Senin, 10 Agustus 2015

Teknologi

Seberapa besar penghargaan masyarakat terhadap mereka yang menguasai sains dan teknologi? Banyak ahli sains dan teknologi beralih lintas profesi seperti pemasaran dan pembukuan sehingga ilmunya tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sekalipun ada perusahaan yang memberikan pekerjaan sesuai dengan ilmu mereka, itu pun milik asing yang jumlahnya begitu sedikit. Banyak ahli sains dan teknologi yang bekerja di luar negeri karena keahlian mereka lebih mendapat penghargaan di sana. Jadi ada lagi yang juga penting dari sekedar menguasai teknologi yaitu modal sosial-ekonomi yang membuat teknologi itu diterima masyarakat. 

Bagi mereka yang bukan ahli sains dan teknologi, yang terpenting adalah bisa memanfaatkan teknologi. Toh perusahaan asing itu ada dan berkembang karena didasari oleh kepentingan ekonomi juga, bukan semata mengembangkan teknologi. Teknologi merupakan barang publik sekaligus barang ekonomi yang bisa dimiliki oleh setiap orang tanpa harus mengetahui bagaimana cara membuatnya. Mengetahui seluk beluk teknologi beserta bagaimana cara membuatnya merupakan pekerjaan ahli teknologi.

Mengetahui seluk beluk komputer secara rinci dan bagaimana cara membuatnya perlu bagi ahli komputer. Bagi kita yang bukan ahli komputer hanya perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya saja. Komputer kita anggap sebagai alat yang membantu dan mempermudah pekerjaan-pekerjaan kita. Kita bisa menggunakan dan memanfaatkan komputer tanpa harus mengetahui bagaimana cara membuatnya. Komputer dibuat oleh ahli komputer untuk melayani kebutuhan kita dan membantu pekerjaan kita. Itulah sebabnya mengapa komputer didesain dengan tampilan user friendly dimana pemakai mudah dalam menggunakannya.


Tidak ada komentar: