan diantara dua sasaran dalam latihan menembak, dan seorang laki-laki yang mengajarkan renang. (Shahih)


4542. Setiap pinjaman adalah sedekah. (Hasan)


4566. Setiap nafkah yang diberikan seorang laki-laki akan diberikan pahala, kecuali bangunan. (Shahih)


4567. Setiap sumpah yang dilakukan dengan menyebut selain Allah adalah syirik. (Shahih)


4584. Sesungguhnya ziarah kubur dapat melembutkan hati, membuat mata menangis, mengingatkan kehidupan akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk. (Shahih)


4585. Aku pernah melarang kalian menyimpan daging kurban lebih dari tiga hari agar orang-orang yang memiliki kecukupan dapat memenuhi yang kekurangan. Sekarang makanlah yang ada pada kalian, berilah makan kepada orang lain dan simpanlah. (Shahih)


4589. Bagaimanakah jika kalian tidak mengambil jizyah, baik dinar maupun dirham? Tanggungan Allah dan Rasul-Nya telah dirusak. Allah akan mengeraskan hati Ahlu Dzimmah lalu mereka tidak mau memberikan apa yang ada di tangan mereka. (Shahih)


4594. Apa yang terjadi pada kalian jika orang-orang baik diantara kalian telah tiada dan yang tersisa adalah orang-orang yang perilakunya buruk, perjanjian dan amanah telah dirusak dan bercampur baur, mereka berselisih  dan kondisi mereka seperti ini? (Beliau merapatkan jemari tangan dengan jemari tangan yang lain). Jika kondisinya demikian, peganglah kebenaran yang kalian kenal dan tinggalkanlah kemungkaran yang kalian kenal. Menghadaplah kepada orang-orang khusus kalian dan tinggalkanlah orang-orang umum kalian. (Shahih)


4617. Yang terakhir disabdakan Rasulullah adalah: semoga Allah memerangi Yahudi dan Nasrani karena menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai masjid-masjid, dua agama ini tidak akan bertahan di tanah Arab. (Shahih)


4618. Akhlak yang paling dibenci adalah berbohong. (Shahih)


4623. Warna yang paling disukai oleh Rasulullah adalah hijau. (Hasan)


4627. Minuman yang paling disukai Rasulullah adalah yang manis dan dingin. (Shahih)


4721. Jika berdoa, Rasulullah menjadikan telapak tangan bagian dalam menghadap ke arah wajahnya. (Shahih)


4786. Jika berjalan, Rasulullah tidak menoleh. (Shahih)


4822. Rasulullah adalah sosok yang pendiam dan sedikit tertawa. (Hasan)


4854. Tidak ada seorang pun yang meminta sesuatu kepada Rasulullah, kecuali beliau memberikannya atau diam. (Shahih)


4860. Setiap kali terluka atau terkena duri, Rasulullah membalurinya dengan inai. (Hasan)


4869. Hampir tidak pernah Rasulullah berkata, "Tidak". Jika diminta dan beliau hendak mengerjakannya, beliau berkata, "Ya". Jika tidak ingin mengerjakannya, beliau diam. (Shahih)


4870. Ketika berjalan, Rasulullah tidak menoleh ke belakang. (Shahih)


4871. Rasulullah tidak pernah menolak sesuatu yang diminta. (Shahih)


4879. Rasulullah pernah memakan semangka dengan buah kurma yang baru masak, dan beliau berkata, "Aku dinginkan panasnya ini dengan ini dan aku panaskan dinginnya ini dengan ini". (Shahih)


4880. Rasulullah pernah memakan buah mentimun dengan buah kurma yang baru masak. (Shahih)


4937. Rasulullah menjahit pakaiannya, membetulkan sendalnya, dan melakukan apa saja yang biasa dikerjakan oleh laki-laki di rumah mereka. (Shahih)


4948. Rasulullah berasap dengan kayu gaharu dan kapur barus yang diletakan dengan kayu gaharu. (Shahih)


4989. Rasulullah menghitung bacaan tasbih dengan jarinya. (Shahih)


4996. Rasulullah membersihkan pakaiannya, memerah kambing dombanya, dan melayani dirinya sendiri. (Shahih)


5017. Rasulullah tidur pada permulaan malam dan menghidupkan akhir malamnya. (Shahih)


5026. Aku pasti akan mengeluarkan orang-orang Yahudi dan Nasrani dari Jazirah Arab hingga aku tidak meninggalkannya, kecuali orang-orang Islam. (Shahih)


5029. Sesungguhnya jual beli terjadi atas dasar saling ridha. (Shahih)


5073. Sungguh bumi akan penuh dengan kejahatan dan kezhaliman. Jika ia telah penuh dengan kejahatan dan kezhaliman, maka Allah akan membangkitkan seorang laki-laki yang namanya sama dengan namaku dan nama bapaknya sama dengan nama bapakku, lalu ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran, sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kejahatan dan kezhaliman. Langit tidak mencegah sedikit pun dari hujannya, dan bumi tidak mencegah sedikit pun dari tumbuhannya. Laki-laki tersebut menetap diantara kamu selama tujuh atau delapan, kalau lebih lama maka sembilan. (Shahih)


5074. Sungguh bumi akan penuh dengan kezhaliman dan permusuhan, kemudian akan keluar seorang laki-laki dari keturunanku hingga ia memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan, sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezhaliman dan permusuhan. (Shahih)


5075. Simpul-simpul Islam akan terurai sesimpul demi sesimpul. Setiap kali satu simpul terurai, maka orang akan berpegang pada simpul yang berikutnya, yang pertama terurai adalah hukum dan yang terakhir adalah shalat. (Shahih)


5078. Sungguh hilangnya dunia lebih ringan di sisi Allah dibandingkan terbunuhnya seorang Mukmin tanpa hak. (Shahih)


5111. Semoga Allah melaknat orang yang mencaci para sahabatku. (Hasan)


5114. Laknat Allah atas orang yang menyuap dan orang yang menerima suap. (Shahih)


5163. Setiap umat ada kelompok Majusinya, dan Majusinya di kalangan umat ini adalah mereka yang mengatakan tidak ada takdir. (Shahih)


5164. Setiap penyakit ada obatnya. Jika penyakit itu diobati dengan obat yang tepat, maka sembuhlah penyakit tersebut dengan izin Allah Ta'ala. (Shahih)


5194. Aku tidak melarang menangis, namun yang aku larang adalah dua suara yang bodoh dan buruk yaitu: suara nyanyian ketika mendatangkan kenikmatan yakni seruling setan dan senda gurau; suara yang keluar saat mendapatkan musibah, mencakar wajah, merobek pakaian, dan tangisan setan. Sesungguhnya tangisan adalah rahmat. (Shahih)


5221. Allah tidak akan mengumpulkan atas umat ini dua pedang: satu pedang darinya, dan satu pedang dari musuhnya. (Shahih)


5224. Setengah hari pun Allah tidak akan melemahkan umat ini. (Shahih)


5225. Tidak akan beruntung suatu kaum yang menyerahkan urusan mereka kepada seorang perempuan. (Shahih)


5240 Seandainya anak Adam lari menghindar dari rezekinya seperti ia lari dari maut, tentu rezeki itu pasti menemuinya sebagaimana maut yang pasti menghampirinya. (Hasan)


5244. Jika kamu mengeluarkan emas sebesar gunung Uhud di jalan Allah, Dia tidak akan menerimanya hingga kamu beriman kepada takdir. Ketahuilah, sesungguhnya apa-apa yang ditakdirkan menimpamu tidak akan meleset darimu dan apa-apa yang ditakdirkan meleset darimu tidak akan menimpamu. Jika kamu mati tidak dengan keyakinan ini, maka kamu masuk ke dalam neraka. (Shahih)


5253. Seandainya kalian tidak berbuat dosa, tentu Allah akan mendatangkan suatu kaum yang berbuat dosa untuk diampuni-Nya. (Shahih)


5254. Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, tentu Dia akan memberimu rezeki seperti burung yang diberi rezeki. Burung tersebut berangkat pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore dalam keadaan kenyang. (Shahih)


5292. Seandainya nilai dunia di sisi Allah sebanding dengan nilai satu sayap nyamuk, Dia tidak akan memberi minum seteguk air pun kepada orang yang kafir. (Shahih)


5374. Berita tidaklah seperti melihat secara langsung. Sesungguhnya Allah telah memberitakan kepada Nabi Musa tentang apa yang diperbuat oleh kaumnya mengenai anak sapi, maka ia tidak membuang papan-papan yang bertuliskan wahyu. Setelah Nabi Musa melihat secara langsung dan jelas apa yang telah mereka perbuat, maka ia membuang papan-papan itu dan papan-papan itu pun pecah. (Shahih)


5382. Tidak termasuk orang yang beriman jika seseorang kenyang sementara tetangganya kelaparan. (Shahih)


5405. Seorang musafir tidak wajib melaksanakan shalat Jumat. (Shahih)


5406. Seorang anak yang terlahir akibat perbuatan zina tidak menanggung sedikit pun dosa kedua orang tuanya. (Hasan)


5410. Tidak ada kesamaan antara sesuatu yang ada di surga dengan yang ada di dunia, kecuali dalam hal penamaan saja. (Shahih)


5454. Sungguh beberapa orang dari umatku akan meminum minuman keras dan mereka menamakannya dengan nama selain minuman keras, mereka diiringi oleh tabuhan alat-alat musik dan penyanyi. Allah akan membuat mereka tertelan bumi dan mengubah sebagian dari mereka menjadi kera dan babi. (Shahih)


5467. Sungguh akan terjadi dalam umat ini penenggelaman dalam bumi, lemparan batu, dan perubahan rupa. Keadaan yang demikian akan terjadi jika mereka telah meminum minuman keras, mendatangkan penyanyi-penyanyi, dan menabuh alat-alat musik. (Shahih)


5470. Menjamu tamu menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Jika seorang menjadi tamu, berarti pemilik rumah memiliki hutang kepada tamu. Tamu boleh menagihnya dan boleh tidak menagihnya. (Shahih)


5472. Lailatul Qadar adalah malam yang tenang, tidak panas dan tidak dingin . . . dan tidak ada lemparan bintang, diantara tanda siangnya adalah matahari terbit dengan sinar yang lembut. (Hasan)


5475. Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, matahari di pagi harinya bersinar merah dan tidak panas. (Shahih)


5495. Orang yang meminta-minta padahal ia tidak dalam keadaan membutuhkan seperti seorang yang memungut bara api. (Shahih)


5498. Permainan ada pada tiga hal: melatih kudamu, memanah dengan busurmu, bercanda dengan istrimu. (Shahih)


5502. Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja sesuai dengan niat orang yang meminumnya. (Shahih)


5505. Tidak termasuk beriman kepadaku orang yang tidur dalam keadaan kenyang sementara tetangganya lapar, padahal ia mengetahuinya. (Shahih)


5518. Tidaklah ada seorang yang memperbanyak riba melainkan akibat akhir urusannya adalah kekurangan. (Shahih)


5611. Apa yang tidak berkenan di hatimu, maka tinggalkanlah. (Shahih)


5620. Dua serigala yang dalam keadaan lapar dilepas di tengah-tengah kawanan domba tidak lebih merusak dibandingkan dengan keserakahan seseorang pada harta dan kemuliaan agamanya. (Shahih)


5633. Tidaklah suatu kaum tersesat setelah mereka berada di atas petunjuk, kecuali karena sebab perdebatan. (Hasan)


5653. Sesuatu yang sedikit tetapi mencukupi lebih baik dibandingkan dengan sesuatu yang banyak tetapi membuat lalai. (Shahih)


5701. Hendaknya kalian semua melakukan shalat secara berjamaah, sebab serigala hanya akan memakan kambing domba yang menyendiri dari kelompoknya. (Hasan)


5735. Tidaklah seorang hamba Mukmin melainkan ia memiliki dosa yang ia ulangi setelah ia pernah melakukannya pada masa yang lalu atau dosa yang terus ia kerjakan dan tidak berhenti hingga ia meninggal dunia. Sesungguhnya seorang Mukmin diciptakan berbuat salah, bertaubat, lupa, apabila diingatkan maka ia menjadi ingat. (Shahih)


5768. Tidaklah seorang Muslim menanam sebuah pohon melainkan apa yang dimakan darinya dianggap sedekah, apa yang dicuri darinya dianggap sedekah, apa yang dimakan oleh hewan dianggap sedekah, apa yang dimakan oleh burung dianggap sedekah, dan apa yang diambil oleh seseorang juga dianggap sedekah. (Shahih)


5773. Tidaklah seorang Muslim meninggal dunia pada hari atau malam Jumat melainkan Allah akan membebaskannya dari fitnah kubur. (Hasan)


5777. Tidaklah seorang Muslim bertemu lalu berjabat tangan, melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah. (Hasan)


5800. "Tidak seorang pun diantara kalian melainkan diiringi oleh satu makhluk dari golongan jin dan satu makhluk lagi dari golongan malaikat". Kemudian para sahabat bertanya, "Bagaimana dengan engkau?". Beliau menjawab, "Demikian juga aku, namun Allah telah membantuku dan pengiringku dari golongan jin telah masuk Islam dan ia tidak memerintahkan kepadaku kecuali kebaikan". (Shahih)


5831. Perumpamaan orang yang berilmu yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain dan melupakan dirinya sendiri seperti pelita yang menerangi manusia, namun pelita tersebut membakar dirinya sendiri. (Shahih)


5841. Perumpamaan seorang yang beriman seperti batang tanaman yang lunak, terkadang condong karena ditiup angin dan terkadang tegak. Perumpamaan orang yang munafik seperti pohon Arzah yang terus tegak hingga suatu saat ia roboh seketika. (Shahih)


5846. Perumpamaan orang yang beriman seperti seekor lebah. Jika makan, ia pasti memakan makanan yang baik dan jika mengeluarkan sesuatu, ia pasti mengeluarkan yang baik. Jika hinggap di kayu yang rapuh, ia tidak akan mematahkannya. Perumpamaan orang yang beriman seperti lempengan emas. Jika kamu membakarnya maka ia menjadi merah, dan jika kamu menimbangnya ia tidak akan berkurang. (Hasan)


5853. Perumpamaan orang yang munafik seperti seekor domba yang bingung yang berada diantara dua kelompok kambing. Terkadang ia bergabung dengan satu kelompok kambing, namun terkadang ia bergabung dengan kelompok kambing yang lain. Ia tidak tahu, kelompok mana yang harus ia ikuti. (Shahih)


5859. Permisalan aku dan permisalan kalian seperti permisalan seorang laki-laki yang menyalakan api, lalu serangga berjatuhan di dalamnya padahal orang tersebut telah berusaha menghalaunya. Aku memegangi ujung kain kalian agar kalian tidak masuk ke dalam api, namun kalian justru melepaskan tanganku. (Shahih)


5861. Orang yang selalu meminum minuman keras seperti orang yang menyembah berhala. (Shahih)


5868. Perintahkanlah anak-anak kalian mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun. Dan kalian boleh memukulnya saat usia mereka sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka. (Hasan)


5881. Tempat pertarungan kematian adalah pada usia antara enam puluh hingga tujuh puluh tahun. (Hasan)


5896. Diantara tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah seseorang masuk ke dalam masjid tidak melakukan shalat sunnah dua rakaat, seseorang tidak memberi salam kecuali kepada orang yang ia kenal. (Shahih)


5897. Diantara amal shalih yang paling utama adalah memberikan kegembiraan ke dalam hati orang-orang yang beriman, membantu pembayaran hutang, memenuhi kebutuhan orang lain, dan menghilangkan kesusahan. (Shahih)


5898. Diantara tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah membesarnya bentuk bulan pada tanggal pertama. (Shahih)


5899. Diantara tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah bulan di tanggal pertama terlihat seperti pada malam kedua dan masjid-masjid dijadikan jalan serta munculnya kematian secara mendadak. (Hasan)


5911. Diantara bagusnya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. (Shahih)


5921. Apabila seseorang diberikan oleh Allah harta ini tanpa memintanya, hendaknya ia menerimanya. Sebab hal yang demikian pada hakikatnya adalah rezeki yang diberikan Allah kepadanya. (Shahih)


5965. Barangsiapa mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan tidak memberi karena Allah, berarti telah sempurnalah imannya. (Shahih)


5974. Barangsiapa menghidupkan tanah mati, maka baginya pahala di dalamnya, dan setiap yang dimakan, maka itu adalah sedekah baginya. (Shahih)


6010. Barangsiapa melakukan sesuatu untuk mendapatkan keridhaan manusia dengan menimbulkan kemarahan Allah maka urusannya akan diserahkan kepada manusia. Dan barangsiapa berbuat sesuatu yang menimbulkan kemarahan manusia dengan menimbulkan keridhaan Allah maka Allah akan menjaganya dari kekejaman manusia. (Shahih)


6015. Barangsiapa memiliki kesempatan untuk meninggal dunia di Madinah, hendaknya ia meninggal dunia di negeri tersebut. Sesungguhnya aku akan memberikan syafaat kepada mereka yang meninggal dunia di Madinah. (Shahih)


6019. Barangsiapa diantara kalian dapat memberikan manfaat bagi saudaranya, hendaknya ia melakukannya. (Shahih)


6029. Barangsiapa dititipkan barang, maka ia tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. (Hasan)


6073. Barangsiapa tinggal bersama orang-orang Musyrik, maka sungguh telah lepas jaminan darinya. (Shahih)


6080. Barangsiapa memberikan pinjaman perak sebanyak dua kali, nilainya sama dengan sedekah satu kali. (Shahih)



Jumat, 14 Maret 2014

Sahih Jami'us Shaghir 4

Oleh : Muhammad Nashiruddin Al-Albani
 
6111. Barangsiapa merendahkan penguasa Allah di bumi, maka Allah akan merendahkannya. (Hasan)

6113. Barangsiapa tidur di atas rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya. (Shahih)

6116. Barangsiapa melakukan jual-beli dua kali dalam satu akad, maka ia boleh mengambil harga terendah, kalau tidak maka ia terjatuh ke dalam riba. (Hasan)

6125. Barangsiapa yang mengganti agamanya, maka bunuhlah ia. (Shahih)

6132. Barangsiapa bertaubat kepada Allah sebelum nyawanya sampai di tenggorokan, maka Allah menerima taubatnya. (Shahih)

6133. Barangsiapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari arah barat, maka Allah menerima taubatnya. (Shahih)

6142. Barangsiapa meninggalkan kemahirannya dalam memanah karena tidak suka, berarti ia telah mengingkari satu nikmat yang diberikan Allah. (Shahih)

6148. Barangsiapa menikah, berarti sempurnalah setengah agamanya, dan hendaknya ia bertakwa kepada Allah dalam menuntaskan setengahnya lagi. (Hasan)

6149. Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia menjadi bagian dari mereka. (Shahih)

6153. Barangsiapa yang memberikan pengobatan, padahal ia tidak mengerti seluk beluk pengobatan, maka ia bertanggung jawab atas apa yang terjadi. (Hasan)

6158. Barangsiapa menuntut ilmu dengan tujuan menyaingi ulama, untuk bersikap sombong terhadap orang-orang yang bodoh atau untuk mendapatkan pengaruh di hati manusia, maka Allah akan memasukannya ke dalam neraka jahanam. (Shahih)

6159. Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya ditujukan untuk mengharap keridhaan Allah, kemudian ia memiliki tujuan lain yaitu untuk mendapatkan sesuatu dari dunia, maka di hari kiamat ia tidak akan mendapatkan aroma surga. (Shahih)

6160. Barangsiapa meludah ke arah kiblat, maka di hari kiamat kelak air ludahnya akan berada di antara kedua matanya. (Shahih)

6163. Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian ia mendatangi masjid dan mendapati salat berjamaah telah selesai, maka ia tetap mendapatkan pahala salat berjamaah dan pahala mereka yang salat berjamaah tidak berkurang sedikit pun. (Shahih)

6186. Barangsiapa berkumpul bersama orang Musyrik dan tinggal bersamanya, maka ia semisal dengannya. (Hasan)

6190. Barangsiapa yang dijadikan sebagai hakim di antara manusia, berarti ia sama dengan disembelih tanpa menggunakan pisau. (Shahih)

6196. Barangsiapa yang meninggal dunia dan memiliki hutang, maka pembayarannya bukan dengan dinar maupun dirham, namun dengan amal kebaikan dan keburukan. (Shahih)

6222. Ingatlah, sesungguhnya dagangan Allah sangat mahal, ingatlah dagangan Allah adalah surga. (Shahih)

6227. Barangsiapa membelot dan keluar dari jamaah, kemudian meninggal dunia, maka ia meninggal dunia secara jahiliyah. Barangsiapa bertempur di bawah fanatisme kesukuan atau fanatisme golongan atau mengajak kepada fanatisme golongan atau ia membela perjuangan fanatisme golongan, kemudian ia meninggal dunia, maka ia meninggal dunia secara jahiliyah. Barangsiapa menyerang umatku tanpa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat dan mana yang beriman, serta tidak memenuhi janji yang telah dibuatnya, maka ia bukan golonganku. (Shahih) 

6232. Barangsiapa yang memasuki kebun, ia boleh memakan buahnya dan jangan ia ambil kemudian dimasukan ke dalam bajunya. (Hasan)

6261. Barangsiapa memilki cinta kasih, meskipun kepada burung kecil yang akan disembelih, maka di hari kiamat Allah akan memberinya cinta kasih. (Hasan)

6265. Barangsiapa mengangkat sebuah batu dari jalan -yang mengganggu perjalanan saudaranya-, dituliskan satu kebaikan untuknya. Dan barangsiapa memiliki kebaikan, ia akan masuk ke dalam surga. (Hasan)

6273. Barangsiapa yang menanam tanaman, kemudian sebagiannya dimakan burung atau hewan lain, maka baginya pahala sedekah. (Shahih)

6282. Barangsiapa meminta-minta padahal ia memiliki harta sebanyak empat puluh dirham, berarti ia meminta-minta dengan cara paksa. (Shahih)

6285. Barangsiapa mencela sahabat-sahabatku, ia akan mendapatkan laknat Allah, para malaikat, dan seluruh manusia. (Hasan)

6288. Barangsiapa ingin merasakan manisnya iman, hendaknya ia tidak mencintai seseorang kecuali karena Allah. (Hasan)

6290. Barangsiapa ingin doanya dikabulkan Allah ketika berada pada keadaan susah dan sedih, hendaknya ia memperbanyak doa saat dalam keadaan senang. (Hasan)

6294. Barangsiapa dibuat gembira oleh perbuatan baiknya dan dibuat sedih oleh perbuatan buruknya, berarti ia adalah Mukmin. (Shahih)

6301. Barangsiapa mendengar berita kedatangan Dajjal, hendaknya ia menghindarinya. Demi Allah, seseorang laki-laki akan mendatangi Dajjal dan menduga ia termasuk beriman kemudian ia mengikuti syubhat yang dibawa olehnya. (Shahih)

6309. Barangsiapa meminum minuman keras maka cambuklah. Apabila ia mengulangi untuk kedua kali maka cambuklah. Apabila ia mengulangi untuk ketiga kali maka cambuklah. Apabila ia mengulangi untuk keempat kali maka bunuhlah ia. (Shahih)

6316. Barangsiapa memberikan pertolongan untuk seseorang, kemudian ia diberikan hadiah karena hal itu dan ia menerimanya, berarti ia telah mendatangi salah satu pintu riba yang paling berbahaya. (Hasan)

6372. Barangsiapa membahayakan orang lain, maka Allah akan menimpakan bahaya kepadanya, dan barangsiapa menyengsarakan orang lain, maka Allah akan menimpakan kesengsaraan kepadanya. (Hasan)


6394. Barangsiapa mengalungkan jimat, berarti ia telah berbuat syirik kepada Allah. (Shahih)


6397. Barangsiapa diantara umatku usianya mencapai tujuh puluh tahun, berarti Allah telah memberikan kelonggaran atasnya dengan umurnya itu. (Shahih)


6400. Barangsiapa menanam satu pohon, tidaklah satu pun yang memakannya, baik manusia maupun makhluk yang lain diantara makhluk-makhluk Allah, melainkan yang demikian dijadikan sedekah untuknya. (Shahih)


6408. Barangsiapa menipu kami, ia bukan dari golongan kami. Orang yang berbuat makar dan menipu akan berada di neraka. (Shahih)


6411. Barangsiapa yang ruhnya berpisah dari jasad dalam keadaan terlepas dari tiga hal, ia pasti masuk ke dalam surga, yaitu sombong, hutang, dan berlebih-lebihan. (Shahih)


6448. Barangsiapa membunuh seorang Ahlu Dzimmah, ia tidak akan mendapatkan aroma surga, padahal aroma surga dapat tercium dari jarak perjalanan tujuh puluh tahun. (Shahih)


6456. Barangsiapa membunuh seorang yang telah ada perjanjian damai antara dirinya dengan kaum Muslimin tanpa hak, maka Allah mengharamkan surga atasnya. (Shahih)


6484. Barangsiapa berlaku mempermudah dan lembut, maka Allah mengharamkan neraka atasnya. (Shahih)


6510. Barangsiapa menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan menjadikan kekayaan berada dalam hatinya, Allah peduli dengan keperluannya dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan tunduk. Barangsiapa menjadikan dunia sebagai tujuannya, maka Allah akan menjadikan kefakiran berada diantara kedua matanya dan Dia mencerai-beraikan urusannya dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali sebatas apa yang telah ditakdirkan untuknya. (Shahih)


6511. Barangsiapa yang pernah berbuat kezhaliman terhadap saudaranya, baik dalam hal kehormatan atau harta, hendaknya ia meminta dihalalkan hari ini, sebelum ditegakannya keadilan, di hari dimana emas dan perak tidak bermanfaat. Jika ia memiliki amal shalih, maka amal shalih tersebut akan diambil sesuai dengan kadar kezhalimannya dan diberikan kepada orang yang pernah dizhaliminya. Jika ia tidak memiliki amal shalih, maka keburukan orang yang dizhalimi akan diberikan kepadanya. (Shahih)


6541. Barangsiapa tidak berterima kasih kepada manusia, berarti tidak bersyukur kepada Allah. (Shahih)


6546. Barangsiapa meninggal dunia dan ia memiliki hutang sebanyak satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dibayar dengan kebaikannya, yaitu hari dimana dinar dan dirham tidak memberikan manfaat. (Shahih)


6566. Barangsiapa mendapat kesempitan hidup kemudian ia mengadukannya kepada manusia, maka kebutuhannya tidak akan terpenuhi. Dan barangsiapa yang mendapat kesempitan hidup, kemudian ia mengadukannya kepada Allah, maka Dia pasti akan menolongnya, dalam waktu dekat atau setelahnya. (Shahih)


6574. Barangsiapa menolong saudaranya tanpa pengetahuan orang tersebut, maka Allah akan menolongnya di dunia dan di akhirat. (Hasan)


6577. Allah akan menolong seorang hamba selama ia menolong saudaranya. (Shahih)


6595. Barangsiapa menduduki jabatan yang tugasnya mengurus kaum Muslimin, kemudian ia tidak memenuhi kebutuhan mereka, kefakiran mereka dan ketidakmampuan mereka, maka Allah tidak peduli dengan kebutuhan, ketidakmampuan dan kefakirannya pada hari kiamat. (Shahih)


6599. Barangsiapa tidak mengasihi, maka ia tidak dikasihi. Dan barangsiapa tidak memaafkan, maka ia tidak dimaafkan. (Shahih)


6614. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang sedang kesulitan, maka Allah akan memberikannnya kemudahan di dunia dan di akhirat. (Shahih)


6664. Orang beriman adalah pencemburu dan Allah lebih cemburu. (Shahih)


6665. Orang beriman meninggal dunia dengan iringan keringat di dahi. (Shahih)


6676. Orang yang berpegang teguh kepada sunnahku ketika terjadi perbedaan diantara umatku seperti seorang yang memegang bara api. (Hasan)


6694. Berdoa yaitu dengan mengangkat tanganmu sejajar dengan kedua bahumu atau serupa dengan keduanya dan memohon ampun yaitu engkau memberikan isyarat dengan satu jarimu dan ibtihal yaitu dengan membentangkan seluruh tanganmu. (Shahih)


6695. Meminta-minta adalah seperti orang yang melukai wajahnya sendiri. Terserah padanya akan berlaku demikian atau mengurungkannya, kecuali jika seorang meminta kepada penguasa atau dalam urusan dimana ia tidak mendapat jalan keluar. (Shahih)


6712. Orang yang beriman tidak dihukum bunuh jika ia membunuh orang kafir, demikian juga orang yang memiliki perjanjian damai dengan kaum Muslimin. (Hasan)


6713. Kaum Muslimin berserikat dalam tiga hal: dalam hal padang rumput, air, dan api. (Shahih)


6729. Kekuasaan berada di tangan Quraisy, pengadilan berada di tangan kaum Anshar, adzan berada di tangan Habasyah, dan amanah berada di tangan Al-Azd. (Shahih)


6734. Al-Mahdi adalah seseorang yang berasal dari keturunanku dari jalur Fathimah. (Shahih)


6736. Kekuasaan Al-Mahdi berlangsung selama tujuh tahun. (Hasan)


6797. Ruh-ruh itu seperti tentara yang berhimpun. Apabila mereka saling mengenal, maka akan saling bersatu, dan apabila saling berbeda maka akan tercerai-berai. (Shahih)


6803. Perasaan menyesal adalah taubat, dan orang yang bertaubat dari suatu dosa seperti orang yang tidak berdosa. (Hasan)


6843. Rasulullah melarang menuliskan sesuatu di kuburan. (Shahih)


6848. Rasulullah melarang seorang laki-laki mengenakan sendal sambil berdiri. (Shahih)


6849. Rasulullah melarang minum dari tempat minum yang retak atau dari bagian telinganya. (Shahih)


6853. Rasulullah melarang memakan bawang merah, daun kucai, dan bawang putih. (Shahih)


6859. Rasulullah melarang memakan setiap hewan buas yang memiliki taring dan setiap burung yang berkuku tajam. (Shahih)


6931. Rasulullah melarang menjual emas dengan perak dengan cara tidak tunai. (Shahih)


6943. Rasulullah melarang dua jual beli dalam satu transaksi. (Shahih)


6952. Rasulullah melarang melakukan eksekusi hukuman had di masjid. (Shahih)


6959. Rasulullah melarang menjual dengan sistem pinjam sekaligus jual, melarang dua syarat dalam satu jual beli, melarang menjual sesuatu yang tidak ada padamu, dan melarang keuntungan dari sesuatu yang tidak kamu jamin. (Shahih)


6968. Rasulullah melarang membunuh empat jenis hewan: semut, lebah, burung hud-hud, dan burung shurad. (Shahih)


6986. Kami memperbanyak makanan kami dengan labu ini. (Shahih)


7021. Hadiah untuk para pekerja adalah khianat. (Shahih)


7035. Bukankah kalian ditolong dan diberi rezeki dengan sebab orang-orang yang lemah diantara kalian? (Shahih)


7054. Hadiah kepada penguasa adalah khianat. (Shahih)


7110. Beberapa keadaan umatku dimaklumi: keliru, lupa, dan melakukan sesuatu karena dipaksa. (Shahih)


7111. Tuhanku telah menjanjikan kepadaku untuk memasukan tujuh puluh ribu dari umatku ke dalam surga tanpa hisab dan tanpa adzab, dan setiap seribu disertai tujuh puluh ribu, dan tiga genggaman dari genggaman-Nya. (Shahih)


7119. Anak yang dimiliki oleh seseorang adalah termasuk hasil usahanya, dari sebagian usaha baiknya, maka makanlah sebagian dari harta mereka. (Shahih)


7129. Kasihan Ammar, ia akan dibunuh oleh kelompok orang yang memberontak. Ia mengajak mereka menuju surga, namun mereka mengajaknya menuju neraka. (Shahih)


7136. Celakalah orang yang berbicara namun berdusta dengan tujuan agar menjadi lelucon untuk ditertawakan oleh suatu kaum, celakalah ia, celakalah ia. (Hasan)


7144. Yang berpergian sendirian adalah setan, yang berpergian berdua adalah setan, dan yang berpergian bertiga adalah rombongan. (Shahih)


7148. Shalat witir adalah satu rakaat yang dikerjakan di akhir malam. (Shahih)


7150. Timbangan adalah timbangan penduduk Mekah, dan takaran adalah takaran penduduk Madinah. (Shahih)


7154. Wudhu hendaknya dilakukan setelah memakan makanan yang disentuh api. (Shahih)


7160. Anak adalah buah hati dan sesungguhnya ia adalah penyebab timbulnya rasa takut, pembuat kikir, dan pembuat rasa sedih. (Shahih)


7172. Janganlah sampai aku menemukan salah seorang diantara kalian bersandar di sofanya kemudian datang kepadanya perkara yang berkenaan denganku, tentang apa yang aku perintahkan dan apa yang aku larang, kemudian ia berkata: saya tidak tahu, apa yang kami temukan dalam Kitab Allah itulah yang kami ikuti. (Shahih)


7177. Aku tidak menyentuh tangan perempuan. (Shahih)


7181. Tidak mengapa menukar hewan, dua ekor ditukar dengan satu ekor dengan pertukaran yang bersifat tunai. (Shahih)


7182. Tidak mengapa menjadi orang kaya yang bertakwa, namun keadaan sehat bagi orang yang bertakwa lebih baik dibandingkan dengan kaya. Dan baik hati termasuk salah satu kenikmatan. (Shahih)


7183. Tidak mengapa menukar gandum dengan jewawut, dua ditukar dengan satu asalkan dengan cara tunai. (Shahih)


7198. Janganlah menjual seungguk makanan dengan seungguk makanan tanpa ditakar dan jangan menukar seungguk makanan yang tidak ditakar dengan makanan lain yang besarannya telah ditakar. (Shahih)


7203. Janganlah kalian menjual emas dengan emas kecuali dengan kadar yang sama, tidak ada penambahan, dan tidak ada penundaan penyerahan barang dari salah satu pihak yang bertransaksi. (Shahih)


7206. Janganlah kamu menjual barang yang tidak ada di sisimu. (Shahih)


7210. Janganlah kalian menukar emas dengan emas kecuali dengan ukuran yang sama, demikian pula jangan kalian menjual perak dengan perak kecuali dengan ukuran yang sama. Tukarlah emas dengan perak dan tukarlah perak dengan emas sesuai dengan yang kalian inginkan. (Shahih)


7211. Dan janganlah kalian menukar barang yang tidak ada dengan barang yang ada. (Shahih)


7230. Tidak akan berkumpul dusta dengan rasa lapar. (Hasan)


7264. Janganlah kamu tinggalkan patung kecuali telah kamu hancurkan dan jangan kamu tinggalkan kuburan yang tinggi kecuali telah kamu ratakan. (Shahih)


7271. Janganlah kalian menceritakan orang yang sudah mati kecuali dengan cerita yang baik. (Shahih)


7334. Janganlah kalian meminum minuman keras, sebab ia adalah induk dari segala keburukan. (Shahih)


7341. Janganlah kamu bersahabat kecuali dengan orang yang beriman dan jangan ada yang memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa. (Shahih)


7372. Setelah ini hingga hari kiamat, kota Mekah tidak akan diperangi. (Shahih)


7381. Janganlah kamu melaksanakan eksekusi hukuman hudud di masjid. Orang tua tidak dibunuh apabila ia membunuh anaknya. (Hasan)


7390. Janganlah kalian membunuh katak. (Shahih)


7397. Janganlah melaksanakan hukuman potong tangan ketika sedang dalam perjalanan. (Shahih)


7399. Janganlah memotong tangan pencuri kecuali jika ia mencuri seharga seperempat dinar atau lebih. (Shahih)


7401. Janganlah kalian berkata: "Binasalah setan", sebab jika berkata demikian, maka setan tersebut akan membesar hingga menjadi sebesar rumah dan ia berkata: "Dengan kekuatanku". Akan tetapi ucapkanlah: "Dengan nama Allah", sesungguhnya jika kamu mengatakan demikian, ia akan menjadi kecil hingga menjadi sebesar lalat. (Shahih)


7429. Hari kiamat tidak akan terjadi hingga harta menjadi banyak dan berlimpah, hingga seorang laki-laki keluar untuk mengeluarkan zakat hartanya, namun ia tidak menemukan seorang pun yang mau menerimanya, hingga tanah Arab kembali subur dengan padang rumput dan sungai-sungai. (Shahih)


7435. Janganlah kamu banyak tertawa, sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati. (Shahih)


7438. Janganlah kalian menyewakan tanah. (Shahih)


7440. Janganlah kamu membuka pahamu dan janganlah kamu melihat paha orang yang hidup atau yang sudah meninggal. (Shahih)


7447. Janganlah kamu melaknat angin, sesungguhnya ia hanya menuruti perintah. Sesungguhnya barangsiapa melaknat sesuatu, padahal sesuatu tersebut tidak layak menerima laknat, maka laknat tersebut akan kembali kepada yang melaknat. (Shahih)


7469. Hijrah tidak akan terhenti hingga terhentinya taubat dan taubat tidak akan terhenti hingga matahari terbit dari arah barat. (Shahih)


7475. Janganlah kalian habiskan, karena hal itu lebih bagus bagi perempuan dan lebih disukai oleh suami. (Shahih)


7513. Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah. (Shahih)


7515. Tidak ada shalat bagi orang yang tidak memiliki wudhu dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah dalam wudhunya. (Shahih)


7530. Tidak ada adwa, tidak ada thiyarah, tidak ada haamah, dan tidak ada Shafar. Larilah dari orang yang berpenyakit kusta seperti kamu lari dari singa. (Shahih)


7556. Tidak ada pernikahan kecuali dengan wali, dan pemerintah adalah wali bagi mereka yang tidak memiliki wali. (Shahih)


7557. Tidak ada pernikahan kecuali dengan disertai wali dan dua orang saksi yang adil. (Shahih)


7603. Janganlah orang kota menjual barang kepada orang desa, biarkanlah sebagian orang diberi rezeki dari sebagian yang lain. (Shahih)


7607. Janganlah pihak yang melakukan transaksi jual beli berpisah kecuali dalam keadaan sama-sama ridha. (Hasan)


7612. Sungguh tidak bertambah usia seorang Mukmin kecuali bertambah juga kebaikannya. (Shahih)


7631. Tidaklah melakukan penimbunan barang kecuali ia telah berbuat kesalahan. (Shahih)


7687. Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa, dan tidak ada yang memperpanjang usia kecuali perbuatan baik. (Hasan)


7733. Sesuatu tidak menular kepada yang lain. Jika demikian, siapa yang menulari yang pertama? Tidak ada adwa dan tidak ada Shafar. Allah menciptakan setiap jiwa dan Dia menetapkan hidupnya, rezekinya, dan musibahnya. (Shahih)


7739. Tidak bermanfaat sikap kehati-hatian terhadap takdir, [Dan doa bermanfaat bagi ketentuan yang telah terjadi dan yang belum terjadi. Sesungguhnya musibah akan turun, kemudian ia bertemu dengan doa dan keduanya saling mengalahkan hingga hari kiamat]. (Hasan)


7751. Orang Muslim tidak dihukum bunuh apabila ia membunuh orang Kafir, demikian pula apabila yang membunuhnya adalah orang yang terikat perjanjian damai dengan kaum Muslimin. (Hasan)


7788. Tidaklah seorang Muslim meninggal dunia, kecuali Allah gantikan tempatnya di neraka dengan orang Yahudi atau Nasrani. (Shahih)


7816. Wahai Abu Dzar, apakah kamu menyangka bahwa orang kaya itu adalah orang yang banyak hartanya? Sesungguhnya kekayaan yang sebenarnya adalah kaya hati dan kefakiran yang sebenarnya adalah kefakiran hati. Barangsiapa yang hatinya kaya, maka keadaan keduniaannya tidak akan memudharatkan dirinya. Barangsiapa yang miskin hatinya, maka seluruh kekayaan dunia tidak akan membuatnya merasa cukup. Adapun yang mencelakakan justru sifat bakhilnya. (Shahih)


7877. Wahai manusia, aku tinggalkan untuk kalian sesuatu yang jika kalian berpegang teguh kepadanya, kalian tidak akan tersesat: Kitab Allah dan Itrahku, Ahlu Baitku. (Shahih)


7884. Wahai manusia, hendaknya kalian bersikap tenang, sesungguhnya kebaikan bukanlah dengan memacu kuda dan unta. (Shahih)


7893. Wahai Bilal, bangun dan kumandangkanlah adzan, tidak akan masuk surga kecuali orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguatkan agama ini dengan orang-orang yang berbuat kejahatan. (Shahih)


7951. Wahai Ali, tidakah kamu ridha dengan posisimu di sisiku seperti posisi Harun di sisi Musa? Hanya saja, tidak ada nabi setelahku. (Shahih)


7965. Wahai Qubaidhah, sesungguhnya meminta-minta tidak diperbolehkan kecuali dalam tiga hal: Orang yang memikul beban diluar kemampuannya. Dalam kondisi demikian, ia boleh meminta. Orang yang terkena musibah hingga hartanya habis. Dalam kondisi demikian, ia boleh meminta hingga kebutuhan pokoknya terpenuhi. Orang miskin hingga ada tiga orang di kampungnya menyatakan bahwa orang tersebut miskin. Dalam kondisi demikian, ia boleh meminta sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Wahal Qubaidhah, selain tiga kondisi tersebut, meminta-minta hukumnya haram dan apa yang dimakannya juga haram. (Shahih)


7978. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan sukatan kecuali mereka akan ditimpa dengan kekeringan dan tingginya harga dan buruknya perlakuan pemerintah terhadap mereka. (Shahih)


7984. Janganlah kalian membicarakan keburukan kaum Muslimin, jangan pula membuka aib mereka. Sesungguhnya barangsiapa yang membuka aib saudaranya yang Muslim, maka Allah akan membuka aibnya. Barangsiapa yang Allah buka aibnya, maka aib tersebut akan terbuka meskipun ia berada di dalam rumahnya. (Shahih)


8037. Allah mencintai seorang pekerja yang jika melaksanakannya ia mengerjakannya dengan baik. (Hasan)


8066. Allah memiliki rezeki yang tidak terhingga dan tidak berkurang meski diberikan kepada makhluk siang dan malam. Tidaklah kalian perhatikan apa yang telah diberikan sejak diciptakannya langit dan bumi. Sesungguhnya hal yang demikian itu tidak sedikitpun mengurangi rezeki yang Dia miliki di tangan-Nya. Arsy-Nya ada di atas air, di tangan-Nya ada mizan yang dapat dinaikan dan diturunkan. (Shahih)


8077. Islam akan hilang seperti hilangnya lukisan pada baju hingga akhirnya tidak ada lagi orang yang tahu apa itu puasa, apa itu shalat, apa itu sedekah. Kemudian Al-Quran akan diangkat pada waktu malam hingga tidak ada satu pun ayat yang tersisa. Dan yang tersisa dari penduduk bumi adalah orang-orang tua yang berkata, "Kami mendapati orang tua-orang tua kami mengucapkan kalimat ini, mereka berkata, 'Laa ilaha illallah', maka kami pun mengucapkannya". (Shahih)


8190. Hari Jumat terdiri dari dua belas jam. Diantaranya ada satu jam, jika seorang Muslim memohon sesuatu kepada Allah dan permohonannya bertepatan dengan waktu tersebut, maka Allah akan mengabulkan permohonannya. Temuilah waktu tersebut di akhir-akhir waktu setelah Ashar. (Shahih)


8197. Tangan di atas lebih utama dibandingkan dengan tangan di bawah. Tangan di atas adalah tangan orang yang memberi dan tangan di bawah adalah tangan orang yang meminta. (Shahih).


8202. Yahudi adalah orang-orang yang dimurkai dan Nasrani adalah orang-orang yang sesat. (Shahih)



Kamis, 22 Agustus 2013

Bahasa Dan Matematika

Ada ribuan bahasa yang ada di dunia ini. Dari sebanyak itu bahasa yang ada, tentu tidak semuanya berguna untuk dipelajari atau dikuasai. Dengan kata lain, bahasa memiliki kegunaan yang subyektif. Suatu bahasa bisa jadi berguna bagi suatu pihak tetapi tidak bagi pihak lain. Jadi tergantung kebutuhan dan keperluan. Bagi penulis, bahasa yang bermanfaat untuk dipelajari dan dikuasai hanya ada tiga yaitu Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Bahasa Arab penting karena sumber agama Islam ditulis dalam Bahasa Arab. Selain itu buku-buku para ulama juga ditulis dalam Bahasa Arab. Bahasa Indonesia penting karena penulis hidup di sebuah negeri yang menggunakan bahasa ini, suatu negeri dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia. Bahasa Inggris juga penting karena sebagai bahasa internasional, bahasa yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi dengan bangsa-bangsa di dunia.

Para ahli linguistik selalu menekankan bahwa untuk bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing, yang diperlukan adalah kosakata yang sering digunakan saja. Jadi seorang yang mau mempelajari suatu bahasa tidak perlu menguasai semua kosakata yang ada karena disamping tidak semuanya berguna, juga hampir tidak mungkin dilakukan. Kita tidak perlu mengerti kosakata semua nama hewan, misalnya, tetapi kita perlu mengerti nama hewan yang terkenal dan ada di sekitar kita.

Demikian juga dengan matematika. Tidak semua konsep matematis diperlukan oleh semua orang. Dengan demikian matematika juga memiliki kegunaan subyektif. Dari sini kemudian timbul pertanyaan: apakah ada konsep-konsep matematika yang memiliki kegunaan obyektif yaitu yang dibutuhkan oleh semua orang? Jawabannya: ada. Hampir semua orang selalu membutuhkan aritmatika dan perbandingan. Ini saja sebenarnya karena geometri dan kalkulus hanya diperlukan oleh kalangan tertentu. 

Dalam konsep aritmatika, kegiatan berhitung melibatkan operasi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dan pengakaran. Bilangan dalam konsep aritmatika dasar bisa dibuat dalam tiga bentuk yaitu pecahan, desimal, dan persen. Ada dua jenis perbandingan yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Berbeda dengan menghitung yang hanya melibatkan operasi hitung, mengukur selalu dikaitkan dengan kegiatan membandingkan. Yang terakhir dari matematika adalah aljabar. Konsep yang dikembangkan dari Bangsa Arab ini telah membantu kegiatan berhitung dalam dunia modern.


Minggu, 18 November 2012

Metodologi

Keyakinan merupakan bagian dari pengetahuan karena pengetahuan dibenarkan melalui keyakinan. Keyakinan yang benar juga harus didasarkan pengetahuan yang benar pula. Sebagaimana apabila manusia sakit, mereka akan pergi ke dokter dan meminum obat yang berasal dari resep dokter atas dasar keyakinan dan pengetahuan bahwa dokter yang mereka kunjungi tidak akan meracuni mereka. Sebab orang yang berakal tidak akan berkonsultasi dengan dokter yang diketahui sebagai penipu dan bahkan hendak meracuni mereka.

Validitas sebuah berita atau kesaksian ditentukan oleh adanya supervisi dan otoritasi yang jelas. Sebab tanpa adanya kedua kriteria tersebut, berita yang valid tidak dapat dibedakan lagi dengan berita yang tidak valid. Dengan adanya kedua kriteria tersebut pula berita yang valid dapat dibedakan dengan berita yang tidak valid.


Metode ilmiah untuk menghasilkan ilmu pengetahuan ilmiah ada tiga yaitu pemberitaan atau kesaksian dari seorang atau kelompok orang yang terpercaya, pengalaman inderawi, dan akal.


Sikap-sikap ilmiah diantaranya menggunakan akal sehat, pernyataan berdasarkan fakta, bebas dari kontradiksi, menuntut bukti-bukti yang meyakinkan sebelum menerima kebenaran dari setiap proposisi, dan bebas dari prasangka spekulatif. Beberapa hal yang dapat menghalangi orang untuk bersikap obyektif diantaranya spekulasi yang tidak didasari bukti dan interpretasi yang benar, stereotipe dan over generalisasi, dan analogi yang menyesatkan.


Dalam suatu hubungan sebab akibat atau kausalitas, suatu sebab tidak selamanya akan menghasilkan akibat yang sama dalam berbagai situasi dan kondisi. Hal ini berarti suatu akibat dipengaruhi dan ditentukan oleh berbagai sebab, termasuk sebab yang pada kasus yang unik mengalami anomali.


Menurut cara pandang interpretasi, hakikat suatu gejala ditentukan oleh bagaimana cara orang menafsirkan atau memberi makna terhadap suatu gejala. Sedangkan menurut cara pandang empiris, hakikat dari suatu gejala ditentukan oleh apa yang bisa ditangkap oleh pengalaman inderawi. Adapun pada suatu yang bersifat mendasar dan obyektif, hakikat suatu gejala hanya ada satu, tidak berbilang, dan tidak berubah-ubah.


Berdasarkan polanya, pemikiran sesat berkisar pada analogi yang menyesatkan dan generalisasi yang menyesatkan. Oleh karena itu, untuk membuktikan kebenaran suatu pernyataan dilakukan uji validitas yaitu validitas deduktif diuji melalui konsistensi sedangkan validitas induktif diuji melalui fakta.


Pembuatan kesimpulan menggunakan metode deduksi yang bersumber dari akal dilakukan melalui analogi. Adapun pembuatan kesimpulan menggunakan metode induksi yang bersumber dari pengalaman inderawi dilakukan melalui generalisasi. Pengujian validitas dapat dilakukan secara abstrak maupun secara konkret. Secara abstrak, validitas suatu pernyataan dapat diuji melalui konsistensi. Suatu pernyataan adalah benar apabila konsisten dan terbebas dari kontradiksi. Secara konkret, validitas suatu pernyataan dapat diuji melalui fakta. Suatu pernyataan adalah benar apabila bersesuaian dengan fakta empiris. Dengan kata lain, suatu pernyataan adalah salah apabila bertentangan dengan realitas atau kenyataan.



Penjelasan Struktur Dan Sistem Sosial



Hal mendasar dari diri manusia yaitu nilai. Nilai tersusun atas seperangkat pengetahuan dan keyakinan yang dapat mempengaruhi bagaimana orang memahami, bersikap, dan bertindak. Moralitas tidak hanya berisikan seperangkat nilai mengenai apa yang disebut baik dan apa yang disebut buruk saja, lebih dari itu moralitas mengatur kehidupan sosial secara mendasar. Unsur utama dari moralitas ialah perasaan malu dan perasaan bersalah ketika orang melanggar standar moralitas.

Hal mendasar dari kehidupan sosial ialah sosialisasi yang berpusat pada nilai dan bertujuan untuk membentuk kepribadian konformis. Karena sosialisasi tidak selamanya menghasilkan kepribadian konformis, pengendalian sosial diperlukan untuk mengendalikan penyimpangan. Penyimpangan yang terletak pada nilai adalah kesesatan. Adapun penyimpangan yang terletak pada perbuatan saja, bukan terletak pada nilai, disebut pelanggaran moral. Pengendalian sosial tidak hanya bertujuan untuk mengendalikan penyimpangan tingkah laku saja, lebih dari itu pengendalian sosial bertujuan untuk mengendalikan penyimpangan nilai.

Meskipun pengendalian kejahatan dan penyimpangan dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk penghukuman, instrumen moral merupakan cara yang terbaik karena instrumen hukum tidak mampu memproses semua pelanggaran yang ada disebabkan keterbatasan alat bukti maupun kepiawaian penjahat dalam mempengaruhi keyakinan hakim di sidang pengadilan.

Jika penghukuman bertujuan untuk mencegah kejahatan di masyarakat, maka metode penghukuman yang dapat diterapkan hendaknya memenuhi kriteria deterrence atau penjeraan, dan retribution atau pembalasan yang sebanding dengan perbuatan. Meskipun demikian, mekanisme penyelesaian kejahatan dapat pula dilakukan dengan cara lain seperti restorative justice atau pemaafan, dan restitution atau membayar denda untuk mengembalikan kerusakan atau kerugian yang diakibatkan tindakan kejahatan. Penalisasi hendaknya memenuhi beberapa fungsi diantaranya memenuhi prinsip keadilan atau retributive, dan mencegah pengulangan pelanggaran di masa yang akan datang atau deterrent. Karena kejahatan dan penyimpangan merupakan gejala yang normal, tujuan penghukuman bukan untuk menghilangkan kejahatan, melainkan untuk mengendalikan kejahatan dan menciptakan keadilan.

Perang terbagi menjadi dua yaitu perang defensif dan perang ofensif. Keduanya sama-sama baik apabila telah terpenuhi segala persyaratannya dengan baik maka perang adalah suatu perbuatan yang sangat mulia karena perang bertujuan untuk menciptakan keadilan dan kasih setia di tengah-tengah manusia. Berdasarkan bentuknya, perang terbagi menjadi tiga yaitu perang melalui militer, perang melalui nilai moral, dan perang melalui hukum. Perang melalui hukum pun terbagi menjadi dua yaitu perang dalam proses pembuatan hukum, dan perang dalam proses penerapan hukum. Kekuasaan dan hukum merepresentasikan nilai-nilai dominan yang eksis di dalam masyarakat sehingga jika masyarakatnya baik, maka penguasanya pun akan baik. Sebaliknya, jika masyarakatnya jahat, maka penguasanya pun akan jahat. 

Kebijakan ialah suatu teknik pencapaian tujuan dengan cara menggunakan situasi dan kondisi obyektif untuk suatu tujuan yang telah ditetapkan. Struktur utama dari kebijakan ada dua yaitu pilihan yang dipengaruhi oleh nilai, dan alasan berupa fakta dan analogi. Pernyataan diplomatis adalah pernyataan yang memberikan pemahaman berbeda dengan yang dimaukan oleh orang yang memberikan pernyataan. Pernyataan diplomatis memiliki makna ganda antara makna yang dimaukan pembuat pernyataan dan makna yang ingin disampaikan kepada penerima pernyataan. Selain mampu melihat persoalan dari cara pandang orang lain, komunikasi yang baik harus dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan cara yang lebih halus sehingga orang lain tidak merasa tersinggung.

Pemenuhan kebutuhan manusia sebagian terjadi melalui mekanisme pertukaran. Mekanisme pertukaran dilakukan dengan cara tukar-menukar apa yang dimiliki secara sukarela dalam bentuk jual-beli, sewa-menyewa, dan berbagai bentuk kerjasama. Jadi, unsur terpenting dari mekanisme pertukaran ada dua yakni hak kepemilikan dan dilakukan secara sukarela. Transaksi pertukaran berbeda dengan donasi. Dalam transaksi pertukaran, dua pihak yang bertransaksi membuat suatu kesepakatan mengenai apa yang dapat diberikan dan apa yang dapat diterima.

Sistem bagi hasil dapat sebagai pengganti dari sistem riba yang eksploitatif. Sistem bagi hasil berdasarkan pada prinsip loss and profit sharing yaitu jika perusahaan menghasilkan laba maka pemodal dan pekerja mendapatkan pembagian laba sesuai dengan persentase yang disepakati. Adapun jika perusahaan mengalami kerugian maka pemodal dan pekerja menanggung kerugian secara bersama-sama. Kerugian pemodal ialah kehilangan modal, sedangkan kerugian pekerja ialah tidak mendapatkan apapun dari usaha kerja yang telah dilakukan.

Keseimbangan ekonomi terjadi ketika sektor moneter = sektor produksi. Riba tidak hanya terdapat pada sektor moneter saja seperti uang, tetapi juga terdapat pada sektor produksi seperti bahan makanan. Gejala inflasi terutama dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah uang yang beredar, meningkatnya permintaan, dan meningkatnya biaya produksi. Meskipun demikian, faktor dominan yang mempengaruhi inflasi ialah sektor moneter yaitu jumlah uang beredar mempengaruhi inflasi.

Ada hubungan antara tingkat bunga dengan tingkat inflasi. Kenaikan tingkat bunga akan memicu terjadinya inflasi karena kenaikan tingkat bunga akan menaikan biaya produksi. Beban kenaikan biaya produksi ini selanjutnya dibebankan kepada masyarakat dengan dinaikannya harga jual sehingga menurunkan pendapatan nyata atau daya beli masyarakat. Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa bunga riba menyebabkan inflasi, inflasi menyebabkan menurunnya nilai riil uang, menurunnya nilai riil uang menyebabkan menurunnya kesejahteraan masyarakat. Jika tingkat bunga dinaikan, maka laju inflasi akan naik disebabkan perusahaan menaikan harga penjualan karena meningkatnya biaya produksi. Jika tingkat bunga diturunkan, maka orang-orang akan meningkatkan pinjaman uang dari bank riba sehingga menaikan jumlah uang beredar dan menyebabkan inflasi. Bertambahnya jumlah uang beredar di masyarakat yang konsumtif cenderung akan menimbulkan kenaikan harga daripada kenaikan hasil produksi.


Selasa, 02 Oktober 2012

Beberapa Alasan Mendukung Pernikahan Dini

Pada dasarnya, batasan usia pernikahan bersifat nisbi. Batasan usia pernikahan sebenarnya merupakan hasil dari konstruksi sosial dan budaya sehingga bisa berbeda-beda antara sistem nilai satu dengan sistem nilai yang lain, antara tempat yang satu dengan tempat yang lain, dan dapat berubah-ubah dalam dimensi waktu. Sebagian tradisi di berbagai belahan dunia pun mengalami perbedaan dalam menentukan batasan usia pernikahan. Ada yang menentukan 9, 12, 15, 17, 21, dan sebagainya. Apapun itu, yang jelas ialah pada usia 9 tahun, sebagian gadis telah mengalami maturasi baik secara biologis maupun secara mental. Maturasi secara biologis ditandai oleh pengalaman menstruasi pertama atau menarche. Sedangkan maturasi secara mental ditandai oleh keadaan mental yang mampu membedakan antara baik dan buruk, benar dan salah. Sekarang ini banyak ditemukan kasus hubungan di luar nikah di kalangan para remaja. Bahkan ditemukan juga kasus perkosaan yang pelakunya adalah remaja. Oleh karena itu daripada berzinah, terlibat prostitusi, atau perkosaan maka pernikahan dini merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.